Desa Budaya Kertalangu, melihat lebih dekat tradisi dan budaya Bali - WisataHits
wisatahits

Desa Budaya Kertalangu, melihat lebih dekat tradisi dan budaya Bali

Desa Budaya Kertalangu, melihat lebih dekat tradisi dan budaya Bali
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-22.00 WITA, Alamat: Jl.Bypass Ngurah Rai No.88, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Desa Budaya Kertalangu merupakan sebuah desa di Bali yang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat setempat hingga saat ini. Di desa ini, wisatawan bisa menemukan berbagai atraksi budaya, seperti pertunjukan tari dan musik tradisional Bali. Beberapa tarian yang sering ditampilkan adalah tari Kecak, tari Barong dan tari Legong.

Selain itu desa ini juga memiliki tempat yang memamerkan berbagai jenis kerajinan khas Bali, seperti ukiran kayu, anyaman, dan tenun. Banyak turis datang berkunjung setiap hari. Alasannya bukan hanya karena menjaga tradisi dan budaya dengan baik, tetapi juga pemandangan alam yang hadir di sekitarnya.

Pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Berkunjung ke tempat ini cukup mengasyikkan dan banyak pengalaman berharga yang didapat. Namun yang paling menarik adalah mengenal budaya Bali sekaligus mempelajarinya. Apalagi bagi anda yang bukan asli Bali, akan lebih menyenangkan lagi.

Daya tarik Kampung Budaya Kertalangu

Atraksi Desa Budaya KertalanguKredit gambar: Google Maps Nurdin Rizqiansyah

Setiap tempat yang ramai pengunjung pasti memiliki daya tarik, hal ini juga berlaku untuk desa budaya Kertalangu. Meskipun dikatakan sebagai desa, wilayahnya jauh dari yang Anda bayangkan. Desa ini tidak jauh dari kota dengan segala hal menarik yang dimilikinya.

✦ Monumen Perdamaian Dunia

Atraksi pertama yang akan Anda temukan di sini adalah Monumen Perdamaian Dunia. Tugu ini merupakan tugu berbentuk lingkaran. Pembuatan tugu dalam wisata hits ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, banyak negara mendambakan kedamaian dan ketenangan di bumi untuk dijadikan simbolnya.

Di tengah lingkaran terdapat simbol 6 agama yang menyerupai gong. Monumen ini telah disetujui oleh 9 negara dan pada saat yang sama terdapat bendera di setiap sudutnya. Tak hanya itu, terdapat beberapa patung yang berdiri di setiap anak tangga. Patung ini berwarna keemasan dengan posisi membelakangi monumen.

✦ Keunikan adat dan budaya

Daya tarik Desa Budaya Kertalangu selanjutnya adalah keunikan budaya yang hingga kini masih dipegang teguh oleh masyarakatnya. Desa ini sangat memegang teguh tradisi lokal dan kearifan hidup sehari-hari. Hal ini tercermin dari adat-istiadat yang masih dipraktikkan dan dipertahankan, seperti upacara adat, tarian, ukiran, dan kerajinan tangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, desa ini sering mengadakan kesenian tari yang bisa diikuti pengunjung. Tak hanya itu, desa ini juga terkenal dengan ukirannya yang sangat halus dan detail. Ukiran kayu biasanya digunakan sebagai hiasan pada bangunan tradisional, seperti rumah adat, pura dan pelinggih.

Selama berkunjung ke Desa Budaya Kertalangu, Anda bisa menemukan banyak makanan khas. Anda juga bisa mencicipinya dengan menyaksikan pertunjukan seni yang berlangsung. Makanan tradisional di sini dijamin enak, misalnya lawar, bebek betutu, sate lilit, dan nasi jinggo. Untuk harga sendiri sangat variatif, kebanyakan masih di harga normal.

✦ Pemandangan alam yang indah

Setiap desa memiliki keindahan yang bisa dilihat oleh semua orang yang berkunjung. Disini juga terdapat banyak pesona keindahan alam yang menjadi daya tarik tersendiri. Anda mungkin telah melihat keindahan di sini di tempat lain. Namun, dijamin tidak akan pernah bosan untuk menonton dan menikmatinya.

Salah satu pemandangan terindah yang bisa ditemui di Desa Budaya Kertalangu adalah hamparan sawah yang menghijau. Sawah yang terbentang luas dan dikelilingi perbukitan hijau menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menenangkan. Apalagi udara di sini sejuk dan menyegarkan, apalagi saat musim hujan tiba.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat desa budaya KertalanguKredit gambar: Google Maps dan Hulk

Untuk menuju ke desa wisata budaya di Bali ini, Anda harus tahu di mana letaknya. Secara administratif Desa Budaya Kertalangu terletak di Desa Kesiman Kertalangu, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasinya sangat strategis sehingga mudah ditemukan.

