Pesona Keindahan Sungai Cikahuripan, Wisata Green Canyon di Bandung Barat - WisataHits
Jawa Barat

Pesona Keindahan Sungai Cikahuripan, Wisata Green Canyon di Bandung Barat

BANDUNG, INEWSBANDUNGRAYA – Sungai Cikahuripan merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata alam yang ada di kawasan Bandung Barat.

Sungai Cikahuripan terletak di Desa Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

Tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang tak terbantahkan. Airnya yang hijau jernih diapit tebing-tebing yang menjulang tinggi membuat Sungai Cikahuripan dikenal sebagai Green Canyon-nya Bandung Barat.

Meski harus berjalan 1 kilometer untuk sampai ke sini, hal itu tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Dilaporkan dari berbagai sumber bahwa Sungai Cikahuripan terbentuk dari anak sungai Purba Citarum. Aliran air mengikis bebatuan dan membentuk ngarai terjal yang sangat instagic.

Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan arus yang beragam. Ada yang tenang seperti kolam, ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Di tempat ini Anda juga bisa bermain air karena airnya yang bersih.

Berbeda dengan Green Canyon Pengandaran, Sungai Cikahuripan jauh lebih kecil dan Anda tidak perlu naik perahu untuk mencapai sungai.

Selain itu, air di Sungai Cikahuripan juga cukup dangkal, hanya 4 meter. Anda juga bisa menyewa pelampung di sekitar sungai untuk berlayar menyusuri Sungai Cikahuripan.

Nama sungai ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang membawa kehidupan. Konon, warga sekitar Sungai Cikahuripan percaya bahwa air sungai dapat memberikan berbagai manfaat, terutama dalam hal pengobatan.

Lokasinya yang indah menjadikan tempat ini sebagai tujuan akhir yang fantastis untuk bersantap bersama keluarga atau kerabat dekat. Menghabiskan waktu mendengarkan kicauan burung dan bermain air akan membuat Anda jauh lebih rileks dan siap untuk memulai hari yang baru.

Walaupun pengunjungnya banyak, tempat wisata yang satu ini masih cukup bagus dan fasilitasnya belum banyak.

Penerbit : Rizal Fadillah

Source: bandungraya.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button