Masakan khas kebumen yang sayang jika dilewatkan, Sate Ambal salah satunya - WisataHits
Jawa Barat

Masakan khas kebumen yang sayang jika dilewatkan, Sate Ambal salah satunya

TEMPO.CO, jakarta – Kebumen merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Sebagai kawasan wisata, Kebumen dikenal luas dengan wisata pantai dan wisata goanya. Namun, tahukah Anda bahwa Kebumen juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan?

Masakan Khas Kebumen

1. Sate Ambal

Sate Ambal adalah kuliner khas Kebumen yang berasal dari daerah Ambal, Kebumen. Sate ini merupakan salah satu masakan yang paling banyak digemari. Sate ambal berbahan dasar ayam dan berbeda dengan sate ayam pada umumnya karena bumbunya menggunakan tempe.

2. Soto Petanahan

Soto Petanahan atau orang Kebumen menyebutnya Soto Kored, soto khas daerah Petanahan, Kebumen. Soto ini berbeda dengan soto ayam pada umumnya, soto petahanan memiliki aroma yang kuat dan khas. Aroma ini berasal dari rempah-rempah kunyit dan jahe. Juga tidak ada bihun atau bihun dalam sup ini. Sup ini memiliki kecap yang lebih kental. Selain itu, sup ini terkenal dengan porsinya yang besar

3. Gel Beras

Bagi Anda yang mencari sarapan khas kebum, Nasi Gel bisa menjadi pilihan. Nasi penggel merupakan salah satu kuliner khas dan legendaris asal kebumen. Nasi penggel memiliki bentuk yang unik karena nasinya berbentuk seperti bola dan ditutup dengan daun pisang untuk disantap. Umumnya nasi gel disajikan dengan berbagai lauk pauk dan sayuran.

4. Yutuk goreng

Jika Anda berkunjung ke Kebumen, jangan lewatkan makanan yang satu ini. Yutuk Goreng adalah jajanan khas dari Pantai Kebumen. Yutuk goreng terbuat dari kulit binatang yang mirip dengan undur-undur dan dibuat menjadi rempeyek yang mengenyangkan. Yutuk Goreng sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk kerabat anda.

5. Lanting

Selain yutuk goreng, lanting adalah makanan khas kebumen. Lanting adalah makanan ringan yang memiliki bentuk menyerupai angka delapan. Camilan ini terbuat dari singkong. Lanting memiliki rasa yang gurih dan cocok sebagai oleh-oleh untuk kerabat.

EIBEN HEIZIER

Baca: Temui Sate Ambal yang Sangat Populer di Kalangan Pelancong Pansela Jawa

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button