Jarak tempuh dari pusat Kota Denpasar hanya sekitar 8 kilometer, artinya Anda bisa mencapainya dalam waktu 20 menit. sebelum berangkat ke tempat wisata, pastikan kamu tahu jalan yang harus ditempuh. Sebenarnya, ada banyak rute yang bisa Anda tempuh jika sedang berada di pusat kota.

Namun rute terbaik menuju Kampung Budaya Kertalangu adalah melalui Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian pergi melihat Jalan Letnan Made Putra, Jalan Surapati dan Jalan Angsoka. Perjalanan dilanjutkan mengarahkan kendaraan ke Jalan WR Supratman. Lanjutkan di jalan ini sampai Anda tiba di The Vasini Smart Boutique.

Tidak jauh dari penanda ini anda akan menemukan perempatan, silahkan ambil arah kanan. Lanjutkan sekitar 400 meter, lalu belok kiri dan ikuti rambu. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Saat mendekati kawasan wisata, jangan lupa bertanya kepada penduduk setempat untuk memastikannya.

Harga tiket masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Desa Budaya Kertalangu terbilang cukup murah, tidak jauh berbeda dengan wisata di Bali pada umumnya. Seorang pengunjung hanya membayar 10.000 rupee. Anda bebas menikmati segala keindahan dan pertunjukan seni yang berlangsung. Wisata budaya di Bali juga menawarkan perjalanan ke luar negeri.

Untuk memainkan atau menikmati wahana tersebut, Anda harus membayar biaya tambahan. Selain itu, ada biaya wajib yang harus kamu siapkan yaitu biaya parkir. Kalau bawa motor, siapkan tambahan 3.000 rupiah. Sedangkan jika membawa mobil, pajak yang harus dibayar adalah 5000 rupiah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik di Desa Budaya Kertalangu BaliKredit gambar: Google Maps dan Hulk

Desa budaya Kertalangu merupakan tempat wisata yang mengutamakan adat dan tradisi desa tersebut. Desa ini sangat luas, setidaknya sekitar 80 hektar dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Dari segi aktivitas, pasti banyak yang bisa dilakukan dan dijamin seru.

1. Keluar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, desa budaya ini memiliki beberapa wahana outbond yang cukup seru. Meski tidak terlalu komprehensif, anak-anak pasti senang saat mengikutinya. Sebagian besar permainan yang ditawarkan adalah tentang alam dan ketangkasan. Beberapa permainan yang dimaksud adalah menangkap belut dan bertani.

2. Lihat pertunjukan seni

Kegiatan menarik selanjutnya di Kampung Budaya Kertalangu adalah melihat pertunjukan kesenian. Anda dapat melihat tarian Bali yang diselenggarakan oleh pengelola. Beberapa di antaranya telah kami sebutkan di atas yaitu tari Kecak, tari Barong dan tari Legong. Namun sayangnya acara ini tidak diadakan setiap hari, jadi hanya untuk yang beruntung saja.

3. Belajar kerajinan

Patung ini sangat populer di Bali, bahkan penyebarannya sampai ke mancanegara. Di sini Anda bisa langsung melihat proses pembuatannya. Tidak hanya seni yang nyata, tetapi orang Bali percaya bahwa setiap patung memiliki makna spiritual. Penduduk setempat dengan senang hati mengajari setiap pengunjung jika dia tertarik.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Budaya Kertalangu BaliKredit gambar: Google Maps Bali Tours Club

Fasilitas Desa Budaya Kertalangu cukup lengkap, baik wajib maupun tambahan. Di antara yang wajib, ada tempat parkir yang sangat luas dengan kondisi keamanan. Selain itu, juga terdapat toilet dan tong sampah di beberapa tempat. Untuk fasilitas penunjang, Anda bisa menikmati spot foto, taman bermain, dan warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Ada banyak tempat wisata yang akan Anda temukan di Bali, masing-masing dengan pesona tersendiri. Misalnya pantai yang memiliki pesona air laut, ombak dan pasir putih yang lembut. Untuk tempat yang kita bahas kali ini yaitu Desa Budaya Kertalangu, ada berbagai hal menarik yang telah disinggung sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi liburan utama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button