Pesona Keindahan Batu Gantung di Majalengka - WisataHits
wisatahits

Pesona Keindahan Batu Gantung di Majalengka

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Mirat, Kec. Leuwimunding, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Majalengka adalah salah satu kota di Jawa Barat. Kota ini terkenal dengan pertunjukan festival yang sangat menarik seperti Motherland Festival dan Rampak Tile Festival. Selain seni, Majalengka memiliki beragam destinasi wisata yang indah.

Berkunjung ke Majalengka untuk berlibur memberikan kesan yang menarik. Anda tidak akan pernah bosan lama. Ada banyak pilihan tempat wisata mulai dari pegunungan, perbukitan, air terjun, desa wisata dan berbagai wisata alam menarik lainnya.

Jika Anda menyukai tantangan dan menyukai petualangan, Hanging Rocks layak untuk Anda kunjungi. Lokasinya yang masih begitu alami akan menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Berikut informasi menarik tentang Batu Gantung di Majalengka.

Intip keindahan alam batu gantung

Mengintip Batu GantungKredit gambar: Google Maps Zulfikar Sanny

Batu Gantung adalah salah satu destinasi favorit di Majalengka. Apa yang ditawarkan tempat wisata ini cukup menarik mengingat lokasinya yang berada di perbukitan. Anda bisa melihat keindahan pemandangan alam dan keanekaragaman flora dan fauna yang sering terlihat.

Tidak semua wisatawan berani mengunjungi Batu Gantung. Hal ini tidak terlepas dari medan pendakian yang terjal, menanjak dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, Anda yang ingin mengikuti wisata tebing ini harus siap mental dan memiliki stamina yang prima. Toh, segala kepenatan perjalanan akan terbayar lunas setelah melihat indahnya pemandangan di atas bukit.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Batu Gantung layak untuk dikunjungi. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke lokasi wisata tidak terlalu jauh meskipun medannya masih sangat alami. Bukit berbatu gantung ini memiliki ketinggian 500 hingga 750 meter di atas permukaan laut. Tak ayal pemandangan di atas tentu akan sangat menakjubkan dan tak terlupakan.

Objek wisata Batu Gantung

Atraksi batu gantungKredit gambar: Google Maps Muhi Din

Lokasi Batu Gantung mulai dikenal pada tahun 2015. Hal ini terjadi setelah beberapa pemuda menjelajahi keindahan bukit tersebut. Meski medannya masih cukup terjal, nyatanya bukan halangan untuk tidak mengunjungi Batu Gantung. Lokasi alam sekitar masih sangat alami, sehingga udaranya selalu sejuk dan menyegarkan.

Daya tarik utama Batu Gantung tentu saja keindahannya. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, alam di sekitarnya masih sangat asri dan belum tercemar oleh tangan manusia. Hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang berada di perbukitan hutan alam. Banyak pohon rindang yang menjulang tinggi seperti kenari, jati, dan pinus memiliki aroma yang harum.

Kehadiran banyak pepohonan juga menambah eksotisme pemandangan alam sekitar. Belum lagi saat sampai di puncak bukit, dari atas bukit akan terlihat pemandangan yang begitu indah dan menawan. Anda bisa melihat persawahan, perkebunan bahkan beberapa sawah yang membentuk tata ruang yang sangat memanjakan mata.

Waktu yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Batu Gantung adalah pada sore hari. Karena saat itulah pengunjung bisa melihat indahnya matahari terbenam langsung dari atas bukit. Anda bisa mengabadikan momen tak terlupakan itu sambil berfoto bersama teman-teman Anda. Batu Gantung juga merupakan area camping jadi tidak perlu turun jika hari sudah sore.

Fasilitas yang tersedia di Hanging Rock

Instalasi batu gantungKredit Gambar: Google Maps Muhammad Sarip Aripin

Jika Anda tertarik untuk datang ke Batu Gantung di Majalengka, sepertinya Anda harus benar-benar mempersiapkan diri secara mental dan memiliki stamina yang prima. Selain medannya yang terjal yang siap untuk dilalui, fasilitas di kawasan Batu Gantung juga masih kurang memadai sebagai tempat wisata. Hal ini tidak terlepas dari minimnya fasilitas umum seperti ruang ganti, toilet dan mushola.

