Pesona Gili Putih Sumberkima, surga bahari yang tersembunyi di Buleleng Bali - WisataHits
wisatahits

Pesona Gili Putih Sumberkima, surga bahari yang tersembunyi di Buleleng Bali

Pesona Gili Putih Sumberkima, surga bahari yang tersembunyi di Buleleng Bali
Biaya kunjungan: Dari Rp 350.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sumberkima, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Gili Putih Sumberkima merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang mungkin belum banyak dikunjungi. Bukan hanya karena masih baru, namun lokasinya yang terpencil membuat banyak wisatawan tidak menyadari keberadaannya. Namun ketika Anda mengikuti tur ini, Anda pasti akan merasakan kebahagiaan dan keajaiban.

Hal ini dikarenakan banyaknya objek wisata yang dimiliki, tentunya yang dimaksud adalah keindahan alam yang mempesona. Air laut biru yang sangat jernih salah satunya, Anda juga bisa melihat biota laut di bawah ini. Berbentuk pulau kecil, tamasya menawan ini menyerupai pantai dengan ciri khas pasir putihnya yang lembut.

Bali adalah sebuah pulau yang memiliki banyak pantai yang indah dan indah. Setidaknya ada ratusan pantai di pulau dewata ini, beberapa di antaranya belum terjamah wisatawan. Selain pantai, Bali juga memiliki banyak pulau kecil yang indah dan menawan, sangat ideal untuk menjadi tujuan wisata utama.

Daya Tarik Gili Putih Sumberkima

Daya tarik Gili Putih SumberkimaKredit Gambar: Google Maps Irwanto E

Pada kesempatan kali ini kita akan mendekati salah satu pulau yang penuh pesona yaitu Gili Putih Sumberkima. Wisatawan yang datang ke sini pasti tidak akan kecewa dengan pesona yang dimilikinya. Karena banyak daya tarik yang seolah-olah seperti magnet.

1. Keunikan Gili Putih Sumberkima

Ada yang unik dari wisata bahari di Bali yaitu hamparan yang selalu berubah. Benua ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun saat itu ukurannya tidak sebesar itu. Karena proses alam, lama kelamaan bumi menjadi lebih besar dari sebelumnya. Gili yang awalnya hanya berupa gundukan pasir, kini membentuk sebuah pulau kecil nan eksotik.

Hingga saat ini luasnya terus berubah, bukan karena proses alam, melainkan akibat pasang surut air laut.Saat air sedang tinggi, luas Gili Putih Sumberkima tidak lebih dari 600 meter persegi. Berbeda saat air laut surut, luas pulau cantik ini bisa mencapai 1-3 hektar.

Saat air surut, Anda bisa berjalan kaki ke sana dari Pantai Penggambetan. Jaraknya cukup jauh, sekitar 1,5 kilometer. Namun, perjalanan tersebut tetap diiringi dengan angin yang menenangkan dan birunya air laut, sedangkan jika air sedang pasang, Anda hanya bisa mengaksesnya dengan perahu.

2. Pulau dengan air laut biru jernih

Daya tarik Gili Putih selanjutnya adalah pesona alamnya yang begitu eksotik dan membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Sebut saja air biru yang sangat jernih. Saking jelasnya Anda bisa melihat biota laut di bawah yang sebagian besar dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang mengintai.

Air jernih ini pun menampakkan keindahannya saat ditiup angin, terbentuklah gelombang atau riak kecil. Saat air sedang tinggi, dimana daratan semakin mengecil, wisatawan bisa melihat pasir yang terendam dengan warna yang masih putih bersih. Perpaduan semua warna, birunya air, hijaunya terumbu karang dan pasir putih, menyatu dengan sangat baik.

3. Pegunungan Eksotis

Bukan hanya birunya air laut yang bisa Anda lihat di Gili Putih Sumberkima. Anda juga akan dimanjakan dengan pesona deretan pegunungan yang eksotis. Dari kejauhan masih cukup jelas saat cuaca cerah, hal ini menandakan gunung tersebut sangat besar.

Perbukitan tak mau gagal menampilkan pesonanya. Garis-garis perbukitan yang khas terlihat jelas, bersama dengan warna hijau dari pepohonan yang tumbuh subur. Langit cerah dengan awan putih membuat pemandangan semakin eksotis. Mengunjungi wisata indah ini dijamin akan betah berlama-lama.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili Putih SumberkimaKredit gambar: Google Maps Moch Munib

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Gili Putih Sumberkima, syarat pertama adalah mengetahui lokasinya. Secara geografis, pulau eksotis ini terletak di Mandarsari, Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Jarak dari Denpasar sangat jauh, jadi sebaiknya memulai perjalanan dari pusat Buleleng.

