Bukit Pule Payung, nikmati keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Bukit Pule Payung, nikmati keindahan alam Kulon Progo dari ketinggian

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Desa Hargotirto, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta.; Kasus: Cek lokasi

Menghabiskan liburan di Jogja selalu memberikan kesan terbaik karena banyaknya destinasi wisata menarik di sana. Selain keindahan kotanya, ada juga destinasi gunung yang sangat indah dan populer bernama Bukit Pule Payung di Kulon Progo. Bukit ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki banyak spot foto dengan pemandangan yang luar biasa.

Meski bukit ini terletak cukup jauh dari pusat kota Jogjakarta, namun wisatawan semakin hari semakin meningkat. Wisatawan pun penasaran dengan salah satu keindahan alam yang ada di kawasan Kulon Progo ini. Anda juga tidak akan kesulitan untuk menuju bukit ini karena tersedianya transportasi umum di lokasi ini.

Selain memiliki banyak spot, fasilitas yang disajikan di atas bukit tersebut sangat memadai dan membuat wisatawan betah saat berlibur. Bahkan ada beberapa penginapan di dekatnya yang memudahkan wisatawan dari luar kota. Di bawah ini adalah informasi rinci tentang Bukit Pule Payung.

Objek Wisata Bukit Pule Payung

Objek Wisata Bukit Pule PayungKredit gambar: Google Maps Rusmadi AG

1. Kunjungan keluarga

Bukit Pule Payung sangat cocok sebagai tempat wisata keluarga karena anda akan merasa nyaman selama liburan. Menghabiskan liburan di tempat wisata ini juga bisa menjadi jaminan keamanan agar Anda bisa menikmati liburan dengan tenang dan nikmat. Bukit ini biasanya banyak dikunjungi oleh rombongan keluarga saat musim liburan.

Apalagi bukit ini memiliki kafe berdesain modern untuk bersantai setelah lelah mencoba beberapa wahana dalam sehari. Keberadaan Café menjadikan destinasi ini banyak dikunjungi anak muda, baik warga lokal maupun dari luar kota. Anda bisa melihat pesona alam di sore hari dengan pemandangan Waduk Sermo sebagai poin utamanya.

Anda dan keluarga bisa menikmati masakan modern atau kuliner khas kota jogja di kafe. Beragam menu di kafe ini terkenal enak, sehingga Anda bisa sekaligus berwisata kuliner. Kafe yang dihiasi lampu-lampu indah di malam hari akan membuat Anda betah dan ingin berlibur panjang di Bukit Pule Payung.

2. Keindahan alam Kulon Progo

Banyak pengunjung dan masyarakat sekitar yang menyebut tempat ini sebagai Bukit Wisata. Memang, banyaknya gunung yang mengelilinginya membuat destinasi ini semakin indah dan sepi. Jadi Anda bisa menikmati keindahan matahari dari terbit hingga terbenam yang seolah muncul dan mengalir dari bawang gunung.

Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat dengan jelas keindahan Waduk Sermo. Jadi Anda bisa berfoto dengan dasar waduk yang dikelilingi pegunungan. Setiap spot foto di wisata ini selalu mengarah ke Waduk Sermo sebagai background. Foto-fotonya terlihat seperti lukisan keren meski diambil langsung dari alam yang ada.

Meski keindahan tempat ini sudah ada sejak lama, namun masyarakat sekitar memanfaatkannya dengan menambahkan berbagai kreativitas pada Pule Payung. Pemerintah setempat dan masyarakat setempat bahu-membahu menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata modern sehingga menjadi destinasi favorit di kota Jogjakarta. Setiap lokasi dijamin aman saat digunakan wisatawan.

3. Destinasi wisata kontemporer

Daya tarik Bukit Pule Payung selanjutnya adalah terdapat beberapa tempat menarik untuk berfoto dan berbagi momen di media sosial. Beberapa spot foto kekinian tersebut adalah Sky Bike, Heaven Bridge, Wolu dan Lollipop. Tidak hanya unik dari segi nama, setiap lokasi juga menampilkan alam terbaik bagi wisatawan.

Secara keseluruhan, terdapat delapan tipe lokasi kontemporer yang memiliki karakteristik berbeda di setiap lokasi. Hal ini tentu saja membuat Anda ingin mencoba semua lokasi yang ada di destinasi tersebut. Dilihat dari gerbang utama, pertama-tama Anda akan menikmati lokasi Jembatan Surga dan berakhir di Angkasa Cafe sebagai tempat istirahat sore Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Pule PayungKredit gambar: Google Maps Alfiahesty

Destinasi wisata di Bukit Pule Payung ini terletak di Desa Soropati RT007/RW003, Clapar 2, Hargotirto. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda perlu pergi ke kota Jogja, lalu berkendara sejauh 36 kilometer dalam satu jam.

Setelah sampai di pusat kota Jogja, silahkan arahkan kendaraan ke kawasan Kalibiru atau Jalan Godean. Kemudian arahkan mobil ke jalur barat menuju tujuan Goa Kiskendo. Kemudian arahkan kendaraan ke kiri menuju Gerbang Air Terjun Kembang Soka. Setelah sampai di gapura lorong, arahkan kendaraan menuju Kalibiru yang dekat dengan lokasi bukit indah ini.

Jika ini pertama kalinya Anda ke Bukit Pule Payung, tanyakan saja kepada penduduk setempat di setiap jalan yang akan Anda ambil. Ini harus dilakukan karena Anda akan berhenti di tebing Gunung Gajah jika Anda salah membelokkan kendaraan. Lebih baik lagi saat menggunakan Maps saat berkendara ke atas bukit.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Bukit Pule PayungKredit gambar: Google Maps Pieter Danang

Untuk memasuki Bukit Pule Payung, Anda harus membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupee per orang. Ketentuan tersebut berlaku sejak tahun 2017 saat destinasi wisata ini diresmikan oleh pemerintah daerah setempat. Namun, Anda harus membayar kembali jika ingin memasuki semua tempat menarik dengan harga yang bervariasi.

