PII Rapimna mengangkat tema pengembangan IKN - WisataHits
Jawa Barat

PII Rapimna mengangkat tema pengembangan IKN

PII Rapimna mengangkat tema pengembangan IKN

WAKTU INDONESIA, BALIKPAPAN – Rapimna PII (Persatuan Insinyur Indonesia) yang akan diselenggarakan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada 20-22 Januari 2023 akan mengusung tema Pembangunan Ibukota Negara (IKN).

Kaltim dipilih sebagai lokasi Rapimnas karena sesuai dengan subjek yang diangkut. PII akan menggelar Rapimnas setelah menggelar konvensi di Bali pada akhir 2021.

iklan

“Rencananya peserta yang akan mengikuti Rapimnas PII sebanyak 500 orang, terdiri dari pengurus PII wilayah dan cabang dari berbagai daerah serta asosiasi profesi (BK),” jelas Danis Hidayat Sumadilaga selaku ketua umum PII yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PII. Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN kepada TIMES Indonesia, Senin (16/1/2022).

Danis mengatakan BK yang dimaksud meliputi teknik sipil, industri, elektrikal, mekanikal, regional dan perkotaan, arsitektur, fisika, geodesi, ilmu komputer, kebumian dan energi, serta kehutanan.

Karier lainnya, kata Danis, meliputi teknik kimia, lingkungan, material, metalurgi, perkeretaapian, perminyakan dan panas bumi, pertambangan, pertanian, peternakan, kedirgantaraan, dan teknik kelautan.

Rapimnas PII ini kemudian dibuka oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dilanjutkan dengan pembekalan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kelautan dan Perikanan, perwakilan Menteri IKN Otorita, juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Timur dan Walikota Balikpapan.

Selain kegiatan Rapimnas, PII akan menggelar pameran keinsinyuran yang akan diikuti oleh dunia usaha, BUMN dan juga perguruan tinggi. PII mengajak seluruh warga Balikpapan dan sekitarnya, termasuk mahasiswa dan mahasiswa, untuk mengikuti pameran yang akan digelar di Hotel Novotel Balikpapan.

“Kami (PII) sangat berharap Rapimna melahirkan terobosan pemikiran dan inovasi dari para insinyur dan membawa masukan nyata dari para insinyur dari berbagai disiplin ilmu untuk pengembangan IKN Nusantara,” kata Danis.

Kaltim siap menggelar Rapimnas PII

Sekjen PII Bambang Goeritno juga menyampaikan harapannya agar PII dapat memberikan manfaat yang lebih luas dan langgeng kepada Rapimna.

Selain itu, diharapkan nantinya melalui teknologi dan inovasi, IKN menjadi simbol identitas bangsa Indonesia dan penggerak perekonomian Indonesia di masa depan.

“Kami berharap Rapimnas dapat memotivasi peserta lebih kuat untuk mendukung pengembangan IKN yang berkeadilan, berkelanjutan dan dirancang selaras dengan lingkungan alam, terhubung, aktif, dapat diakses, secara lebih nyata. sirkular, tangguh, untuk menjadi kota rendah karbon,” ujarnya.

Sementara itu, Hetifah Sjaifudian, Ketua Panitia Nasional Rapimnas dan Wakil Sekjen PII, menyatakan kesiapan Kaltim untuk acara teknokrat tersebut.

DPRD ziarah Kaltim juga mengajak berbagai pihak untuk berpartisipasi agar acara ini dapat memaksimalkan muatan lokal hingga nasional.

“Kaltim sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak dalam mensukseskan Rapminas PII,” ujar Hetifah.

Hetifah mengatakan delegasi nantinya direncanakan akan mengunjungi beberapa titik pengembangan IKN. Wakil Ketua Komisi X DPR RI berharap kegiatan berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Delegasi PII dijadwalkan mengunjungi Titik Nol IKN Rapimna, pemukiman buruh dan kawasan Istana Negara,” pungkas Hetifah.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button