Pilihan destinasi wisata terbaik di Minang, Sumatera Barat - WisataHits
Jawa Barat

Pilihan destinasi wisata terbaik di Minang, Sumatera Barat

Pilihan destinasi wisata terbaik di Minang, Sumatera BaratIlustrasi (Foto: ahmad syahrir/Pixabay)

Pelitabanten.com – Sumatera Barat tidak hanya terkenal dengan masakannya yang unik tetapi juga memiliki berbagai jenis tempat wisata. Provinsi yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera ini memiliki wisata pantai yang sangat memukau. Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki destinasi wisata dengan nuansa pegunungan, sejarah dan budaya.

Perjalanan ke Kerajaan Minang dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara. Jika Anda dari Jawa, perjalanan udara lebih disarankan. Ada banyak rute penerbangan dari Pulau Jawa ke Bandara Internasional Minangkabau. Salah satu maskapai yang memiliki banyak rute ke Sumatera Barat adalah Batik Air, Anda bisa cek langsung harga Batik Air di Traveloka untuk perjalanan ke Sumatera Barat. Jika Anda datang dari Jakarta atau Jabodetabek, Anda bisa memesan Damri ke Bandara Soekarno Hatta untuk memudahkan perjalanan Anda.

Destinasi wisata populer di Sumatera Barat

Ranah Minang terletak di sebelah barat pulau Sumatera dan memiliki wisata pantai yang sangat indah. Ada juga banyak pulau kecil yang memiliki pesona tersendiri. Selain pantai, Sumatera Barat juga menawarkan wisata pegunungan, sejarah dan budaya. Berikut beberapa destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat:

1. Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan wisata Mandeh juga dikenal sebagai Raja Ampat Sumatera Barat. Karena pesona alamnya mirip dengan yang ada di Raja Ampat, Papua. Keindahan kawasan wisata Mandeh bahkan sudah dikenal hingga mancanegara. Banyak wisatawan dari luar negeri mengunjungi tempat ini untuk melihat keindahan alam bawah laut.

Saat ini, kawasan Mandeh menjadi sasaran utama kebijakan sektor pariwisata bahari yang masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS).

Di kawasan ini terdapat beberapa pulau kecil dengan pesona yang berbeda-beda, seperti Pulau Bintangor, Pulau Ular, Pulau Pagang, Pulau Marak dan Pulau Sikuai. Kawasan Wisata Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jaraknya sekitar 56 km dari kota Padang.

2. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok terletak di Bukittinggi. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Saking indahnya, tempat ini disamakan dengan Grand Canyon Bukittinggi.

Di sini pengunjung bisa menghabiskan waktu liburannya dengan bermain air atau bersantai bersama rekan dan keluarga. Jika ingin menikmati pemandangan ngarai dari atas, Anda bisa masuk ke Taman Panorama. Dari sini, pengunjung bisa melihat keindahan ngarai dari sudut yang berbeda.

3. Lubang Jepang

Bukittinggi memiliki satu destinasi bersejarah yang sangat populer, yaitu Lubang Jepang. Destinasi wisata ini merupakan bangunan bersejarah Kolonial Jepang di kota Bukittinggi. Gedung ini berdiri pada tahun 1942-1945. Gedung ini dulunya merupakan penjara sekaligus markas pertahanan tentara Jepang. Lubang Jepang dibangun dengan menggunakan sistem kerja paksa, atau romusa.

Lubang Jepang ini memiliki luas sekitar 2 hektar. Di dalamnya ada koridor yang dulunya digunakan untuk penjara. Setiap pengunjung yang memasuki lubang Jepang tidak repot-repot menghafal bagian itu. Karena ada pemandu wisata yang membantu pengunjung untuk masuk.

4. Menara Jam

Destinasi selanjutnya adalah Jam Gadang. Gedung ini menjadi icon pariwisata Sumatera Barat yang wajib dikunjungi. Jam dengan luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Bangunan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Di bagian paling atas adalah tempat penyimpanan jam bandul. Pada tahun 2007, pendulum ini putus akibat gempa yang melanda Sumatera Barat. Di sekitar Jam Gadang terdapat pasar Bukittinggi dimana banyak barang yang dijual dengan harga murah.

5. Kepulauan Mentawai

Selain Kawasan Wisata Mandeh, wisatawan yang tertarik dengan keindahan pantai bisa datang ke Kepulauan Mentawai. Di sini pengunjung melihat keindahan pantai dan laut yang masih jarang dikunjungi. Destinasi ini memang kurang populer di kalangan wisatawan domestik, namun di dunia mancanegara, Kepulauan Mentawai menjadi destinasi populer. Ini karena Mentawai memiliki ombak yang disukai para peselancar.

6. Istano Basa Pagaruying

Salah satu destinasi wisata di Sumatera Barat yang kaya akan unsur budaya adalah Istano Basa Pagaruyuang. Bangunan rumah adat Minangkabau ini merupakan peninggalan kejayaan Kerajaan Pagaruyuang.

Istano Basa Pagaruyuang saat ini bukanlah bangunan aslinya. Bangunan asli di Bukit Batu Patah habis dilalap api. Namun, beberapa peninggalan kerajaan masih terpelihara dan terpelihara dengan baik.

Bangunan yang berdiri sekarang ini memiliki tampilan yang sangat megah. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya menghabiskan waktu untuk melihat benda-benda Minangkabau atau mempelajari budaya Minang. Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa baju adat Minang dan berfoto dengan latar belakang Istano Basa Pagaruyuang.

Itulah beberapa destinasi wisata terbaik di Sumatera Barat. Selain destinasi di atas, masih banyak tempat wisata lain dengan pemandangan alam yang tak kalah menarik, seperti Danau Singkarak, Danau Maninjau, Lembah Harau, Pantai Air Manis dan lain-lain.

Source: www.pelitabanten.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button