Pulau Weh Sabang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan - WisataHits
wisatahits

Pulau Weh Sabang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Biaya Perjalanan

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Biaya – Pulau Weh adalah pulau kecil yang menawan di Laut Andaman, Sabang. Sebuah pulau yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan deretan pantai yang eksotis.

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp100.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pulau Weh adalah sebuah pulau yang terletak di ujung barat Indonesia. Pulau ini merupakan salah satu pulau utama dan terbesar di Sabang, dipisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggala. Karena berbatasan langsung dengan negara Malaysia, India dan Thailand, pulau ini dianggap unik oleh masyarakat Indonesia.

Di pulau ini, Anda akan menemukan tugu nol kilometer yang merupakan salah satu titik paling berharga di Indonesia karena kilometer Indonesia diukur dari tempat ini. Pulau ini memiliki air laut yang biru dan jernih, pemandangan yang indah dan pepohonan yang rindang. Untuk itu pulau ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan.

Meski Pulau Weh tidak seterkenal pulau-pulau lainnya, namun keindahan alam yang disuguhkan tak kalah mempesona dari pulau-pulau lainnya. Konon dulu, pulau ini berada di satu benua yang sama dengan pulau Sumatera. Namun, pulau ini dipisahkan oleh laut dan membentuk pulau sendiri akibat letusan gunung berapi.

Tempat Wisata Pulau Weh Sabang

Pemandangan Pulau Weh SabangKredit Gambar: Google Maps AM Chanel

Hal pertama yang terlintas di benak wisatawan tentang pulau ini adalah lokasinya yang berada di ujung barat Indonesia dengan monumen nol kilometernya yang terkenal. Pulau ini berbatasan langsung dengan 3 negara tetangga dan memiliki surga bawah laut serta pantai yang indah.

1. Memiliki monumen nilai sejarah

Pulau Weh memiliki sebuah tugu yang disebut tugu nol kilometer yang memiliki nilai sejarah. Tugu ini merupakan tugu bersejarah dan telah menjadi ikon Kota Sabang. Ketika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menerima sertifikat bahwa Anda telah tiba di ujung barat Indonesia. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata Kota Sabang.

2. Pulau Bersejarah

Pulau ini dianggap bersejarah karena terbentuk dari letusan gunung berapi. Awalnya, pulau ini adalah satu dengan daratan pulau Sumatera. Pulau ini hanya seluas 120,7 kilometer persegi dan membentang 15 kilometer (10 mil) ke ujung utara Pulau Sumatera. Meski luasnya tidak terlalu besar, pulau ini memiliki banyak gunung.

3. Dihuni oleh berbagai suku bangsa Indonesia

Sensus yang dilakukan pada tahun 1993 menunjukkan bahwa ada 24.700 orang yang tinggal di pulau ini. Mayoritas penduduk pulau ini adalah orang Aceh, yang lain adalah Cina, Batak, Minangkabau dan Jawa. Dengan beragamnya suku yang ada di pulau ini, Anda juga bisa menemukan berbagai adat dan budaya penduduk di sini.

4. Memiliki banyak pantai yang indah

Pulau Weh dikenal dengan banyak pantai eksotis yang dapat memanjakan pengunjung, seperti Pantai Iboih, Pantai Kasih, Tapak Gajah, Sumur Tiga, Anai Itam, Pantai Pasir Putih dan Pantai Ujung Kareung.

Alamat dan rute menuju lokasi wisata pulau Weh

Alamat Pulau WehKredit gambar: Google Maps Wahid Wahid

Akses menuju lokasi dapat dicapai dengan mudah melalui jalur udara, laut dan darat. Untuk akses melalui udara, Anda bisa terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur menuju Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) Banda Aceh. Perjalanan yang akan Anda lakukan dengan pesawat kurang lebih 2 jam.

Setelah mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), Anda bisa menyewa mobil dengan tarif sewa sekitar Rp100.000 untuk menuju Pelabuhan Ulee Lheue. Road trip ini akan mengajak Anda melewati gedung besar dan unik berwarna abu-abu Museum Tsunami Aceh.

