Pesona Air Terjun Bidadari, Surga Alam Tersembunyi yang Eksotis di Lahat - WisataHits
wisatahits

Pesona Air Terjun Bidadari, Surga Alam Tersembunyi yang Eksotis di Lahat

Pesona Air Terjun Bidadari, Surga Alam Tersembunyi yang Eksotis di Lahat
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Letnan Alamsyah, Karang Dalam, Kec. Pulau Penang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Pesona air terjun sebagai destinasi alam hingga kini masih diminati wisatawan lokal. Meski sosok-sosok tersebut sangat banyak ditemukan di berbagai penjuru, namun hal tersebut tidak menjadi antusiasme warga setempat. Salah satu dari sekian banyak destinasi yang indah adalah Air Terjun Bidadari Lahat yang sangat diminati wisatawan dari daerah Sumatera Selatan.

Dikenal juga dengan Air Terjun Ayek Asam, aliran air setinggi 30 meter ini jatuh dari atas tebing Sungai Asdam dan mengalir ke Sungai Lematang. Nama uniknya diadaptasi dari cerita rakyat yang menganggap pemandian ini pernah digunakan oleh bidadari.

Namun, Air Terjun Bidadari memiliki ukuran yang menakjubkan dan pemandangan yang indah. Di bagian bawah, aliran sungai memanjang sekitar 15 meter dengan bagian atas cenderung mengecil, hanya 10 meter. Dengan kondisi seperti ini, bisa dikatakan debit di daerah ini cukup deras.

Objek wisata air terjun Bidadari

Atraksi Angel FallsKredit gambar: Google Maps suara jiwa

1. Hutan Indah

Bagi para pencari petualangan atau yang ingin bernostalgia tentang masa kecilnya saat gadget belum lazim, berkunjung ke sini sangat direkomendasikan. Suasana hutan yang diserbu oleh berbagai tumbuhan liar, keadaan tanah saat fajar, atau suara binatang yang menemani sepanjang jalan akan membuat Anda bahagia.

Namun, ingatlah untuk menggunakan obat nyamuk jika Anda tidak ingin tubuh Anda gatal atau bentol. Selanjutnya kenakan baju lengan panjang, lalu ganti saat waktunya bermain di air.

2. Bukit yang Menawan

Ada tujuh puncak tempat air terjun di air terjun Bidadari. Masing-masing memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai dari 10 meter hingga 30 meter. Untuk mencapai puncak tertinggi yang menampilkan pemandangan air berarus deras dari ketinggian 30 meter ini, Anda harus berjuang naik turun bukit dan menyeberangi sungai.

Pengalaman ini tentu akan melelahkan, namun sekaligus menyenangkan. Jadi nikmati perjalanan sebaik mungkin meskipun Anda merasa ingin mengeluh dalam prosesnya. Toh, begitu Anda menginjakkan kaki di ikon utama, semua penat Anda dijamin akan sirna dan berubah menjadi keseruan.

Hati-hati, arus di air terjun cantik ini cukup deras, jadi hindari berada langsung di tengah jatuhnya air. Menyerap keberanian di kolam alami atau di sepanjang sungai yang mengalir, sama memukaunya.

3. Batu Eksotis

Di sekitar kawasan air terjun Bidadari banyak terdapat bebatuan, baik yang tersebar di antara pepohonan maupun di perairan. Kumpulan batunya berwarna abu-abu kehitaman dengan sebagian permukaannya ditumbuhi lumut.

Meski begitu, kondisinya terkesan eksotis, sehingga sangat cocok sebagai objek pemotretan. Berdirilah di atas batu besar, lalu mintalah salah satu teman Anda untuk memotret Anda.

Dalam situasi lain, ketika Anda merasa lelah naik turun bukit atau ingin istirahat ketika sudah sampai di air terjun utama, Anda bisa menjadikan batu sebagai tempat duduk. Akan lebih baik lagi jika dilengkapi dengan sebungkus makanan ringan atau minuman panas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Angel FallsKredit gambar: Google Maps Geri Ronaldo

Terletak di desa Karang Dalam, dibutuhkan setidaknya 45 menit berjalan kaki jika dimulai dari pusat desa itu sendiri. Posisi air terjun Bidadari memang berada di tengah hutan, sehingga untuk mencapai destinasi indah ini dibutuhkan tenaga ekstra. Meski begitu, tak perlu khawatir karena warga setempat siap memandu wisatawan.

Jarak Kabupaten Lahat sebagai wilayah administrasi tempat air terjun cantik ini berada adalah 16 km dari desa Karang Dalam. Beruntung kondisi jalan beraspal jadi tidak terlalu sulit.

Selain itu, jika Anda datang dari luar daerah dan berangkat dari kota Palembang, Anda harus menempuh jarak 231 km. Anda dapat menggunakan sepeda motor atau menyewa mobil dengan sopir. Mengingat perbedaan jarak yang jauh, disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil dan driver sekaligus untuk mengantar sampai tujuan.

Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan menawan di antara perkebunan kopi dan karet. Sebagai bentuk perlindungan, mungkin Anda menderita mabuk perjalanan, sebaiknya minum obat mabuk perjalanan sebelum mulai berkendara di kabupaten Pulau Pinang.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Wisata Alam Angel FallsKredit Gambar: Google Maps satria wijaya

Yang cukup mencengangkan, biaya masuk ke Air Terjun Bidadari hanya dipatok Rp 5.000 per orang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan akan meningkat jika arus wisatawan ramai di akhir pekan atau waktu liburan.

