Pantai Nglambor: Harga Tiket Masuk, Aktivitas Seru, Atraksi, Tips Liburan, dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

Pantai Nglambor: Harga Tiket Masuk, Aktivitas Seru, Atraksi, Tips Liburan, dan Lainnya

Pantai Nglambor – Hallo sobat ingin liburan pantai yang santai tapi dengan suasana dan atraksi yang anti mainstream. Hmmm, kalau itu yang kamu cari, pantai Nglambor sangat direkomendasikan untuk dijadikan patokan destinasi liburanmu.

Alasan utamanya adalah pantai ini memiliki sejuta pesona yang bisa bikin kangen banget setelah mengunjunginya, hehehehe….

Pantai Nglambor berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak di pantai ini cukup besar.

Meski demikian, di pantai ini telah disediakan area khusus agar Anda tetap bisa menikmati snorkeling dan diving.

informasi Umum

Alamat: Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Sebuah peta: Peta Google
Biaya masuk: Rp 5.000 per orang. Parkir motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000, dan bus wisata Rp 15.000
Kontak: 082134692388 dan 087839639249 (telepon dan sms), 082134692388 (nomor whatsapp)
media sosial: Pantainglambor (Jalur). Anda juga dapat menghubungi melalui jejaring sosial @PantaiNglambor (Instagram), @PantaiNglambor (twitter) dan Pantai Nglambor (Facebook).

Sekilas Pantai Nglambor

Sekilas Pantai NglamborSekilas Pantai Nglambor

Pada umumnya pantai-pantai di kawasan laut selatan Jogjakarta hampir selalu mengandung cerita mistis.

Namun hal tersebut tidak berlaku untuk pantai Nglambor, pantai ini sangat jauh dari kesan mistis. Hanya saja, salah satu variasi budaya upacara sedekah bahari masih ada, seperti yang dilakukan di pantai-pantai sekitar Laut Selatan Jogja.

Di sana, tradisi Upacara Sedekah Laut sering disebut “Ngalangi” yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “larang”.

Maksud dari kata tersebut adalah untuk mengingatkan siapa saja, terutama warga sekitar, untuk tidak menangkap ikan di sepanjang pantai.

Sedangkan bagi pengunjung masih diperbolehkan untuk memancing di sini, hanya saja bisa dilakukan di luar musim pemijahan ikan yaitu setahun sekali.

Bahkan untuk menangkap ikan di pantai ini, Anda perlu menggunakan alat khusus berupa gawar (sejenis jaring ikan yang terbuat dari akar pohon wawar).

Kunjungi juga: Obyek Wisata Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Lokasi pantai ini berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta.

Karena pantai ini diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Siung dan Pantai Jogan, maka lokasi stasiun sampling berada di Pantai Siung.

Dari Jogjakarta anda berjalan menuju Jalan Wonosari untuk menuju Piyungan, sesampainya di Piyungan anda akan melewati Bukit Bintang.

Lalu arah Patuk dan Sambipitu, lalu arah Pemda kota Wonosari, begitu sampai bisa ambil arah Tepus – Menthel – Cabean lalu Bintaos.

Dari Bintaos anda akan sampai ke kantor kecamatan Tepus – desa Tepus – Gesing – Purwodadi Nah, dari Purwodadi anda sudah dekat dengan pantai Nglambor.

Arahkan kendaraan Anda ke simpang Nagun menuju jalan pantai Siung, kemudian ada tempat pengambilan retribusi.

Setelah membayar, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Nglambor yang berada di perempatan kedua.

Meski akses dan jalurnya sedikit sulit, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan dan keseruan objek wisata pantai ini.

Tarif masuk pantai ini sangat murah lho hanya Rp 5.000 per orang, sedangkan biaya parkir Rp 2.000, mobil Rp 5.000 dan bus wisata Rp 15.000

Dengan harga yang super murah tersebut, liburan pantai tidak perlu lama dan mahal untuk mendapatkan tempat wisata dan atraksi yang menarik, karena adanya berbagai wahana untuk objek wisata di pantai ini.

