15 Tempat Wisata Pontianak Dekat Kawasan Ambawang, Simak Rekomendasi Terbaru Ini - WisataHits
wisatahits

15 Tempat Wisata Pontianak Dekat Kawasan Ambawang, Simak Rekomendasi Terbaru Ini

15 Tempat Wisata Pontianak Dekat Kawasan Ambawang, Simak Rekomendasi Terbaru Ini

Pulau Kalimantan memiliki pesona tersendiri, termasuk kota Pontianak. Ibukota Kalimantan Barat ini dikenal karena dilintasi garis khatulistiwa dan sungai Kapuas dan Landak.

Ada berbagai tempat wisata yang ditawarkan kota ini mulai dari wisata alam, sejarah dan lain-lain. Di sini kita tidak membicarakan tempat-tempat angker, melainkan tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi.

Jika Anda tidak berani ke sana sendirian, Anda bisa menghubungi agen perjalanan untuk melihat paket perjalanan ke tempat ini. Berikut rangkaian daftarnya tempat wisata di Pontianak dan sekitarnya dengan deskripsi dan foto objek.

1. Taman Alun-Alun Kapuas❤️

Foto oleh @bhaktipurnama

Alamat: Jalan Rahadi Usman, Tengah, Pontianak, Kalimantan Barat
Untuk mengkoordinasikan: klik disini
Jam operasional: 05.00 – 22.00
Telepon: 0896-6891-0320

Taman Alun-alun Kapuas berada di tengah kota. persegi itu adalah sebuah proyekKota di tepi air‘. Letaknya di tepi Sungai Kapuas, seberang kantor Walikota Pontianak.

Taman ini memiliki desain yang ditata dengan baik. Masyarakat menjadikannya sebagai tempat rekreasi. Ada air mancur yang terlihat memukau dan replika Tugu Khatulistiwa.

Datang ke Pontianak kurang lengkap jika tidak berkunjung ke sini, apalagi lokasinya yang strategis yaitu di Jalan Rahadi Usman, Tengah.

2. Museum Tugu Khatulistiwa❤️

Foto oleh @chachacillas

Lokasi: Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak Utara, Batu Layang
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Jam operasional: 08.00 – 16.30
Telepon: (0561) 881643

Tugu Khatulistiwa didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Spot ini menandai letak nol derajat di garis khatulistiwa. Setiap 21-23 Maret dan 3 September, Hari Tertinggi Matahari dirayakan di sini.

Saat itu, benda-benda yang berdiri di sekitar tugu khatulistiwa tidak memiliki bayangan. Di dalam tugu terdapat beberapa koleksi yang berkaitan dengan sejarah tempat ini.

Ada monumen asli yang pertama kali diletakkan di tengah ruangan. Koleksi lainnya berupa benda-benda fotografi dan teks-teks yang menjelaskan Monumen Ekuador.

3. Museum Kalimantan Barat❤️

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan
Untuk mengkoordinasikan: klik disini
Tarif: Rp 3.000 per orang
Jam operasional: Sabtu, Minggu/Libur (08.00 – 14.00), Selasa – Kamis (08.00 – 15.00), Jumat (08.00 – 11.00, 13.00 – 15.00)

Museum Kalimantan Barat menyimpan artefak sejarah di provinsi Kalimantan Barat. Beberapa peninggalan yang dipamerkan berasal dari beberapa suku yang tinggal di Kalimantan Barat, misalnya suku Melayu, Dayak, dan Tionghoa.

Ada 3 hall yaitu Hall Pengenalan, Hall Kebudayaan Kalbar dan Hall Keramik. Selain memamerkan benda-benda, berbagai kegiatan sering diadakan di museum ini, seperti penyuluhan, survei, ceramah, lokakarya, diskusi, lomba dan lain-lain.