Begitu sampai di pelabuhan Ulee Lheue yang tidak begitu besar namun ramai dengan penumpang, Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis angkutan feri yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke sana, yaitu kapal cepat kapal ekspres dan kapal lambat ASDP ke Pelabuhan Balohan Sabang.

Penyeberangan kapal cepat laut ekspres memakan waktu sekitar 45 menit, sedangkan penyeberangan kapal lambat ASDP lebih lama, sekitar 1 jam 45 menit. Anda yang memilih menggunakan speedboat harus dalam kondisi fisik yang prima karena kapal akan berguncang hebat selama perjalanan.

Biaya Perjalanan ke Pulau Weh Sabang

Biaya Perjalanan ke Pulau Weh SabangKredit gambar: Google Maps Dr Mahmoud Khalil

Pulau ini terletak di Sabang, Banda Aceh. Pulau ini terbuka untuk umum selama 24 jam dengan harga masuk maksimal Rp 100.000 per orang. Sebelum ke pulau ini sebaiknya perhatikan jadwal keberangkatan transportasi dan harga tiketnya.

Harga tiket pesawat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) Banda Aceh sekitar Rp 600.000, namun biasanya pada masa liburan harga tiket pesawat berlipat ganda.

Jadwal fast boat ekspres maritim dari Banda Aceh ke Sabang adalah pada pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB. Sedangkan dari Sabang ke Banda Aceh adalah pukul 08:00 dan 14:30 WIB. Harga tiket kapal cepat kelas eksekutif sea express adalah Rp 80.000 sekali jalan, sedangkan harga tiket kelas VIP Rp 115.000 sekali jalan.

Jadwal keberangkatan slow boat ASDP dari Sabang ke Banda Aceh adalah pada pukul 07:30, 10:30 dan 14:30. Sedangkan dari Banda Aceh ke Sabang adalah pada pukul 07:30, 10:30 dan 14:30. Harga tiket kapal lambat ASDP adalah Rp25.000 per orang belum termasuk asuransi. Jadwal keberangkatan kapal dapat berubah karena kondisi cuaca dan faktor lainnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Weh

Kegiatan menarik di pulau WehKredit gambar: Google Maps Iskandar Dinatasitepu

1. Kunjungi Monumen Nol Kilometer

Perhitungan jarak dan salib dimulai dari pulau ini. Tujuan dibangunnya tugu ini adalah sebagai lambang persatuan yang merupakan bukti bahwa Indonesia bersatu dari Sabang sampai Merauke. Monumen ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan. Tempat ini sangat cocok untuk menikmati sunset karena terletak di daerah pegunungan.

2. Jelajahi pantai-pantai di area pulau

Meski luas pulau ini hanya 120,7 kilometer persegi, Pulau Weh dikelilingi oleh beberapa pantai yang indah dengan keunikannya masing-masing. Beberapa pantai yang dimaksud adalah Pantai Iboih, Pantai Sumur Tiga dan Pantai Pasir Hitam. Semua pantai di pulau ini memiliki pasir yang bersih, air laut yang biru dan jernih, serta pesona bawah laut yang mempesona

Pantai-pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya, Pantai Iboih memiliki beragam terumbu karang dan biota laut yang menjadikannya tujuan snorkeling dan diving bagi wisatawan. Pantai Pasir Hitam memiliki pasir hitam dan berkilau saat terkena sinar matahari.

3. Kegiatan Snorkeling dan Menyelam

Pulau ini memiliki banyak spot diving yang tersebar di berbagai titik. Salah satunya adalah Taman Laut Pulau Rubiah. Luas taman laut ini lebih dari 2.500 hektar dan merupakan habitat berbagai biota laut seperti ikan tropis berwarna-warni, terumbu karang dan spesies yang jarang ditemukan.

4. Lakukan perjalanan perahu di sekitar pulau

Jika Anda tidak memiliki pengalaman snorkeling atau diving, Anda masih bisa menikmati pesona bawah laut dengan alternatif lain, yaitu naik perahu keliling pulau. Di pulau ini terdapat fasilitas perahu dengan permukaan kaca yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan bawah laut.

