7 Lembah Sangat Indah Di Jawa Barat Sempurna Untuk Penyembuhan! - WisataHits
Jawa Barat

7 Lembah Sangat Indah Di Jawa Barat Sempurna Untuk Penyembuhan!

bandung

Kaya akan berbagai tempat wisata unggulan di tanah air, Jawa Barat sepertinya tidak pernah kehabisan tempat yang selalu layak untuk dikagumi. Gunung, pantai, dan laut terdapat di berbagai wilayah di 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Salah satu tempat wisata alam yang tidak kalah indah dan menarik adalah lembahnya. Lembah-lembah ini juga ditemukan di berbagai daerah di Jawa Barat.

Berikut adalah ringkasannya detikJabar tentang berbagai wisata lembah di Jawa Barat.

1. Lembah Putri

Karena berada di pinggir pantai, wisatawan yang berkunjung ke Lembah Putri dapat melihat keindahan Samudera Hindia dan hamparan persawahan yang hijau. Anda juga dapat bertemu dengan berbagai jenis burung seperti cangkurileung, dudut dan perkutut serta mendengar kicauannya.

Ternyata, lembah ini juga menjadi salah satu area paling populer bagi para fotografer yang mengambil foto pre-wedding dengan konsep alam atau pantai. Sayangnya, kawasan ini masih minim fasilitas. Pasalnya, Lembah Putri yang semula ditetapkan sebagai kawasan agrowisata binaan swasta kini terbengkalai.

Alamat: Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.
Biaya Masuk: Opsional

Lembah Putri PangandaranLembah Putri Pangandaran Foto: (Faizal Amiruddin/detikcom)

2. Lembah Panyaweuyan

Meski ditemukan pada 1980-an, nama Lembah Panyaweuyan muncul kembali setelah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah video tentang lembah tersebut pada 2020. Lembah Panyaweuyan sendiri sebenarnya sudah menjadi ikon Majalengka.

Di kaki Gunung Ciremai, Lembah Panyaweuyan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut menawarkan udara sejuk. Lembah ini sebenarnya adalah kawasan wisata bertingkat yang menanam bawang putih dan bawang merah.

Kawasan ini juga dipersiapkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka. Pasalnya, tangga dan bangunan permanen dibuat untuk memudahkan wisatawan mencapai puncak Lembah Panyaweuyan, tempat selfie yang populer di kalangan pengunjung.

Alamat : Kaki Gunung Ciremai, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka.
Harga tiket: Rp 5.000

Wisata Teras Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.Wisata Teras Panyaweuyan, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Foto: Dadan Kuswaraharja

3. Lembah Bukit Cirahong

Berjarak hanya 15 menit dari Ciamis Square, Lembah Bukit Cirahong ini merupakan kawasan dengan Jembatan Cirahong yang bersejarah. Tempat wisata ini digagas oleh BUMDes dan Pokdarwis serta Pemkot Panyingkiran.

Setidaknya ada lima spot selfie yang sering menjadi andalan pengunjung, yakni dekorasi perahu bambu, dekorasi lingkaran, rumah pohon, tulisan “I LOVE U”, dan jembatan bambu di tepi tebing. Semua dekorasi terbuat dari bambu untuk memberikan tampilan alami.

Alamat: Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.
Biaya masuk: Gratis

Wisata Lebuci atau Lembah Bukit Cirahong CiamisWisata Lebuci atau Lembah Bukit Cirahong Ciamis Foto: Dadang Hermansyah/detikcom

4. Lembah Cilengkrang

Lembah ini merupakan salah satu Tempat Wisata Alam (ODTWA) yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Lembah ini dikelola Balai TNGC bekerjasama dengan Kelompok Penggerak Wisata (Kompepar) Pejambon.

Lembah Cilengkrang merupakan lembah sempit dan memanjang yang diapit perbukitan, memberikan nuansa hutan hujan tropis. Di tempat ini Anda juga bisa menggunakan jasa pemandu. Anda juga bisa menemukan elang jawa dan hutan pinus di kawasan ini.

Meski rute yang akan dilalui tidak bisa dibilang mudah, namun pengalaman yang dirasakan tentu tak tergantikan. Pasalnya, Anda akan menyusuri sungai yang jernih dengan arus kecil, hutan hujan tropis, dan air terjun. Jika beruntung, Anda bahkan bisa melihat pelangi di air terjun ini.

Alamat: Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.
Harga tiket masuk: Rp 6.000

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button