4. Masjid Agung Mujahidin❤️

Foto oleh @veraayanuarr_

Lokasi: Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kel. Akcaya, Kec. Pontianak Selatan
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Telepon: (0561) 732093

Masjid Agung Mujahidin yang terletak di tengah Kota Pontianak ini megah dan mampu menampung hingga 9.000 jamaah. Halaman luar dapat menampung kurang lebih 1.600 mobil.

Memiliki bangunan yang sangat megah, Masjid Mujahidin sering dijadikan sebagai tempat wisata religi bahkan menjadi pusat studi Islam di Pontianak.

5. Istana Kadriah❤️

Foto oleh @pontinesia

Alamat: Jl. Tanjung Raya No.1, di Bugis, Pontianak Timur
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini

Keraton Kadriah bisa menjadi tujuan wisata bersejarah saat berkunjung ke Pontianak. Istana ini dibangun pada tahun 1771 oleh Syarif Abdurrahman Aladrie dari Kerajaan Mempawah dan hingga kini bangunan tersebut masih berdiri megah.

Letaknya di dekat pertemuan tiga sungai, yaitu Sungai Landak, Kapuas Kecil dan Kapuas Besar. Dari luar terlihat mencolok karena berwarna kuning keemasan. Istana ini dibangun dari kayu pilihan. Tak jauh dari situ terdapat Masjid Jami Sultan Abdurrahman.

6. Taman Fantasia Kalimantan Barat❤️

Lokasi: Jl. Ahmad Yani 2 / Arteri Supadio, Arang Limbung, Pontianak
Untuk mengkoordinasikan: klik disini
Tiket masuk: Rp 25.000 per orang
Telepon: (0561) 6726430

Penawaran Taman Fantasia jet air yang cukup lengkap. Tak hanya tempat berenang, pengelola juga memiliki akomodasi dan resort. Bagi mereka yang menginginkan perjalanan terorganisir yang lengkap, Anda dapat mengunjungi Resor dan Spa Gardenia.

7. Kolam Muara Kapuas❤️

Foto oleh @waterparkmuarakapuas

Alamat: Sungai Beliung, Pontianak Barat
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Tarif: Rp 15.000 per orang
Jam operasional: 10 pagi – 5 sore, Jumat 1 siang – 5 sore

Kolam ini terletak di tepi Sungai Kapuas jet air terbesar di Pontianak. Tempat yang dibangun pada tahun 2012 ini baru dibuka pada tahun 2015. Terdapat dua kolam utama dengan kedalaman yang berbeda.

Kolam renang anak pertama dilengkapi dengan 3 perosotan dan ember tumpah. Kolam kedua memiliki kedalaman 1,5 meter khusus untuk orang dewasa. Selain berenang, pengunjung dapat berkeliling di sekitar sungai.

8. Taman Akcaya❤️

Foto oleh @baka.neko.baka

Lokasi: Jalan Sultan Syahrir, Akcaya, Kota Pontianak
Untuk mengkoordinasikan: klik disini

9. Taman Digulis❤️

Foto oleh @pontinesia

Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.110F, Tenggara Pontianak, Bansir Laut
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Jam operasional: 08.00 – 09.00

Taman ini terletak di bagian tenggara tugu Digulis yang merupakan bangunan untuk memperingati para pahlawan. persegi itu sering dikunjungi oleh penduduk hanya untuk Santai atau berolahraga.

Sering dijadikan arena atraksi sepeda BMX, taman ini semakin ramai. Pohon yang ditanam di sana berasal dari Kalimantan Barat seperti Tengkawanng, Belian, Pelaik dan lain-lain.

10. Wisata Nusantara❤️

Lokasi: Pasir, Mempawah Hilir, Pontianak
Untuk mengkoordinasikan: klik disini
Tiket masuk: Rp 10.000 per orang
Jam operasional: 08.00 – 22.00
Telepon: 0811-5669-600

Wisata Nusantara merupakan tempat rekreasi berupa pantai yang terletak di Mempawah, Pontianak. Saat liburan, berbagai permainan dibuka di sini, antara lain kolam renang, kolam pemancingan, bebek, sepeda motor roda 4, lompatan boogeydan lain-lain.

