Peta Wisata Populer Yogyakarta lengkap dengan harga tiketnya - WisataHits
Yogyakarta

Peta Wisata Populer Yogyakarta lengkap dengan harga tiketnya

Peta Wisata Populer Yogyakarta lengkap dengan harga tiketnya

Sabtu, 8 Oktober 2022 16:10 Wartawan: Ayu Isti

Peta Wisata Populer Yogyakarta lengkap dengan harga tiketnya
Peta Wisata Populer Yogyakarta, Pilihan Destinasi Liburan Menarik. © 2022 Merdeka.com

Merdeka.com – Bagi Anda yang merencanakan liburan jauh dari kota, Yogyakarta bisa menjadi pilihan. Tentunya Anda bisa mengajak keluarga atau teman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di kota budaya ini. Bahkan, pemerintah DIY telah menerbitkan peta wisata Yogyakarta yang bisa menjadi panduan bagi masyarakat saat berkunjung.

Dengan peta wisata Yogyakarta ini, Anda dapat melihat dengan jelas objek wisata mana saja yang populer dan banyak diminati wisatawan. Selain mencari pilihan tempat menarik, Anda juga bisa melacak lokasi dengan jelas di peta. Beberapa tempat wisata bahkan berdekatan, sehingga Anda bisa mengunjunginya sekaligus.

Artikel media taboola

Jangan khawatir, berbagai tempat wisata di Yogyakarta murah dan terjangkau. Dengan begitu, budget liburan Anda tidak akan membengkak di kota Jogja. Agar liburan berjalan lancar, Anda tetap perlu membuat rencana keuangan yang baik.

Dari berbagai sumber berikut kami rangkum peta wisata Yogyakarta dan berbagai destinasi yang bisa Anda lihat.

2 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Sleman dan Kulon Progo

Museum Ullen Sentalu

Destinasi pertama di peta wisata Yogyakarta untuk daerah Sleman adalah Museum Ulen Sentalu. Ini adalah museum yang dibangun untuk membuka jendela peradaban seni dan budaya Jawa.

Di sini Anda akan belajar tentang sejarah peradaban Kerajaan Mataram yang terbagi menjadi empat keraton yaitu Kraton Kasultanan Surakarta, Yogyakarta, Praja Mangkunegaran dan Kadipaten Pakualaman.

Selain belajar sejarah, kamu juga bisa melihat berbagai koleksi. Mulai dari koleksi lukisan, foto, bahan pewarna dasi Solo, gamelan kuno, hingga arca dari zaman Hindu dan Buddha.

Awalnya ini adalah museum pribadi milik keluarga bangsawan Batik dari Yogyakarta. Karena kecintaannya pada budaya dan sejarah, museum ini dikelola dan dibuka untuk umum untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu adalah Rp50.000 per orang untuk wisata Adiluhung sedangkan wisata Vorstenlanden dikenakan tarif Rp100.000 per orang.

Taman Wisata Kaliurang

Pilihan destinasi selanjutnya dalam peta wisata Yogyakarta untuk kawasan Sleman adalah Taman Wisata Kaliurang. Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tujuan liburan bersama keluarga atau teman. Di sini Anda bisa mencoba fasilitas outbond seperti Flying Fox yang bisa memacu adrenalin. Selain itu, saat memasuki pekarangan taman, Anda akan disuguhkan dengan rumah pohon Ridz High Rope.

Tempat wisata ini juga memiliki udara yang sejuk dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Ini memungkinkan Anda menikmati berbagai pengaturan dengan nyaman tanpa takut kepanasan. Di sini Anda juga bisa membawa perlengkapan piknik seperti tikar dan perlengkapan makan untuk dinikmati bersama keluarga. Jangan khawatir, cukup bayar tiket masuk mulai dari 8.000 rupiah Anda bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona.

wisata lava merapi

Destinasi selanjutnya di peta wisata Yogyakarta adalah Lava Tour Merapi. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka berwisata dengan tantangan yang seru. Di sini Anda bisa menjelajahi aliran lahar Merapi dengan jeep yang bisa melintasi medan terjal.

Meski jalurnya tidak mudah, Anda bisa melihat panorama alam yang indah dan mempesona di sekitar Gunung Merapi di sepanjang perjalanan. Anda juga bisa mengunjungi Bunker Kali Sejuk atau rumah juru kunci Mbah Marijan yang sempat diterjang awan panas saat erupsi beberapa tahun lalu.

Bagi anda yang memiliki hobi fotografi, disinilah tempat yang tepat untuk mencari foto-foto menarik dengan latar belakang Gunung Merapi yang megah dan indah. Harga tiket Merapi Lava Tour bervariasi mulai dari Rp 350.000.

Pantai Glagah

Selanjutnya adalah pemilihan destinasi wisata pada peta wisata Yogyakarta di kawasan Kulon Progo. Di sini Anda bisa mengunjungi Pantai Glagah, objek wisata alam populer yang banyak diminati masyarakat. Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam yang luas dengan air laut yang bersih dan jernih. Pengunjung tidak hanya bisa melihat pemandangan yang indah, tapi juga berenang, memancing, atau berkano.