Selain itu, jadwal operasionalnya buka 24 jam sehari, sehingga pemudik bisa datang kapan saja. Tentunya, ini menjadi kabar baik bagi Anda yang memiliki kesibukan sehari-hari.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Bidadari

Aktivitas Seru di Air Terjun BidadariKredit gambar: Google Maps suara jiwa

1. Berburu foto keren

Berwisata di era digital seperti saat ini tidak akan sempurna tanpa berusaha mengabadikan momen. Ditambah lagi, keindahan alam di sepanjang air terjun yang memesona ini sangat memanjakan mata.

Anda bisa membawa perlengkapan fotografi terbaik atau hanya mengandalkan kamera smartphone beresolusi tinggi. Jika memungkinkan, cobalah berfoto sambil bermain di air, atau bahkan di kolam itu sendiri.

Di sisi lain, wisatawan juga memiliki pilihan untuk membuat video dokumenter atau sekadar merekam perjalanannya dari rumah. Pemandangan saat berkendara melewati kota Palembang menuju Kabupaten Lahat lalu tiba di desa Karang Dalam akan dihiasi dengan perkebunan dan persawahan, sehingga tidak begitu mengecewakan saat difilmkan.

2. Arung jeram

Kondisi fasilitas Air Terjun Bidadari memang terbatas, namun bukan berarti para pelancong tidak bisa menikmati wahana air sepuasnya. Anda bisa mempersiapkan diri di rumah dan mengambil kesempatan untuk melakukan body rafting di sungai yang megah ini.

Toh ukuran sungainya cukup lebar, sekitar 10 meter dari kiri ke kanan sehingga pergerakan tubuh lebih leluasa di awal body rafting. Ini adalah pengalaman yang menarik untuk menjelajahi perairan dengan mengandalkan anggota badan seperti dayung dan perahu.

Selain itu, jangan lupa kenakan jaket pelampung agar keselamatan Anda terjamin. Kemudian rekomendasi kegiatan seperti ini hanya disarankan bagi yang bisa berenang dengan baik. Hindari sikap sembrono seperti ikut arung jeram meski tidak bisa berenang karena akan membahayakan diri sendiri.

3. Berenang di kolam alami

Aktivitas Seru di Air Terjun BidadariKredit gambar: Google Maps suara jiwa

Berenang berarti Anda selalu membutuhkan bantuan pelampung, meskipun Anda tahu caranya. Aliran air di bathtub cantik ini cenderung deras, jadi ada baiknya Anda berjaga-jaga dengan sangat memperhatikan aspek keselamatan.

Setidaknya ada tiga kolam yang bisa Anda jelajahi dalam perjalanan menuju puncak Air Terjun Bidadari. Setiap kolam diberi makan oleh semburan air dengan ketinggian berbeda.

Dengan kata lain, wisatawan bisa memilih aliran mana yang ingin dinikmati. Ada tujuh puncak yang harus dilalui untuk menuju air terjun tertinggi, jadi bersiaplah. Bawalah air minum atau makanan manis sebagai hiburan saat menaklukan perjalanan atau sekedar pelepas dahaga saat dahaga melanda.

4. Bermalam di desa Karang Dalam

Jenis kegiatan ini sangat dianjurkan bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah, terutama di perkotaan. Suasana kota dengan segala hiruk pikuknya tentu sering membuat Anda pusing dan pusing bukan?

Luangkan waktu dan nikmati waktu luang di desa Karang Dalam. Adanya akomodasi memungkinkan pengunjung untuk tinggal setidaknya sehari, namun tentunya lebih lama dari itu tidak akan menjadi masalah.

Saat malam tiba, langit biasanya sangat ramai dimana Anda akan menemukan banyak bintang. Lokasi Desa Karang Dalam yang jauh dari ibu kota cenderung bebas polusi dan suasananya begitu asri. Maka dari itu, tidak jarang merasakan segarnya udara di kawasan ini sambil menyaksikan keindahan malam.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Memasang Air Terjun BidadariKredit gambar: Google Maps Geri Ronaldo

Dengan biaya retribusi yang relatif murah, Air Terjun Bidadari menyediakan fasilitas standar yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Walaupun lokasinya di perumahan, tapi masih lumayan lengkap kan? Dengan penataan seperti ini, setidaknya para pelancong akan melakukan persiapan terbaik sebelum memulai liburannya di sini.

Ada tempat parkir, musholla bahkan tempat ganti baju yang disiapkan warga setempat. Kemudian jika ingin mencari makan bisa membeli barang-barang di desa atau membawanya sendiri dari rumah. Di sisi lain, ketika sudah terlalu larut untuk pulang atau ingin menikmati destinasi ini lebih lama, ada juga penginapan yang murah.

Selama ini kondisi tempat pemandian kurang kondusif untuk menikmati segala macam fasilitas. Anda hanya akan menemukan pepohonan rindang, air terjun, bebatuan, tebing, dan kolam alami. Namun, orang tidak bisa berharap banyak ketika memutuskan untuk mengunjungi tengah hutan yang rimbun.

Air Terjun Bidadari merupakan pilihan wisata tersembunyi yang indah di Kabupaten Lahat. Meskipun ikon menakjubkan ini bukan satu-satunya bak mandi di area serupa, keberadaannya patut dipertimbangkan. Jika Anda suka berpetualang di perbukitan sambil melihat berbagai tumbuhan liar, rencanakan program liburan di sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button