Bagi yang ingin bermalam, tidak perlu khawatir karena disekitarnya persegi Ada struktur hotel atau akomodasi. Dengan demikian, pengunjung bisa datang hingga gelap.

11. Pantai Kijing❤️

Foto oleh @wonderfulkalbar

Alamat: Sungai Kunyit Laut, Pontianak
Untuk mengkoordinasikan: klik disini
Tarif: Rp 5.000 per orang

Pantai Kijing sudah lama menjadi objek wisata terkenal di Pontianak. Pantai pasir putihnya yang landai mampu menarik banyak pengunjung.

Lokasinya dapat dilihat dari jalan raya, memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Pontianak. Pantai ini dulunya merupakan habitat hutan alami bakau.

12. Danau Biru❤️

Foto oleh @jalanjalan_kalbar

Lokasi: Wonosari, Roban, Singkawang Timur, Pajintan, Kalimantan Barat
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Telepon: 0813-4521-1234

Telaga Biru berjarak 6 km dari pusat kota Singkawang. Bentang alam dengan danau biru yang indah dan pegunungan Pasi Raya akan menyambut wisatawan

Sebelumnya, kawasan ini merupakan bekas tambang emas ilegal. Orang biasanya datang sore atau pagi hari. Selain warna airnya yang biru, terdapat gundukan pasir dan bebatuan yang terbentuk akibat air hujan.

Wisatawan harus berhati-hati karena dikhawatirkan air di danau tersebut berbahaya bagi tubuh, sehingga tidak diperbolehkan untuk mandi di dalamnya. Namun bagi yang mencari pemandangan indah, Anda bisa berkunjung ke sini.

13. Pantai berpasir yang panjang❤️

Alamat: Singkawang, Kalimantan Barat
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini
Tarif: Rp 15.000 – 25.000 per orang

Pantai Pasir Panjang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang. Dinamakan demikian karena membentang sejauh 3 kilometer. Dari sini, wisatawan bisa menikmati panorama laut yang indah dan beberapa pulau yang dibatasi oleh perairan Laut Natuna.

Ombak di pantai ini cukup besar sehingga cocok untuk berselancar. Wisatawan juga bisa memancing karena ada banyak ikan di sana. Namun, harga tiket masuknya cukup mahal dibandingkan dengan wisata pantai lainnya.

14. Air Terjun Riam Merrap ❤️

gambar Oleh @pesonaairterjunindonesia

Lokasi: Desa Batang Air, Sahan, Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini

Air terjun Riam Merrap memiliki tinggi 20 meter dan lebar 8 meter. Di dekatnya ada air terjun bernama Riam Naik Kubik setinggi 8 meter.

Selain sebagai tempat wisata, air terjun ini juga dimanfaatkan sebagai sumber listrik. Ada beberapa fasilitas seperti kantin, penginapan, toko souvenir, arung jeram dan lain-lain yang memang sengaja disediakan untuk memanjakan pengunjung.

15. Hutan/Pegunungan Sungai Ambawang❤️

Alamat: Kubu Raya, Kalimantan Barat
Untuk mengkoordinasikan: Klik disini

Hutan dan pegunungan di Kabupaten Sungai Ambawang bisa menjadi alternatif pilihan wisata. Akses jalan dipermudah sehingga tidak terlalu sulit untuk mencapai lokasi.

  • Apakah Anda punya rekomendasi lain?? Komen di bawah ya guys!
  • Catatan: Semua data di atas adalah data terbaru pada saat pembuatan artikel ini. Jika ada perubahan terbaru yang Anda ketahui, beri tahu kami agar dapat segera diperbaiki.

Bagi Anda pemilik bisnis dan ingin disertakan dalam artikel di atas, silahkan isi kolom komentar. Lengkap dengan informasi:

Source: jejakpiknik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button