Tak hanya itu, pada waktu-waktu tertentu berbagai acara bisa berlangsung di pantai ini. Dari acara motorcross hingga festival layang-layang hingga pesta kembang api akhir tahun. Bagi anda yang berminat bisa datang langsung ke lokasi Pantai Glagah yang berjarak 10 km dari kota Wates yang bisa anda capai melalui jalur darat dalam waktu sekitar 2 jam.

Harga tiket Pantai Glagah Rp 6.000 per orang.

3 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Bantul

Pantai Parangtritis

Destinasi pertama menurut peta wisata daerah Bantul Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Ini adalah salah satu pantai yang paling populer dikunjungi oleh banyak wisatawan. Meski wisata pantai semakin dominan di Gunung Kidul, Pantai Parangtritis tetap menjadi destinasi wisata yang populer.

Di sini Anda bisa melihat pantai berpasir hitam dengan hamparan laut yang eksotis. Tentu saja Anda bisa menikmati sore hari dengan bersantai di pantai dan menunggu matahari terbenam. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru lainnya seperti B. Menunggang kuda atau mengendarai kereta kuda, mengendarai ATV atau paralayang, yang merangsang tingkat adrenalin. Buat kamu yang suka skate, ini salah satu pantai dengan ombak yang seru untuk aktivitas surfing.

Tiket Pantai Parangtritis hanya Rp 10.000.

kawasan wisata budaya mataraman

Pilihan tempat wisata di daerah bantul selanjutnya adalah kawasan wisata budaya mataraman. Ini merupakan program pengembangan wisata alam yang memadukan unsur seni, budaya dan sejarah Jawa Mataraman. Tidak hanya itu, program pengembangan pariwisata ini juga mengangkat isu lingkungan terkait pentingnya kawasan hutan lindung.

Pada 2020, pemerintah menguji 5 dari 10 objek wisata yang dikembangkan. Namun, kini kawasan wisata ini sudah dibuka untuk umum. Anda bisa melakukan reservasi tiket melalui aplikasi Visiting Jogja atau datang langsung ke lokasi.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah sambil belajar tentang berbagai seni, budaya, sejarah dan lingkungan.

4 dari 4 halaman

Peta Wisata Yogyakarta Wonosari Gunung Kidul

Sri Gethuk

Destinasi selanjutnya dalam peta wisata Yogyakarta adalah kawasan Wonosari Gunung Kidul. Tempat wisata rekomendasi pertama yang bisa Anda kunjungi tidak lain adalah Air Terjun Sri Gethuk. Tempat wisata ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Pleyen, Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini Anda akan melihat air terjun yang indah dengan mata air yang jernih dan sejuk.

Selain pemandangannya yang indah, Anda juga bisa mencoba berbagai fasilitas seperti; B. Menyewa rakit atau pelampung untuk membantu anda menjelajahi kolam air terjun Sri Gethuk. Tentunya ini menjadi pilihan yang menarik untuk mengisi waktu liburan Anda dengan kegiatan dan pengalaman yang seru dan menarik. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi objek wisata ini yang buka setiap hari antara pukul 08.00 hingga 16.00.

Tiket masuk ke Sri Gethuk dikenakan biaya Rp 15.000 untuk anak-anak dan dewasa.

Gua Jomblang

Selanjutnya adalah Gua Jomblang. Tempat wisata Gunung Kidul ini sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Di sini Anda akan disuguhkan dengan gua lengkap sedalam 60 meter, berbentuk vertikal seperti lubang bawah tanah.

Jalan setapak vertikal ini juga menawarkan sinar matahari yang bersinar indah di pagi atau sore hari. Selain itu, Goa Jomblang juga memiliki keunikan lain yang bisa Anda temukan, yaitu hutan kecil di dalam goa. Tentu saja ini adalah panorama alam yang indah dan menarik yang bisa memanjakan mata.

Diberitakan dari berbagai sumber, tiket masuk Goa Jomblang berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per orang. Harga tiketnya cukup mahal karena pengunjung harus meminjam alat dan pemandu gua.

Embung Nglangeran

Pilihan destinasi terakhir di peta wisata Wonosari Yogyakarta yang tak kalah menarik adalah Embung Nglanggeran. Tempat wisata ini juga sering dikenal dengan Gunung Api Tua dan Embung Nglanggeran. Kedua tempat wisata ini berbeda namun tetap dalam satu kompleks.

Jika Anda ingin mengunjungi objek gunung api purba, Anda perlu mendaki sedikit untuk sampai ke tempat tersebut terlebih dahulu. Namun jika Anda tidak memiliki banyak waktu dan tenaga, Embung Nglanggeran adalah pilihan yang tepat karena mudah dijangkau tanpa mendaki.

Di sana Anda akan disuguhi pemandangan danau dengan air bersih yang terbentang cukup jauh. Selain itu, background pemandangan juga sangat menarik untuk disajikan sebagai objek foto. Bagi Anda yang suka mencari foto alam yang unik, tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi. Tiket masuk Embung Nglanggeran seharga Rp 8000/orang.

[ayi]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button