Meski begitu, pihak-pihak yang terlibat sudah mulai menyadari kekurangan-kekurangan yang ada. Hal ini terlihat dari perubahan-perubahan yang mulai dilakukan. Satu hal yang menonjol adalah akses jalan yang sudah mulai diperbaiki, meski belum optimal. Oleh karena itu, ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, seperti peralatan, makanan dan obat-obatan.

Pengelola setempat juga memberikan petunjuk arah untuk jalur pendakian. Jalur ini berfungsi sebagai panduan untuk memudahkan akses wisatawan menuju Puncak Batu Gantung. Jadi meskipun baru pertama kali mengunjungi objek wisata alam yang menakjubkan ini, tidak perlu panik lagi. Beberapa lapangan juga telah menyediakan tempat sampah untuk menjaga kebersihannya.

Lihat potensi yang berkembang dari destinasi wisata Batu Gantung ini. Beberapa fasilitas seperti stand sudah tersedia. Jadi jika tidak membawa banyak perbekalan bisa membeli atau mengisi persediaan makanan terlebih dahulu. Perkemahan juga memadai dan luasnya sekitar 5 hektar. Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki tenda.

Jalan Menuju Hanging Rock Kawasan Hills

Rute Batu GantungKredit Gambar: Instagram Muhammad Anas Sidik

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata Batu Gantung, dibutuhkan waktu sekitar 60 menit dari pusat kota. Mengingat jarak yang harus ditempuh tidak kurang dari 30 km. Akses jalan masih sangat bagus sehingga perjalanan Anda tidak akan terhambat. Namun, sesampainya di Desa Mirat di Cadas Hanging, jalur yang ditempuh cukup ekstrim.

Jika Anda datang dari arah Majalengka, Jawa Barat, Anda bisa naik angkutan umum melalui jalan Rajagaluh. Kemudian pengunjung bisa turun di terminal kemudian naik kendaraan menuju Prapatan Panjalin yang kemudian akan sampai di Leuwimungding. Dari sana, Anda bisa mengikuti jalan yang ada melalui rumah-rumah penduduk.

Karena ada banyak rute yang bisa ditempuh, baik dari Bandung, Cirebon atau kota lainnya, pengunjung tidak perlu khawatir tersesat. Selain itu, di area pendakian sudah mulai dipasang jalur pendakian sehingga arah perjalanan lebih jelas. Hal ini tentunya memudahkan wisatawan yang baru pertama kali berkunjung.

Harga tiket masuk Batu Gantung

Harga Tiket Batu GantungKredit gambar: Google Maps Tris TT

Bagi Anda yang berencana datang ke Hanging Rock, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket. Pengunjung hanya diharuskan membayar satu tiket parkir tergantung jenis kendaraan. Jika datang dengan kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 3.000. Jika dengan mobil tentunya tarif yang berbeda mencapai Rp 5.000.

Harga tersebut tergolong murah mengingat tempat yang akan Anda kunjungi sangat indah dan tidak akan membuat Anda bosan. Beberapa biaya tambahan tentu saja tergantung pada kesiapan Anda. Misalnya, jika Anda datang dengan kendaraan umum atau jika Anda makan makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima di daerah perbukitan.

Harap diperhatikan bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan manajemen setempat. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu mengecek update harga terbaru dengan menghubungi pihak terkait. Namun, harga tiket bukanlah masalah besar bila tempat wisata yang ditawarkan begitu indah dan mempesona.

Berikut beberapa fakta menarik tentang keindahan alam batu gantung di Majalengka. Melihat keindahan yang ada tentunya bukan masalah besar bagi Anda untuk mengunjungi tempat wisata populer ini. Berkunjung bersama rekan kerja akan menjadi pengalaman yang lebih berkesan dan bisa saling membantu selama perjalanan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button