Pesona Indah Eksotis Air Terjun Jeglong Kendal, Jawa Tengah, Air terjunnya berbentuk riam dan sangat jernih - WisataHits
Jawa Tengah

Pesona Indah Eksotis Air Terjun Jeglong Kendal, Jawa Tengah, Air terjunnya berbentuk riam dan sangat jernih

Kendal, Jawa Tengah – Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki kombinasi geografis wilayah pesisir dan pegunungan. Maka tak heran jika banyak sekali tempat wisata alam yang eksotis di Kendal. Salah satunya adalah Curug Jeglong.

Air terjun atau riam ini memiliki panorama alam yang mempesona. Lokasinya berada di Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan. Mata air itu naik ke hulu dari sungai di lereng Gunung Prau. Anda bisa berkendara hingga 40 kilometer dari Kendal untuk sampai ke sini. Atau jika dari kota Semarang jaraknya sekitar 60 kilometer. Bisa juga ditempuh dari Temanggung hingga jarak 30 kilometer.

Rutenya cukup mudah, yang penting mengarahkan kendaraan ke Sukorejo dulu. Kemudian ke barat menuju Plantungan. Tanyakan saja pada warga sekitar yang sudah mengetahui arah menuju Curug Jeglong. Medannya cukup menantang pada perjalanan pertama menyusuri jalan aspal mulus menuju desa Bendosari Platungan. Namun sebelum lokasi jalan kombinasi beton dan batu pecah.

Menurut penggiat Desa Wisata Bendosari Jaka Setiawan, kelebihan Curug Jeglong adalah terdapat tiga air terjun. Dan di tingkat kedua ada semacam kedung atau kolam yang airnya sangat jernih. Sangat jelas sehingga pecah agak kebiruan.

“Kelebihan air terjun Jeglong ini adalah kita berada di pegunungan dengan alam yang indah. Kami sudah mulai buka sejak tahun 2014. Dulu tidak bertani seperti sekarang,” katanya.

Ia menambahkan, banyak wisatawan yang bermain di Kedung ini. Namun harus diingat bahwa Kedung memiliki kedalaman lebih dari 3 meter di tengahnya. Oleh karena itu disarankan untuk hanya bermain di tepi.

“Jadi ini air terjun dengan terasering. Di bawahnya juga ada kolam tempat Anda bisa bermain-main. Orang-orang di sini menyebutnya setetes,” kata Jaka.

Selain pesona air terjun, kawasan wisata alam ini juga memiliki pesona lain. Yaitu hutan pinus dan lembah luas di depannya.

(Air Terjun Tangga di Curug Jeglong, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah)

Pemandangan alamnya begitu indah. Perpaduan hutan pinus dan gemericik air terjun sangat cocok untuk Anda yang ingin terapi penyembuhan di sini.

“Di hutan pinus Curug Jeglong juga ada areal yang kami buka sebagai tempat camping. Jadi yang mau tidur di luar ada lahan di dekat hutan pinus dan kami juga menyediakan peralatan camping dengan harga sewa yang terjangkau,” jelasnya.

Ia memberikan tips, waktu perjalanan terbaik untuk Curug Jeglong adalah seperti sekarang di musim kemarau. Karena airnya sangat jernih dan bagi yang ingin berkemah, cuacanya juga bagus. (tjs/ade)

Source: www.tvonenews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button