Jarak dari pusat Buleleng sekitar 60 kilometer, tentunya masih cukup jauh. Jarak tersebut biasanya dapat ditempuh dalam waktu 1h30 jika menggunakan kendaraan bermotor dengan kecepatan sedang. Untuk rute terbaik silahkan ambil Jalan Singaraja – Gilimanuk yang satu arah dengan pantai Pemuteran.

Selama perjalanan Anda ke Gili Putih Sumberkima, Anda akan menemukan banyak pantai yang indah dan eksotis. Meski jauh, perjalanan dijamin tidak akan terasa oleh hembusan angin laut. Agar tidak salah jalan, silakan gunakan aplikasi pemetaan digital, misalnya Google Maps.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Sebelum mengunjungi tempat wisata, wajar jika Anda harus menyiapkan budget terlebih dahulu. Memang sebagian besar tempat wisata memberlakukan tiket masuk sebagai syarat utama. Selain itu, Anda juga memerlukan biaya akomodasi selama perjalanan menuju tempat tersebut.

Untungnya, Gili Putih Sumberkima tidak memungut biaya masuk. Dengan demikian, Anda bebas memasuki tempat tersebut kapan saja sesuai dengan jadwal kunjungan. Namun bukan berarti tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. Untuk mengakses lokasi saat air pasang, Anda harus menyewa perahu yang disediakan.

Harga sewa perahu ke pulau eksotis ini bervariasi, namun secara umum berkisar antara Rp350.000 hingga Rp450.000 ribu. Harga tersebut bukan untuk satu orang, melainkan sekitar 5-6 wisatawan. Dengan kata lain, Anda dapat lebih berhemat karena Anda membagi biaya ini dengan penumpang lain.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Gili Putih Sumberkima

Aktivitas menarik di Gili Putih SumberkimaKredit gambar: Google Maps Budy Umalas

Gili Putih Sumberkima merupakan wisata yang menawarkan keindahan sebagai daya tarik utamanya. Di sini juga ada banyak kegiatan seru dan berkesan yang bisa kamu lakukan. Kami telah merangkum kegiatan yang dimaksud sebagai berikut!

1. Nikmati pesona alam

Aktivitas pertama yang harus dilakukan saat berada di objek wisata Buleleng ini adalah menikmati keindahannya. Sayang sekali jika hanya memejamkan mata saja, karena pesona yang dimiliki membuat takjub semua orang. Dari laut biru jernih, gugusan gunung dan bukit serta hamparan pasir, semuanya terlihat sangat indah.

2. Berenang dan snorkeling

Berenang adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di Gili Putih Sumberkima. Air laut di sini tidak terlalu dalam, ombaknya juga relatif tenang sehingga cocok untuk berenang. Tidak cukup berenang? Anda bisa menyelam atau biasa disebut snorkeling untuk mengamati biota laut di bawah ini.

3. Memancing

Selain dua kegiatan di atas, ada juga kegiatan lain yang berkaitan dengan hobi. Kegiatan yang dimaksud adalah memancing, untuk dipraktekkan sambil menikmati pesona alam yang indah. Pulau ini masih alami, jarang dijamah tangan manusia. Kehidupan laut yang alami adalah tempat berkumpulnya ikan-ikan, yang membuat memancing semakin mengasyikkan.

4. Berburu spot foto

Sayang sekali jika hanya melihat pesona dan keunikan Gili Putih Sumberkima. Sederhananya, Anda pasti rugi jika tidak mengabadikan momen liburan di sini dengan aktivitas fotografi. Oleh karena itu, Anda harus dipersenjatai dengan kamera terbaik dan mengosongkan sebagian memori sebelum berkunjung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili Putih SumberkimaKredit gambar: Google Maps Moch Munib

Wisata indah yang kita bahas kali ini adalah sebuah pulau kecil dengan karakter dan keindahannya yang unik. Jika ditanya mengenai fasilitas tentunya hal ini masih sangat kurang dibandingkan dengan wisata lainnya. Di sini tidak ada toilet, juga warung dan tempat ibadah. Namun untuk tempat bersantai, beberapa saung dan ayunan bisa digunakan.

Bali sudah lama dikenal sebagai pulau yang mampu memikat wisatawan. Tak hanya turis lokal, turis mancanegara pun bahkan menyebutnya sebagai surganya traveler. Gili Putih Sumberkima hanyalah salah satu wisata yang indah dan mempesona. Meski minim fasilitas, tempat ini tetap layak dikunjungi untuk mengisi liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button