Pesona Bukit Batu Tjilik Riwut yang menjadi unggulan Kabupaten Katingan - WisataHits
wisatahits

Pesona Bukit Batu Tjilik Riwut yang menjadi unggulan Kabupaten Katingan

Pesona Bukit Batu Tjilik Riwut yang Menjadi tujuan Unggulan Kabupaten Katingan. Obyek wisata rohani (pertapaan) di Kalimantan Tengah dengan 9 batu keberuntungan.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Trans Kalimantan, Kasongan Lama, Kec. Katingan hilir, Kab. Katingan, Kalimantan Tengah; Kasus: Cek lokasi

Nama bukit berbatu ini terinspirasi dari nama seorang pahlawan nasional yang juga putra Dayak. Tjilik Riwut adalah gubernur pertama provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan bukit berbatu ini merupakan tempat yang sering dijadikan tempat meditasi oleh Tjilik Riwut. Namun, asal batu di sini masih bisa ditebak dari mana asalnya, karena lokasi bukit ini kecil kemungkinannya.

Jika dikaitkan dengan material vulkanik, tidak akan ditemukan titik temu, karena letaknya yang jauh dari gunung berapi. Jika diperkirakan dari bebatuan sungai, juga tidak menemukan titik temu. Ini karena tidak ada sungai yang berbatasan dengan bukit. Sedangkan menurut legenda, batu di atas bukit itu adalah batu dari surga.

Legenda dimulai dengan kisah seorang malaikat menikah dengan manusia. Kemudian mereka memiliki seorang anak. Alkisah ada seorang bidadari bersama anaknya yang kembali ke surga. Namun, ketika anak itu dewasa, ia harus kembali ke bumi. Saat anak turun, terdengar suara guntur yang memekakkan telinga disertai batu besar yang juga turun ke bumi.

Atraksi Bukit Batu Tjilik Riwut

Objek Wisata Bukit Batu Tjilik RiwutKredit gambar: Google Maps Tomy Hendra

1. Batuan berwarna menarik

Luas Bukit Batu Tjilik Riwut adalah setengah dari luas tanah yang digunakan untuk bermain sepak bola. Bukit ini terdiri dari batu-batu besar dan kecil yang ditumpuk di atas satu sama lain. Sebagian besar bebatuan di bukit ini memiliki warna abu-abu dan hitam. Di beberapa bagian batu juga ada bagian yang bergaris putih dan memiliki bentuk yang menarik.

Saat Anda memasuki kawasan wisata, Anda akan melihat tulisan “Petehku Isen Mulang, Tjilik Riwut” di atas batu yang artinya “Pesan saya tidak akan pernah kembali”. Di bukit ini terdapat 9 buah batu yaitu batu ajaib, batu kamiak, batu suci, batu sial, batu dewa, batu tingke, batu teras pambelum, batu kerajaan dan batu Darung Bawan. Dimana setiap batu seharusnya memiliki rejeki.

2. Batu yang dapat memberikan manfaat tertentu

Batu sakti tersebut diyakini sebagai batu tempat Tjilik Riwut biasa melakukan pertapaan. Ini bisa dilihat dari jejak sidik jarinya di batu. Sedangkan batu lainnya konon memberikan beberapa manfaat. Jika para wisatawan yang berkunjung mampu memanjat batu dewata, maka semua cita-cita yang ingin mereka capai bisa terwujud.

Sedangkan batu keberuntungan dipercaya dapat menyingkirkan kesialan. Batu ini bisa ditemukan di area tangga masuk atau di pintu masuk sebelah kanan. Batu ini memiliki warna belang-belang, sehingga menarik wisatawan untuk berfoto dengan latar belakang batu sial. Keindahan perbukitan bebatuan tidak berhenti sampai di situ, saat Anda melewati aula keramat dan pendopo, Anda akan melihat kawasan perbukitan bebatuan utama Tjilik Riwut.

Apalagi jika wisatawan yang berkunjung mampu melintasi lorong sempit batu tinke dan menyeberang ke luar, diyakini semua tantangan yang akan mereka hadapi dapat diatasi dengan mudah. Sedangkan batu teras Pambean memiliki arti penting sebagai batu yang dapat meningkatkan kehidupan. Batu teras Pambean ini berbentuk limas dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

3. Ada Danau Bawin Kameloh

Di bagian barat batu karang terdapat sumber mata air yang dikenal dengan nama Telaga Bawin Kameloh. Anda harus tahu bahwa danau ini tidak pernah mengering atau surut. Air di telaga ini juga dipercaya memiliki khasiat awet muda bagi pengunjung yang membuang uang logam ke dalam telaga lalu membasuh muka dengan air telaga.

Anda dapat menemukan danau ini ketika Anda naik bukit, karena Anda pasti akan melewatinya terlebih dahulu. Danau Bawin Kameloh terletak di kaki bukit dan dikelilingi oleh pagar beton dan batu pecah dengan ketinggian sekitar satu meter. Di sekitar danau ini juga terdapat sesajen berupa bendera kuning yang diikat di pohon atau dikibarkan menggunakan tiang.

Ada juga pohon beringin yang masih berdiri kokoh di sini. Orang percaya bahwa pohon itu tumbuh sendiri dan dianggap sebagai tempat tinggal makhluk gaib. Danau Bawin Kameloh dulunya hanyalah gurun pasir. Namun seiring berjalannya waktu, alam mengalami perubahan alam, baik yang disebabkan oleh bencana alam maupun hal-hal lain di luar pemahaman manusia.

