Perluasan kemitraan sektor ekonomi kreatif, Indonesia dan Belanda menjalin kerjasama - WisataHits
wisatahits

Perluasan kemitraan sektor ekonomi kreatif, Indonesia dan Belanda menjalin kerjasama

Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjalin kerja sama dengan pemerintah Belanda dengan tujuan untuk memperluas kemitraan di bidang ekonomi kreatif.

Penandatanganan kerjasama (MoU) dilakukan antara Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda Gunay Uslu di Aula Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kamis (15/9/2022) .

Indonesia dan Belanda Jalin Kerjasama Perluas Kemitraan Sektor Ekonomi KreatifIndonesia dan Belanda menjalin kerja sama untuk perluasan kemitraan di sektor ekonomi kreatif, foto: Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga mengatakan, penandatanganan MoU ini akan mendorong kerja sama yang lebih luas antara kedua negara di berbagai sektor ekonomi kreatif.

Dari kuliner, arsitektur, desain (fashion, desain produk dan desain interior), audiovisual (film dan musik), televisi dan radio, media baru (pengembangan game, aplikasi, over the top (OTT), transformasi digital) dan penerbitan.

“Saya sangat senang bahwa setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kita telah menandatangani perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kerajaan Belanda dan Pemerintah Indonesia di bidang ekonomi kreatif”,

kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan bertindak cepat untuk menindaklanjuti kerjasama ini dengan memimpin kelompok kerja yang awalnya akan fokus pada pengembangan subsektor bioskop, game, dan gastronomi.

“Kami segera bertindak cepat dalam membahas potensi tindak lanjut di bidang film, game, dan juga kuliner.

Terobosan dalam hal teknologi di mana kita dapat menjadikan Amsterdam dan Jakarta sebagai hub Eropa dan Asia untuk pengembangan beberapa inisiatif di sektor ekonomi kreatif”,

kata Sandiaga.

Ia juga berharap melalui kerjasama ini dapat membantu pencapaian target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru pada 2024.

“Misalnya melalui bioskop, di mana sektor ini dalam satu produksi bisa menghadirkan banyak lapangan pekerjaan.

Kami menargetkan untuk menciptakan 1,1 juta pekerjaan baru tahun ini dan berharap 700.000 di antaranya akan datang dari sektor ekonomi kreatif, ”

kata Menparekraf Sandiaga.

Tidak hanya di sektor ekonomi kreatif, kerjasama ini juga harus meningkatkan potensi pariwisata dan mengundang lebih banyak wisatawan Belanda ke Indonesia.

“Bukan hanya ekonomi kreatif, tapi juga pariwisata yang bisa kita kerjasamakan.

Kami ingin lebih banyak lagi kunjungan wisatawan dari Belanda nanti untuk heritage-based tourism atau wisata berbasis sejarah,”

kata Sandiaga.

Sekretaris Negara Belanda untuk Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan, Gunay Uslu, menyambut baik kerjasama tersebut dan berharap penandatanganan MoU ini akan semakin mempererat hubungan dan kemitraan antara Indonesia dan Belanda.

Ia melihat besarnya potensi dan energi generasi muda Indonesia untuk tumbuh bersama mengembangkan sektor ekonomi kreatif.

“Saya sangat senang berada di sini dan menandatangani MoU ini agar kita bisa membuat rencana untuk menjajaki masa depan dan masa kini.

Indonesia memiliki banyak ahli, terutama di bidang perfilman dan desain, yang memungkinkan kita untuk bekerja sama.

Saya yakin Indonesia dan Belanda benar-benar bisa saling belajar dari pengalaman dan perspektif masing-masing,”

kata Gunay Uslu.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button