Top 3 Berita Techno Hari Ini: 10 PTN Terbaik QS WUR 2023, Jayapura Aftershock - WisataHits
Jawa Barat

Top 3 Berita Techno Hari Ini: 10 PTN Terbaik QS WUR 2023, Jayapura Aftershock

Top 3 Berita Techno Hari Ini: 10 PTN Terbaik QS WUR 2023, Jayapura Aftershock

TEMPO.CO, jakarta – Top 3 Techno News hari ini diawali dengan topik QS World University Rankings (WUR), merilis daftar 10 besar perguruan tinggi negeri tahun 2023 jelang Seleksi Nasional Berbasis Merit (SNBP) dan Ujian Seleksi Nasional Bersama (SNBT).

Berita terpopuler kedua tentang gempa susulan Jayapura, Papua terus berlanjut sejak gempa utama, M4.9, yang kemudian diperbarui menjadi M5.4 pada 2 Januari 2023. Berdasarkan pantauan BMKG hingga pukul 06.00 waktu setempat pada Kamis pagi, 12 Januari 2023, telah terjadi 644 kali gempa di wilayah Kota Jayapura.

Selain itu, raksasa ponsel pintar Xiaomi dilaporkan sedang mengerjakan dua model mobil listrik, dengan model pertama ditetapkan untuk menantang sedan Model 3 Tesla. Media lokal di China, dengan nama kode Modena, melaporkan bahwa model EV pertama Xiaomi lebih besar dan lebih bertenaga dari sedan Tesla dan memiliki harga yang setara dengan mobil listrik P7 XPeng.

1. Ini adalah 10 besar universitas negeri di QS World University Rankings 2023

Menjelang Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Ujian Bersama (SNBT), QS World University Rankings (WUR) telah menerbitkan daftar 10 besar perguruan tinggi negeri tahun 2023.

Penilaian peringkat kampus didasarkan pada enam indikator, yaitu reputasi akademik; reputasi profesional; rasio dosen dan mahasiswa; publikasi ilmiah, penelitian dan kutipan; bagian dari siswa internasional; dan tokoh personel internasional.

Berikut 10 PTN Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2023:
1. Universitas Gadjah Mada
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Indonesia
4. Universitas Airlangga
5. Universitas IPB
6. Institut Teknologi Sepuluh
7. Universitas Padjajaran
8. Universitas Diponegoro
9. Universitas Brawijaya
10. Universitas Hasanuddin

2. Gempa susulan di Jayapura tembus 600 kali, gempa terakhir di Tanimbar

Gempa susulan di Jayapura, Papua terus berlanjut sejak gempa utama M4.9, yang kemudian diperbarui menjadi M5.4 pada 2 Januari 2023. Berdasarkan pantauan BMKG hingga pukul 06.00 waktu setempat pada Kamis pagi, 12 Januari 2023 telah terjadi gempa sebanyak 644 kali di wilayah Kota Jayapura.

“52 kejadian tersebut dirasakan oleh masyarakat,” kata BMKG melalui akun media sosialnya. Dari peta yang ditampilkan, sebagian besar pusat gempa susulan berada di laut. Jika dilihat dari grafik, sejak gempa utama terjadi telah ada Tanda-tanda tren atau penurunan frekuensi.

Masih di Papua, namun di lokasi berbeda, juga terjadi gempa bermagnitudo 4,9 pada Rabu 11 Januari 2023 pukul 14:59 WIB. Pusatnya ada di darat, di daerah Kirihi, Waropen. Kedalaman pusat gempa adalah 62 kilometer.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa berkekuatan sedang itu terjadi akibat aktivitas deformasi di Lempeng Papua. Efek guncangan paling kuat terjadi di Nabire, Papua Tengah, yang berskala MMI III atau dapat dirasakan seperti truk yang melintas di dalam ruangan.

3. Ini adalah mobil listrik pertama Xiaomi: kode, harga, dan fitur

Raksasa smartphone Xiaomi dilaporkan sedang mengerjakan dua model mobil listrik, dengan model pertama akan menantang sedan Model 3 Tesla. Media lokal di China, dengan nama kode Modena, melaporkan bahwa model EV pertama Xiaomi lebih besar dan lebih bertenaga dari sedan Tesla dan memiliki harga yang setara dengan mobil listrik P7 XPeng.

Rumor mengatakan bahwa Xiaomi juga merilis dua versi Modena. Yang pertama dibanderol mulai dari Rp 588,5-679,1 juta dan yang kedua mulai dari Rp 792,3 juta.

Versi pertama diperkirakan akan ditenagai oleh baterai lithium besi fosfat 400 volt untuk masyarakat umum. Versi ini juga akan mencakup serangkaian prosesor berlapis yang dikembangkan Xiaomi dengan perusahaan Jerman Continental. Termasuk jaringan kamera dan radar lima mmWave yang mirip dengan yang digunakan pada Li Auto ONE 2021, SUV Li Xiang. Lihat 3 berita tekno teratas lainnya hari ini di Tempo.co.

Membaca:
Top 3 Techno News Hari Ini: Isu Gempa dan Tsunami Laut Banda, Bibit Siklon

Selalu Memperbarui info terbaru. mendengarkan berita terkini dan pesan yang dipilih tempo.co di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Kamu harusUntuk memasang aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button