REKOMENDASI ​​6 wisata candi eksotis dan bersejarah di Jogja untuk liburan akhir tahun - WisataHits
Jawa Timur

REKOMENDASI ​​6 wisata candi eksotis dan bersejarah di Jogja untuk liburan akhir tahun

TRIBUNJOGJA.COM – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki banyak destinasi wisata populer yang selalu menarik perhatian wisatawan. Salah satu destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi adalah candi.

Banyak candi yang tersebar di berbagai daerah di DIY. Bisa dibilang DIY mendapat julukan Provinsi Seribu Candi karena banyaknya candi yang ada di wilayah ini.

Candi-candi tersebut merupakan situs cagar budaya berbagai kerajaan Hindu dan Budha di Provinsi DIY. Tentunya hal ini akan menarik wisatawan untuk berkunjung sekaligus melihat ilmu sejarah yang ada.

Baca juga: REKOMENDASI ​​wisata museum di Jogja, cocok untuk liburan akhir tahun

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan dilihat dari Rama Shinta Garden Resto, Selasa (30/11/2021)Candi Prambanan dilihat dari Rama Shinta Garden Resto, Selasa (30/11/2021) (Tribunjogja/Ardhike Indah)

Siapa yang tidak mengenal candi ini? Candi Prambanan sudah terkenal di Indonesia dan mancanegara. Candi Prambanan sering dikontraskan dengan Candi Borobudur sebagai mahakarya sejarah yang tak ternilai harganya.

Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Sejak tahun 1991, Candi Prambanan juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Prambanan terletak sekitar 17 kilometer timur laut Kota Yogya, tepat di perbatasan provinsi DIY dan Jawa Tengah di Kabupaten Prambanan, Sleman, DIY berbatasan dengan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kompleks candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Nama candi yang terakhir adalah candi terbesar di kompleks candi Prambanan. Selain tiga candi induk, terdapat pula 240 candi yang terbagi menjadi 16 candi induk dan 224 candi perwara atau candi kecil yang mengelilingi candi utama.

Candi ini dibangun pada masa Mataram Kuno pada masa Dinasti Sanjaya pada tahun 850 M. Pembangunan candi ini dimulai atas prakarsa Sri Maharaja Rakai Pikatan sebagai candi tandingan Candi Borobudur dan Candi Sewu.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Jogja Instagramable dan Estetis di Kabupaten Sleman

2. Candi Kalasan

Candi KalasanCandi Kalasan (Instagram/@goten444)

Candi Kalasan merupakan candi Budha yang berada di Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Candi ini memiliki 52 stupa dan relief yang menceritakan kisah Buddha dan dinasti Syailendra.

Candi ini dibangun sekitar tahun 778 Masehi seperti yang tertera pada prasasti Kalasan. Dinasti Syailendra dari kerajaan Mataram kuno memerintahkan pembangunan candi ini atas prakarsa Rakai Panangkaran.

Terdapat dua relief Bodhisattva di sisi candi dan atapnya terdiri dari tiga tingkat. Atap atas memiliki delapan ruangan, atap tingkat kedua berbentuk segi delapan, dan atap bawah menyerupai candi persegi, dilengkapi relung untuk arca di setiap sisinya.

3. Situs web Ratu Boko

Senja di Ratu BokoSenja di Ratu Boko (lembayungsenja.id/wisata)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button