Alamat dan rute menuju lokasi wisata Tjilik Riwut Bukit Batu

Tjilik Riwut Bukit Batu alamatKredit gambar: Google Maps Fathir Sidqi

Lokasi wisata Bukit Batu Hermitage Tjilik Riwut berada di kawasan Kasongan Lama. Jika Anda akan berkunjung dari kota Palangkaraya menggunakan kendaraan bermotor, Anda akan tiba dalam waktu 1 hingga 1,5 jam. Jalan yang harus Anda lewati untuk mencapai lokasi cukup mudah diakses, karena jalannya sudah beraspal begitu mudah.

Jika Anda memulai dari Kasongan melalui Jalan Wisata, Anda akan menempuh jarak untuk mencapai lokasi Bukit Batu Tjilik Riwut hingga 5,1 kilometer. Jika Anda berasal dari luar daerah Palangkaraya, untuk memudahkan perjalanan Anda, Anda bisa menyewa mobil untuk menuju lokasi wisata.

Tempat yang menawarkan rental mobil juga cukup mudah ditemukan. Saat Anda menyewa mobil, Anda akan dikenakan biaya sewa sekitar Rp 600.000 untuk satu hari.

Harga Tiket Masuk Wisata Bukit Tjilik Riwut

Harga Tiket Tjilik Riwut Bukit BatuKredit gambar: Google Maps Yeni Bochan

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona wisata bukit berbatu ini akan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 untuk satu orang. Anda bisa datang ke tempat wisata ini kapan saja karena tempat ini selalu buka setiap hari.

Namun, jika wisatawan yang berkunjung juga membawa mobil, mereka harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000, sedangkan jika menggunakan sepeda motor sebesar Rp 1.000, namun biaya parkir tersebut bukan tidak paten, melainkan dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan menarik yang dilakukan di Bukit Batu Hermitage Tjilik Riwut

Aktivitas Bukit Batu Pertapaan Tjilik RiwutKredit Gambar: Google Maps John Solomon

1. Ambil gambar

Batuan yang berjajar dan tersusun di Bukit Batu Tjilik Riwut bisa menjadi spot foto yang menarik. Gambar yang dihasilkan juga akan memberikan kesan yang unik. Karena warna batu yang ada juga berbeda dengan batu pada umumnya. Anda bisa mempercantik tampilan homepage media sosial Anda dengan foto wisata di perbukitan berbatu ini.

2. Lempar koin

Kegiatan wisata ini cukup menarik. Banyak wisatawan yang tertantang untuk memasukkan koin yang mereka lempar ke Danau Bawin Kameloh. Tempat wisata ini masih kaya akan tradisi dan kepercayaan. Namun, Anda bebas untuk percaya atau tidak.

3. Usap wajahmu dengan air danau

Air danau tempat Anda melempar koin juga memiliki daya tarik tersendiri. Sebab, dipercaya jika air digunakan untuk menyeka wajah bisa efektif membuat awet muda. Benar atau tidaknya tidak ada yang tahu, namun banyak wisatawan yang mempraktekkan aktivitas ini di tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Bukit Batu

Fasilitas Wisata Bukit BatuKredit Gambar: Google Maps Ris Dianto

1. Makan malam

Saat Anda berkeliling perbukitan berbatu dan melakukan berbagai aktivitas wisata, Anda pasti akan merasa haus dan lapar. Anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar tempat wisata terdapat beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Keberadaan warung ini sangat bermanfaat bagi pengunjung, karena tidak perlu repot membawa makanan.

2. Toilet umum

Toilet juga tersedia di sini. Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan akan toilet juga sangat penting. Karena tidak mungkin wisatawan buang air besar sembarangan. Apalagi tempat wisata ini dikenal keramat oleh masyarakat setempat, sehingga wisatawan tidak boleh bertindak gegabah.

3. Tempat relaksasi

Di sebuah lokasi wisata tentunya anda juga ingin menikmati suasana santai, karena ini pasti salah satu destinasi liburan yang anda inginkan. Di tempat bersantai, Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang indah di sekitar Bukit Batu Tjilik Riwut.

4. Pemandu wisata

Peran guide di tempat ini cukup penting. Karena tempat ini menyimpan banyak cerita. Bahkan setiap batu yang ada juga memiliki filosofi tersendiri. Dengan demikian, informasi yang diberikan oleh pemandu dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi para wisatawan yang berkunjung.

5. Akomodasi

Bagi anda yang berasal dari luar daerah tentunya membutuhkan penginapan untuk beristirahat sejenak. Oleh karena itu, di dekat tempat wisata ini juga terdapat hostel yang bisa dikunjungi wisatawan. Tersedia 2 hotel dengan tarif menginap yang berbeda, yaitu Rp 728.000 dan Rp 190.000 untuk satu malam.

Hingga saat ini, wisata bukit batu Tjilik Riwut masih memiliki magnet yang kuat untuk menarik wisatawan untuk datang. Sebagian besar pengunjung tertarik dengan bentuk batu yang unik dan legenda yang menyertainya. Bahkan batu tersebut juga dipercaya memberikan manfaat masing-masing. Ditambah dengan danau yang tidak pernah surut, hal ini juga yang menjadi daya tarik bukit ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button