Menparekraf menginisiasi pernyataan bersama pengelola taman hiburan untuk menciptakan destinasi wisata yang lebih aman - WisataHits
Jawa Tengah

Menparekraf menginisiasi pernyataan bersama pengelola taman hiburan untuk menciptakan destinasi wisata yang lebih aman

KONFERENSI PERS

KEMENTERIAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF/BADAN PARIWISATA DAN INDUSTRI KREATIF

Menparekraf menginisiasi pernyataan bersama pengelola taman hiburan untuk menciptakan destinasi wisata yang lebih aman

Menjamin keselamatan wisatawan dalam upaya membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan

Surakarta, 5 Agustus 2022 – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Industri Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, bersama pemerintah daerah di seluruh Indonesia dan asosiasi pariwisata dan pihak terkait lainnya, menyatakan bahwa taman hiburan aman, nyaman dan menyenangkan untuk memastikan keamanan. dan keselamatan wisatawan.

Dalam “Penandatanganan Komitmen Bersama Mendukung Terciptanya Taman Rekreasi yang Aman, Nyaman, dan Menyenangkan” di Hotel Alana Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (8/5/2022), Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga mengatakan pernyataan tersebut adalah reaksi, untuk mencegah kecelakaan berbahaya wisatawan di taman hiburan. Salah satunya ambruknya wahana seluncuran air di Kolam Renang Taman Kenjeran Surabaya beberapa waktu lalu.

“Ini adalah kesamaan kita dalam mewujudkan tempat wisata yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk memastikan revitalisasi sektor pariwisata dan menjaga momentum pemulihan (ekonomi). Karena kami ingin memastikan terciptanya 1,1 juta pekerjaan baru berkualitas tinggi tahun ini, dan 4,4 juta pekerjaan baru, pekerjaan baru pada 2024,” kata Sandiaga.

Pernyataan ini, kata Sandiaga, juga bertujuan untuk mengingatkan pemangku kepentingan pariwisata yang terlibat dalam pengelolaan taman hiburan untuk selalu mengikuti aturan keselamatan untuk memastikan keselamatan perjalanan. “Ini mempengaruhi kehidupan saudara-saudara kita, kita harus memastikan mereka menjalankan aktivitasnya dengan aman, nyaman dan menyenangkan,” katanya.

Dia juga meminta semua pihak yang terlibat dalam penandatanganan komitmen ini untuk mengimplementasikan kesepakatan melalui tindakan nyata di lapangan tanpa penundaan.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga mengapresiasi kerjasama antara Asosiasi Pengusaha Taman Rekreasi (PUTRI), Asosiasi Keluarga Rekreasi Indonesia (ARKI), PT Privy Digital Identity dan Konsorsium Jagawisata yang menyelenggarakan program asuransi kecelakaan berbasis digital gratis bagi pengunjung ke atraksi. Menurutnya, digitalisasi merupakan kebutuhan dalam perkembangan teknologi yang semakin cepat.

“Go digital adalah sebuah keniscayaan dan kami akan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan destinasi yang aman, nyaman dan menyenangkan,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Henky Hotma Parlindungan Manurung, Deputi Menteri Perindustrian dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menambahkan penandatanganan ini juga bertujuan untuk mengingatkan Pentahelix akan pentingnya menciptakan tempat wisata yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk membangun kepercayaan wisatawan untuk menerima. “Tentunya suasana ini dapat dicapai dengan menerapkan baik standar bisnis maupun standar CHSE (cleanliness, health, safety and environment sustainability) agar kejadian yang tidak diinginkan tidak terulang di kemudian hari,” kata Henky.

Penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh Direktur Standardisasi dan Sertifikasi Perusahaan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, Oni Yulfian; Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta Aryo Widyandoko; dan Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY,

Santosa Aman; serta perwakilan dari pemerintah daerah di seluruh Indonesia yang berpartisipasi secara online.

I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Dinas Perhubungan

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif/Badan Pariwisata dan Industri Kreatif

Source: kemenparekraf.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button