Beberapa wahana berbayar adalah Lollipop Spot dan Heaven’s Bridge dengan harga tiket Rs 10.000. Sementara itu, Spot Angkasa dan Wolu memiliki biaya tiket Rs 15.000. Harganya cukup murah karena Anda bisa menikmati lokasinya selama sehari penuh.

Lokasi dengan biaya tertinggi adalah Sky Bike dan Flying Fox dengan harga 25.000 dan 30.000 rupee. Jadi Anda hanya merogoh kocek puluhan ribu rupiah untuk menikmati seluruh layanan wisata di atas bukit. Destinasi wisata yang ramah ini membuat pengunjungnya merasa puas setelah berlibur di sana.

Bagi anda yang membawa kendaraan, anda harus membayar biaya parkir motor dan mobil sekitar 3000 dan 5000 rupiah. Semua lokasi wisata buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00. Namun, khusus untuk kopi indoor, Anda bisa menikmatinya hingga malam hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Bukit Pule Payung

Aktivitas di Bukit Pule PayungKredit gambar: Google Maps MIKE LUSLI

1. Kunjungan khusus untuk anak-anak

Anda dapat berlibur bersama anak-anak dengan biaya masuk sebesar Rs 5.000 untuk anak di bawah 5 tahun. Bukit ini menawarkan wisata khusus untuk anak-anak berupa kolam renang. Hal ini membuat destinasi wisata ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua.

2. Nikmati keindahan alam Space Spot

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Bukit Pule Payung adalah menyaksikan keindahan alam Space Spot. Merupakan kawasan favorit yang menjadi tujuan utama para wisatawan saat berkunjung ke bukit tersebut.

Ada kursi kayu yang menawarkan pemandangan paling indah bagi siapa saja yang beristirahat di sana. Anda bisa duduk dengan tenang sambil merasakan sejuknya angin di Space Spot ini. Suasana asri ini bisa menghilangkan stress dari kebisingan suasana perkotaan.

3. Ambil gambar

Anda wajib berfoto selfie saat berada di tempat wisata alam ini, karena di dalamnya terdapat delapan spot foto terbaik, seperti Jogja Giant Swing dan Wood Golf. Anda akan mendapatkan banyak koleksi foto menarik setelah melakukan perjalanan ke bukit yang indah ini. Tidak hanya di tempat favorit, Anda juga bisa berfoto dengan pemandangan terbaik dari Cafe Angkasa.

4. Tonton pertunjukan musik di malam hari

Bukit Pule Payung menampilkan pertunjukan musik khusus pada malam-malam tertentu saja. Anda bisa menikmati menu kopi spesial dari berbagai daerah malam itu sambil menyaksikan pertunjukan musik menarik di atas bukit.

5. Naik Sky Bike dan Flying Fox

Aktivitas Seru di Bukit Pule PayungKredit gambar: murdy dari saluran Google Maps

Destinasi wisata ini menghadirkan spot favorit bagi Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin yaitu Flying Fox. Anda akan meluncur di atas ketinggian 100 meter menggunakan tali tunggal. Kegiatan ini memang menegangkan namun membuat liburan lebih memuaskan dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Anda tidak perlu khawatir karena berbagai alat pengaman pribadi terpasang saat mengendarai Flying Fox atau Sky Bike. Anda juga bisa bersepeda sambil terbang di atas bukit dengan pemandangan gunung dan langit yang indah. Kedua situs ini menawarkan jasa pemotretan bagi Anda yang ingin mengabadikan momen saat berkendara.

6. Ikuti latihan yoga

Ada juga layanan latihan yoga yang rutin dilakukan di bukit setiap akhir pekan. Kegiatan yoga ini dimulai dari pukul 07.00 hingga 09.00. Namun, Anda harus membayar 150.000 rupee dengan sarapan, rehat kopi, dan antar-jemput. Kegiatan ini tentunya membuat liburan Anda lebih sehat dan tidak mudah lelah.

Fasilitas yang tersedia di Bukit Pule Payung

Fasilitas di Bukit Pule PayungKredit gambar: Google Maps Odings

Bukit indah di Kulon Progo ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti gazebo sebagai tempat berkumpul keluarga atau mushola untuk keperluan ibadah. Ada juga Pendopo Amerta yang biasa digunakan untuk bersantai atau beristirahat setelah mengunjungi berbagai tempat di atas bukit.

Bukit ini menawarkan beberapa toko khusus oleh-oleh khas Kulon Progo yang bisa Anda beli untuk keluarga di rumah. Fasilitas ini tentunya memudahkan Anda untuk berwisata dan membeli oleh-oleh dalam satu tempat. Anda tidak perlu berkendara lagi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kulon Progo itu.

Destinasi wisata ini juga menawarkan berbagai paket wisata dengan harga menarik bagi anda yang akan berlibur bersama rombongan teman atau keluarga. Ada tiga pilihan paket yaitu Bronze, Silver dan Gold yang bisa dipesan. Dengan memesan paket liburan, Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dari destinasi wisata tersebut.

Demikian informasi mengenai destinasi wisata Bukit Pule Payung di Kulon Progo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Perpaduan keindahan alam dan pariwisata modern membuat siapapun ingin berlibur berhari-hari. Anda wajib mencoba keseruan di destinasi wisata ini saat berkunjung ke Kulon Progo dan sekitarnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button