Inilah 4 Wisata Desa Pandanrejo Kota Batu, Ada Petik Buah Strawberry - WisataHits
Jawa Timur

Inilah 4 Wisata Desa Pandanrejo Kota Batu, Ada Petik Buah Strawberry

Miskin, NU Online Jawa Timur

Desa Wisata Pandanrejo Kota Batu merupakan salah satu desa peraih Penghargaan Desa Wisata pada Festival Dewi Cemara 2022 (Desa Wisata untuk Orang Cerdas dan Berkah) di Provinsi Jawa Timur. Festival ini berlangsung Rabu hingga Kamis (2-3/11/2022) lalu di Paviliun Pintar, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Sekretaris Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Yoyok Handoyo mengatakan desanya memiliki 4 destinasi wisata yang menarik wisatawan.

Spanduk asli 1

“Pandanrejo memiliki keunggulan wisata petik stroberi. Karena potensi disini sangat luar biasa, maka potensi strawberry ini dikelola oleh Bumdes dengan membuat unit usaha untuk mengelola wisata petik strawberry. Selain itu Desa Pandanrejo juga memiliki wisata alam yang dikelola warga yaitu Arung Jeram Kaliwatu, Coban Kali Lanang dan Taman Dolan,” kata Yoyok saat ditemui di Balai Desa Pandanrejo, Rabu (16/11/2022).

Mengacu pada wisata petik stroberi, ia menjelaskan, dulu masyarakat petani stroberi di Desa Pandanrejo hanya menjual hasil panennya kepada tengkulak.

“Namun ada beberapa inovasi di lini usaha ini, misalnya buah segar yang tidak bisa dijual bisa dibuat menjadi minuman strawberry, jenang atau olahan lainnya,” tambahnya.

Yoyok berharap ke depan berbagai sektor pariwisata di Desa Pandanrejo dapat dikelola lebih baik dari sebelumnya, termasuk beberapa sektor yang terpaksa ditutup beberapa waktu lalu akibat pandemi Covid-19.

Spanduk asli 2

Andri Tri, Pengelola Wisata Petik Stroberi (Lumbung), menjelaskan pihaknya mendatangkan beberapa badan usaha dalam Festival Dewi Cemara (Desa Wisata Rakyat Cerdas Mandiri Sejahtera) tahun 2022 beberapa waktu lalu.

“Kemarin kami datangkan beberapa unit usaha seperti rafting, tubing, strawberry, pinball, tie-dye maker dan kebanyakan orang penasaran dengan pembuatan gerabah,” kata Andri saat ditemui di Strawberry Barn, Rabu (16/11/2022). .

Ia menyatakan Strawberry Barn Tourism selalu memberdayakan dan mendukung produk budidaya strawberry untuk di-endorse dalam hal pemasaran produk.

“Pengiriman yang paling sering ke Surabaya pak, kemarin omzetnya tembus 70 juta rupiah dalam satu bulan,” jelasnya.

Andri juga menjelaskan, Wisata Lumbung Strawberry sudah beroperasi sejak akhir tahun 2018 lalu.

“Tapi kami mulai berjalan pada 2019. Lalu datanglah pandemi Covid-19 di tahun 2020 saat kami panen raya. Ini membingungkan kami pada awalnya karena panen besar dan wisata ditutup. Akhirnya kami membuat terobosan dengan buah strawberry yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, namun penjualan secara online digalakkan oleh kami. Namun, hasilnya lebih baik lagi,” jelasnya.

Andri berharap kedepannya pengelolaan pariwisata yang ada dapat ditingkatkan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Keterangan: Akses menuju Desa Pandanrejo melalui pertigaan depan Singhasari Resort & Convention Batu atau Pasar Karangploso ke arah barat. Tentu saja, perjalanan menuju desa tersebut disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan menawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button