5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan! - WisataHits
Yogyakarta

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!

Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi pilihan wisata. Yogyakarta dikenal sebagai daerah yang indah dan tak terlupakan. Tidak hanya tempat liburan, Yogyakarta juga memiliki berbagai jenis kuliner yang ditawarkan.

Tidak berlaku jika Anda tidak pergi ke Yogyakarta untuk berburu kuliner. Ada banyak kuliner khas Yogyakarta yang enak dan bikin ketagihan. Yuk intip kuliner khas Yogyakarta untuk dinikmati saat berlibur!

1. Gudeg

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!Ilustrasi gudeg di Yogyakarta (instagram.com/jogjaseni)

Gudeg adalah salah satu makanan yang wajib dicoba saat liburan di Yogyakarta. Gudeg terbuat dari nangka muda dan dimasak dengan santan. Proses pembuatannya dilakukan dengan pengadukanhaungudek), sehingga istilah “Gudeg” seolah menamai masakan tersebut.

Gudeg Yogyakarta terdiri dari gudeg kering dan basah. Olahan nangka muda memiliki rasa yang manis. Gudeg memiliki kenampakan berwarna coklat. Tertarik mencoba gudeg?

2. Sate klathak

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!Ilustrasi Sate Klathak (instagram.com/jogjabikinlaper)

Sate adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba. Sate klathak khas Yogyakarta merupakan kuliner yang banyak diburu. Sate klathak dari kambing muda diolah dengan cara dibakar. Selama proses pembakaran, sate klathak hanya dibumbui dengan garam dan menjadi monokromatik.

Nama Sate Klathak berasal dari kata “klathak” yang berarti garam yang ditaburkan di atas daging kambing muda. Rasa sate ini enak dan tidak kalah dengan rasa sate biasa lho.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Kopi di Sekitar Tugu Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba!

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

3. Brosur

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!Ilustrasi brongko Yogyakarta (instagram.com/hnrtourtravel)

Brongkos adalah olahan sayur yang terbuat dari daging sapi, terutama dari brisket atau brisket bagian bawah. Racikan sayur ini menggunakan keluak sebagai bumbu sehingga sayurnya berwarna gelap dan memiliki aroma yang khas.

Penjual Sayur Brongkos yang terkenal di Yogyakarta ini terletak di kawasan Alun Alun selatan Keraton Yogyakarta dan di kawasan Sleman. Rasa sayuran ini gurih, tajam, dan sedikit manis. Jangan lupa untuk mencobanya!

4. Apem

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!Ilustrasi Kue Apem (instagram.com/yusrisalaprianti)

Selain makanan berat, kuliner yang wajib dilakukan saat liburan di Yogyakarta adalah hal yang wajib dilakukan. Apem adalah salah satu kue basah khas Yogyakarta. Apem biasanya dijual di pasar tradisional di Yogyakarta. Apem memiliki rasa manis dan gurih saat dikonsumsi. Cobalah kue basah ini untuk melengkapi wisata kuliner Anda!

5. Wedang ronde

5 rekomendasi kuliner khas Yogyakarta yang pasti bikin ketagihan!Ilustrasi penjual Wedang Ronde (instagram.com/jogjaku)

Jika Anda beralih dari makanan, Anda harus mencoba minuman ini juga. Wedang Ronde adalah campuran tangyuan ala Indonesia dengan saus jahe dan gula.Tangyuan terbuat dari tepung beras ketan dengan atau tanpa isian. Minuman ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin.

Bagaimana? Yogyakarta sangat menarik dari segi kuliner bukan? Saat berlibur di Yogyakarta, jangan lupa untuk mencoba kuliner-kuliner di atas. Anda harus mencoba kuliner ini untuk melengkapi liburan Anda. Selamat berlibur!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button