5. Nikmati memasak

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba mencicipi kelezatan kuliner khas Pulau Weh. Anda bisa bersantai di pantai dengan memesan es krim kelapa muda segar dan tidak lupa memesan rujak kuliner khas Sabang.

6. Keliling pulau dengan sewa motor

Anda juga dapat menjelajahi pulau ini tidak hanya dari perahu, tetapi Anda juga dapat menyewa sepeda motor untuk berkeliling pulau. Namun Anda harus berhati-hati karena banyak hewan berkeliaran di pulau cantik ini seperti monyet dan babi hutan.

7. Kunjungi situs bersejarah

Pulau ini menjadi tempat berlabuhnya Jepang saat menyerang Belanda. Kemudian dibangun benteng sebagai bentuk pertahanan setiap benteng. Hingga saat ini reruntuhan benteng yang masih utuh yang sebagian besar merupakan peninggalan pihak Jepang masih dapat Anda amati secara langsung.

Benteng Anoi Itam adalah salah satu benteng yang masih berdiri di Pulau Weh. Benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata tentara Jepang. Anda dapat menemukan meriam yang digunakan untuk terowongan bawah tanah di area ini. Anda juga dapat melihat pemandangan laut dan hutan dari area bertembok ini.

8. Menginap di area pulau

Pulau ini sudah maju dalam hal pengelolaan hostel dan resort. Ada banyak penginapan dan resort yang bisa kamu pilih selama menginap di pulau ini. Berbagai hostel dan resort, mulai dari yang eksklusif dengan harga yang relatif mahal hingga akomodasi sederhana dengan harga yang terjangkau, tersedia di pulau ini.

Akomodasi murah di sekitar Pulau Weh

Akomodasi murah di sekitar Pulau WehKredit gambar: Google Maps Furqan Ar-Rasyid

1. Surga Pulau Weh

Hostel ini terletak tepat di pantai. Anda akan langsung disambut dengan pemandangan pantai dan angin sepoi-sepoi saat membuka jendela kamar. Fasilitas Wi-Fi gratis tersedia di hostel ini. Bahkan ada taman dan barbekyu di sini. Ada juga fasilitas berupa antar jemput bandara dengan biaya tambahan.

2. Freddies Santai Sumurtiga

Hotel bintang tiga ini menawarkan panorama laut yang eksotis dari balkon kamar. Hanya berjarak sekitar 248 meter dari pantai Sumur Tiga. Fasilitas dan pelayanan hotel di sini sangat lengkap. Wifi gratis, taman, dan perpustakaan siap membantu Anda. Ada juga antar-jemput bandara berbayar serta transfer di dalam area hotel dengan biaya tambahan.

3. Bungalo & Restoran Olala

Hostel ini akan memiliki pemandangan laut dari atas. Bagian bawah penginapan ini hanya berisi penyangga bangunan, sedangkan kamar tidur berada di lantai atas. Dengan harga akomodasi per malam mulai Rp 240.000, Anda mendapatkan pemandangan yang menakjubkan selama menginap di sini. Restoran dan Wi-Fi gratis tersedia di hostel ini.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Weh Sabang

Fasilitas Pulau Weh di SabangKredit gambar: Google Maps Humada Alfian (Ardiansyah)

Fasilitas di pulau ini cukup lengkap, seperti persewaan transportasi laut berupa kapal cepat laut ekspres dan kapal lambat ASDP. Kemudian ada juga fasilitas berupa kendaraan dari pelabuhan menuju lokasi seperti tuk-tuk (delman) hingga taksi. Ada juga jasa pemandu wisata atau instruktur selam yang disertai dengan penyewaan peralatan menyelam yang lengkap.

Pulau Weh di Sabang mampu membuat Anda seketika melupakan beban kerja atau rutinitas sehari-hari dengan segala keindahan yang dimilikinya. Agar lebih puas menjelajahi pulau ini, Anda juga bisa menginap di hostel atau resort yang tersedia di area pulau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button