Peta BPBD Kota Batu Kabupaten Bumiaji Rawan Bencana Alam - WisataHits
Jawa Timur

Peta BPBD Kota Batu Kabupaten Bumiaji Rawan Bencana Alam

Kota Batu

Kecamatan Bumiaji di Kota Batu merupakan salah satu daerah yang paling rawan bencana alam. Hal ini berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh BPBD Kota Batu.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedaya mengatakan, Kecamatan Bumiaji paling rawan bencana alam karena memiliki banyak lereng dan tebing.

“Kami menemukan ada 7 potensi bencana alam di Kota Batu. Contoh yang dominan adalah longsor,” kata Agung detikJatiRabu (26/10/2022).

Ia mengajukan peninjauan dan menjadi parameter untuk menentukan apakah daerah tersebut rawan longsor atau tidak berdasarkan 6 faktor.

“Mulai dari topografinya, semakin rapat topografinya, semakin tinggi potensinya, semakin tinggi kerapatan vegetasinya, maka kerapatan tanamannya,” kata Agung.

“Tiga hujan, empat catatan sejarah bencana sebelumnya, lima jenis batuan, enam jenis tanah,” lanjutnya.

Menurut Agung, hingga 6 desa di Kecamatan Bumiaji tergolong rawan longsor berdasarkan pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan faktor-faktor tersebut.

“Kemudian daerah kedua yang juga rawan bencana alam adalah kabupaten Batu. Dari enam faktor tersebut, ada 4 desa yang rawan longsor,” jelasnya.

Selain longsor, banjir dan banjir juga dapat terjadi di Kecamatan Bumiaji karena beberapa daerah memiliki cekungan dan daerah retensi.

“Untuk kebakaran hutan juga potensi besar di kabupaten Bumiaji karena masih banyak hutan di sana,” kata Agung.

BPBD Kota Malang meningkatkan kewaspadaan mengingat intensitas hujan mulai meningkat. Sehingga bencana alam dapat ditangani dengan cepat.

“Kami juga telah merekomendasikan beberapa instansi terkait untuk melakukan upaya proaktif, seperti Seperti memangkas pohon dan membuat lingkar agar beberapa wisata seperti arung jeram atau tempat wisata di dekat tebing lebih hati-hati,” ujarnya.

Tonton video ‘Banjir Australia memasuki minggu ketiga, 6 meninggal’
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/tebal)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button