Pertamina dukung 25 desa energi mandiri - WisataHits
Yogyakarta

Pertamina dukung 25 desa energi mandiri

Pertamina dukung 25 desa energi mandiri

tanpa judul

Krjogja.com – JAKARTA – Pertamina menyalurkan bantuan kepada 25 desa energi mandiri untuk mendukung gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dukungan yang diberikan Pertamina merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan kembali kepada masyarakat, yang kali ini disalurkan sebesar Rp 5,6 miliar untuk mendukung 25 desa energi mandiri di 12 provinsi Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina mendukung pengembangan desa energi mandiri untuk mengoptimalkan penggunaan sumber energi yang ada di desa untuk kemandirian masing-masing desa. Masyarakat di desa-desa tersebut diajak untuk menggunakan energi bersih seperti solar, biogas, mikrohidro, biodiesel dan angin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga desa bisa tumbuh mandiri dan ekonominya juga tumbuh

“Jadi selain mengidentifikasi, kita bantu, kita kembangkan dan kita sediakan sarananya. Kami berharap konsep kemandirian energi ini tidak hanya dilaksanakan secara besar-besaran, tetapi juga harus dimulai dari desa-desa,” kata Nicke melalui email, Kamis (12/1/2022).

Nieke menyampaikan, Petamina juga membuat masyarakat di desa-desa mandiri energi menjadi mandiri secara ekonomi. Masyarakat mendapatkan pelatihan tentang cara mengolah sumber daya alam, termasuk limbah, menjadi barang bernilai ekonomi. Pertamina melatih masyarakat desa untuk mengolah enceng gondok menjadi kerajinan tangan, kursi sofa dan produk kerajinan lainnya.

“Pertamina juga membantu mengubah kawasan desa menjadi ekowisata yang ramah lingkungan. Semuanya menggunakan energi yang bersih dan bebas emisi. Selain desa energi mandiri, Pertamina membantu konservasi penyu di Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Pertamina juga menyiapkan suaka wisata penyu pada 2021, yang akan dikembangkan lebih lanjut pada 2022 dengan pengembangan wisata edukasi. “Pertamina terus melakukan program animal welfare. Sekarang ada 60 program dan 260 spesies hewan yang kita lindungi. Karena jika kita tidak melakukan itu, kita akan menghadapi kepunahan,” kata Nicke. (ira)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button