Pesona Tanaka Mendongkrak Paket Wisata Desa - WisataHits
Jawa Tengah

Pesona Tanaka Mendongkrak Paket Wisata Desa

Pesona Tanaka Mendongkrak Paket Wisata Desa

WONOSARI – Air Terjun Tanaka di Kecamatan Wonosari semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun regional. Namun tidak jarang wisatawan mancanegara datang untuk menikmati pesonanya. Tidak terkecuali para pelancong dari negeri sakura Jepang, yang menginspirasi nama tempat wisata ini. “Turis asing kebanyakan bule. Australia, Amerika, dan Kanada ada di sini.

Akhirnya turis dari Korea dan Jepang mampir. Tapi kami kesulitan bahasa. Jadi dia hanya tahu bahasa isyarat saat ingin membeli makanan,” kata Hari Wahyudi, pegiat Pokmas Pesona Tanaka, lantas tersenyum. Menurutnya, wisatawan lokal lebih dominan di Air Terjun Tanaka. Warga Tuban, Mojokerto, Surabaya, Gresik, Lamongan, dan Sidoarjo sudah berlangganan Tanaka.

Juga warga Jawa Tengah seperti Cilacap. Pengunjung dari pulau Sumatera yaitu Medan dan Aceh pernah berkunjung ke Air Terjun Tanaka. “Kami memperkirakan antara 80.000 dan 100.000 setahun. Paling ramai saat hari libur besar. Misalnya libur natal dan tahun baru atau lebaran. Sedangkan weekend atau akhir pekan paling ramai,” tambah Hari.

AUTO FRESH: Salah satu spot di Air Terjun Tanaka menyajikan suasana
tentunya dengan aliran yang terlihat bersih dan segar – YUDISTIRA/RADARMALANG

Menurutnya, Pokmas Pesona Tanaka merupakan magnet utama di Desa Bangelan. Untuk itu, BUMDes Bangelan memasukkan Air Terjun Tanaka dalam paket wisata desa. Ada empat objek yang termasuk dalam paket ini. Pertama rest area Bangelan. Kedua, kopi dan eksplorasi perkebunan kopi di PTPN Bangelan. Ketiga, wisata kuliner ikan nila di Dusun Kampung Baru. Terakhir, mengunjungi Air Terjun Tanaka di Dusun Arjomulyo.

Rp 1 juta akan dipotong dari seseorang untuk paket ini. Ini termasuk semua akomodasi, tiket masuk dan makan sehari-hari. Untuk mengunjungi tempat ini tanpa mengikuti paket wisata, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. “Air Terjun Tanaka juga berkontribusi terhadap pajak dan retribusi. Kami juga berdonasi untuk menebus 12 RT dari Dusun Arjomulyo. Dalam satu bulan, kontribusi Air Terjun Tanaka ke RT Cash sebesar Rp 6 juta,” pungkasnya. Vicky, 25, warga Mojosari Kepanjen mengakui keindahan Air Terjun Tanaka.

Meski dekat dengan Wonosari, sebagai warga Kepanj, Vicky baru mengetahui tempat wisata air ini dari Instagram. Ia pun memesan gorengan sambil menikmati Air Terjun Tanaka di kafe kecil itu. Seperti namanya, ia duduk di kursi yang terletak di anak sungai Air Terjun Tanaka. (sirip/tidak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button