Aktivitas Seru di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor, GunungkidulPantai Nglambor, Gunungkidul

Panorama alam di pantai Nglambor sangat menarik dan indah. Namun tidak hanya itu, di pantai Nglambor pun terdapat banyak tempat wisata yang bisa anda nikmati bersama keluarga dan teman-teman. Atraksi apa saja yang ditawarkan di pantai gunungkidul ini?

Berikut daftar tempat wisata sobat :

Snorkeling

SnorkelingSnorkeling

Anda bisa langsung melihat biota laut berupa kerang dan berbagai jenis ikan laut yang khas. Walaupun ombak di pantai ini cukup besar, tapi snorkeling dilakukan di tempat yang aman sobat.

Tempat ini diapit oleh dua buah kerang besar yang seringkali terlihat seperti penyu raksasa yang menjaga pantai. Plus, peralatan snorkeling lengkap juga disediakan dengan harga sewa yang terjangkau.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan ini adalah berhati-hati jangan sampai menginjak terumbu karang karena jika diinjak dapat merusak terumbu karang.

menjelajahi pantai

Usai mencoba atraksi seperti snorkeling, Anda bisa berjalan-jalan santai menikmati keindahan pantai ini. Menyusuri pantai sambil bermain pasir diiringi deburan ombak kecil pasti sangat menyenangkan. Anda juga bisa singgah di pantai-pantai lain yang terletak di sebelah pantai ini.

mendaki gunung

Pantai Nglambor YogyakartaPantai Nglambor Yogyakarta

Lokasi pantai Nglambor yang memiliki banyak tebing dan perbukitan ini bisa dicoba sebagai wahana touring. Jika berhasil sampai di puncak, Anda bisa melihat pemandangan dari atas bukit, pemandangan area snorkeling, dua batu karang raksasa, dan pemandangan pantai. Serta sobat juga bisa melihat pemandangan pantai-pantai lain di sekitar pantai ini.

Berjemur dan berendam di air

Berjemur dan berendam di airBerjemur dan berendam di air

Pasir putihnya agak kasar dan ada beberapa penjual jajanan jadi kamu bisa lebih puas dimanjakan.

Ditambah lagi dengan tambahan hembusan angin yang sepoi-sepoi menjadi teman terbaik Anda untuk menikmati secangkir teh atau kopi yang nikmat.

fotografi bawah air

Terlihat kurang lengkap saat Anda menyelam, namun Anda tidak harus tampil gaya di depan kamera. Saat Anda sudah berada di laut, ingatlah untuk mengabadikan setiap momen indah. Anda bisa melakukan berbagai gaya di bawah laut, percayalah, ketika foto-foto itu diunggah ke jejaring sosial, teman-teman Anda akan kagum dan iri, ingin seperti ini juga. Jika anda mengambil Paket Snorkeling Pantai Nglambor, biaya sudah termasuk foto underwater.

Tips Wisata Pantai Nglambor

Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum datang ke pantai ini:

  • Bawa baju ganti.
  • Tanyakan terlebih dahulu kepada pengelola tentang berbagai topik, seperti waktu terbaik, visibilitas air yang ditentukan oleh pasang surut gelombang, dan tingkat kejernihan.
  • Jika anda berkunjung ke sini pada saat akhir pekan atau saat musim liburan sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu agar tidak kehabisan alat snorkeling, kecuali anda sudah memiliki alat snorkling sendiri tidak perlu menyewa alat snorkling disini .
  • Jika Anda datang ke sini pada akhir pekan atau berlibur, disarankan untuk memesan jauh-jauh hari agar tidak kehabisan perlengkapan menyelam. Jika Anda memiliki peralatan snorkeling sendiri, Anda tidak perlu membayar sewa peralatan, langsung saja bermain di pantai.

Menarik sekali sobat? Pokoknya wisata pantai nglambor ini sangat direkomendasikan untuk teman-teman sebagai destinasi wisata yang seru dan mempesona.

Kunjungi juga: Situs megalitik SOKOLIMAN Gunung Kidul

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button