Peristiwa Porda dan Peparda bangunkan sektor ekonomi • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Peristiwa Porda dan Peparda bangunkan sektor ekonomi • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kegiatan Porda XVI dan Peparda III DIJ 2022 berhasil merevitalisasi perekonomian di Kabupaten Sleman. Rata-rata peningkatan pendapatan pelaku UMKM sebesar 30 persen.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan 117 UMKM terlibat di dua tempat tersebut. Yakni Stadion Maguwoharjo dan Balai Kota Sleman (SCH). “Ekonomi pelaku UMKM yang terlibat mengalami peningkatan rata-rata 30 persen di atas kondisi normal,” katanya kemarin (7/9).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan, total pendapatan yang dihasilkan pada acara pembukaan khusus di Stadion Maguwoharjo itu mencapai Rp 267 juta. Jumlah itu belum termasuk acara penutupan: “Baik (UMKM, catatan redaksi) di dalam dan di luar stadion,” ujarnya.
Menurutnya, perbaikan ekonomi tidak hanya bisa dilihat pada pameran dagang UMKM.

Tetapi juga efek multipemain di sektor lain. Ini termasuk akomodasi, atlet dan makanan dan minuman resmi, dan transportasi. “Tidak bisa diukur dengan angka nominal, tapi ini trek yang luar biasa. Bahkan hotel dan restoran pun menikmati acara Porda dan Peparda karena berada di Kabupaten Sleman,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Biro Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Yazid mengatakan tren kunjungan wisatawan semakin meningkat. “5-10 persen di destinasi wisata. Banyak dari Jawa Tengah menghadiri pembukaan. Harapannya wisuda juga tidak kalah seru,” ujarnya.

Kedepannya, Ishadi berharap event olahraga bisa dijadikan peluang untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Terutama wisata minat khusus. “Ke depan kami akan mempromosikan wisata olahraga di Kabupaten Sleman,” tambahnya. (lan/eno)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button