Kisah Arsitek Toilet Mewah di Berawa, Terinspirasi dari Wantilan Bali - WisataHits
Jawa Timur

Kisah Arsitek Toilet Mewah di Berawa, Terinspirasi dari Wantilan Bali

mandi

Toilet Berawa di Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kabupaten Badung menonjol karena dilengkapi dengan fasilitas mewah layaknya hotel bintang lima. Sosok di balik desain toilet ini adalah Ary Indra, seorang arsitek lulusan Brawijaya Malang Batch 90.

Rupanya ia terinspirasi dari bangunan Wantilan Bali saat mendesain toilet. Bagaimana ceritanya?

Ary menceritakan bagaimana ia pertama kali mendesain toilet Berawa. Idenya datang dari keadaan toilet di Indonesia yang umumnya tidak bersih dan jauh dari sehat.

“Tidak banyak toilet di Indonesia yang memenuhi syarat kesehatan. Paling sederhana misalnya sirkulasi udara,” kata Ary, Minggu (10/9/2022).

Menurut Ary, toilet yang baik harus kering dan tidak berbau. Selain itu, toilet harus menyampaikan perasaan nyaman saat masuk.

“Toilet dianggap basah, lembab dan sebagainya. Jadi kami mencoba untuk mengurangi ini. Bisa dilihat bahwa dalam desain toilet untuk negara Berawa, atap dan dindingnya kita perlakukan sama,” jelasnya.

Toilet Berawa juga menggunakan teknologi UVC dengan sensor yang dapat secara otomatis mendisinfeksi area saat bilik toilet tidak digunakan.  Selain itu, toilet ini dilengkapi dengan teknologi touchless.Toilet Berawa juga menggunakan teknologi UVC dengan sensor yang dapat secara otomatis mendisinfeksi area saat bilik toilet tidak digunakan. Selain itu, toilet ini dilengkapi dengan teknologi touchless. Foto: Triwidiyanti

Ide desainnya sendiri, kata Ary, tumbuh dari keberadaan gedung Wantilan di Bali. Terdapat celah diantara kedua atap yang berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara. Konsep ini diterapkan pada dinding dan toilet Berawa.

“Sementara, kios jamban dan sebagainya diletakkan di tengah agar lingkungan bisa dimanfaatkan untuk sirkulasi udara dan orang,” jelasnya.

“Dari segi privasi tetap terjaga tapi terbawa udara, karena tidak tertutup rapat, dijamin bisa bertukar udara segar di toilet yang saya rancang,” lanjut Ary Indra.

Saat mendesain toilet Berawa, Ary juga memikirkan bahan yang digunakan. Selain itu, toilet tersebut merupakan prototipe dari toilet sejenis yang sedang dibangun di sejumlah daerah di Indonesia.

“Jadi kami sedang memikirkan konstruksi yang sederhana dan bahannya tersedia di toko-toko bahan di seluruh Indonesia,” jelas Ary.

“Semuanya ada, ada polikarbonat, ada rangka besi, ada bata ringan dan sebagainya. Tentunya dengan desain dan komposisi yang tepat dengan permainan warna monokrom,” jelas Ary.

Toilet di Pantai BerawaToilet di Pantai Berawa Foto: dok. Kemenparekraf

Perlu diketahui bahwa Toilet Berawa yang dibanderol seharga Rp 5.000 ini menggunakan sistem pembayaran uang elektronik atau biasa disebut cashless. Terletak di area parkir Pura Segara Prancak, Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kabupaten Badung, toilet mewah ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang tidak terdapat pada toilet pada umumnya.

Toilet Berawa dilengkapi dengan toilet untuk pria, wanita dan penyandang cacat dan kamar mandi. Tidak hanya itu, toilet ini juga dilengkapi sanimart, tempat yang menjual perlengkapan mandi seperti sabun, sampo, pembalut wanita, popok, dan apa saja yang biasa dibutuhkan di kamar kecil.

Sebelumnya Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan membangun 1.000 “toilet mewah” di tempat-tempat wisata di seluruh Indonesia. Toilet Negeri ‘Si Berawa’ yang diresmikan beberapa waktu lalu adalah proyek percontohan (proyek percontohan).

Sandi mengatakan: Proyek toilet Berawa merupakan proyek pertama Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yang akan bekerjasama dengan Toilet Negara (Lixil, Jamban.id, Tukang.com, Ethis Indonesia, Gringgo dan Frday).

“Saya senang karena semua orang di sini terlibat dalam Toilet untuk Negeri. Semoga Canggu yang sudah kami siapkan sebagai destinasi terbaik para digital nomads ini semakin berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga usai meninjau The Berawa Toilet di Pantai Berawa, Selasa (4/9/2022). ).

Tonton Video Ilmu Dibalik Warna Ajaib Yang Dihasilkan dari Gaun Bella Hadid
[Gambas:Video 20detik]
(iws/nor)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button