Perhatikan bahwa ini adalah 15 cara alami menghilangkan jerawat - WisataHits
Informasi

Perhatikan bahwa ini adalah 15 cara alami menghilangkan jerawat

DAFTAR ISI

  1. Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami
  2. Rekomendasi dokter untuk mengatasi jerawat

HalodokHalodoc, Jakarta – Jerawat merupakan suatu kondisi kulit yang terjadi ketika folikel kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ini adalah kondisi yang umum terjadi, terutama pada masa remaja.

Banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan jerawat. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, genetika, pola makan, gaya hidup tidak sehat, makanan yang dikonsumsi, perubahan hormonal dan infeksi kulit.

Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat?

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

Setiap pori-pori terhubung ke kelenjar sebaceous yang menghasilkan zat berminyak atau sebum. Sebum berlebih dapat menyumbat pori-pori dan meningkatkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Ketika bakteri penyebab jerawat muncul, sel darah putih menyerang dan menyebabkan peradangan kulit berupa jerawat. Selain jerawat, masalah ini juga bisa ditandai dengan terbentuknya komedo.

Kabar baiknya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.

1. Putih telur

Proteinnya mengandung: Enzim lisozim. Enzim jenis ini mampu menyembunyikan bekas jerawat kemerahan, menghilangkan komedo, dan menghaluskan struktur wajah.

Untuk menggunakannya, Anda bisa memisahkan putih telur dari kuningnya dan mencampurkannya dengan jus lemon.

Oleskan pada wajah seperti masker dan diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi alami yang dapat mengurangi dan mencegah munculnya jerawat. Terdapat juga molekul gula, asam amino, dan zinc yang dapat melembabkan kulit.

Studi Efektivitas terapi jerawat non-obat baru: Gel lidah buaya dikombinasikan dengan USG dan masker lembut untuk mengatasi jerawat wajah ringan hingga parah, yang diterbitkan batasan dalam bidang kedokteran, menemukan bahwa menggunakan lidah buaya sebagai masker dapat mengurangi jumlah jerawat dan kulit kering.

Pengoperasiannya juga cukup sederhana. Pertama, bersihkan area yang terkena. Kemudian oleskan selapis tipis gel lidah buaya dan diamkan selama 10-15 menit. Untuk hasil maksimal, gunakan 2 kali sehari.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat lidah buaya, Anda bisa membaca artikel tentang “Inilah 9 Manfaat Besar Lidah Buaya untuk Kulit Wajah”.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung belerang yang memiliki sifat anti inflamasi. Zat ini mampu meredakan peradangan jerawat serta membantu mengurangi kemerahan, bengkak, dan nyeri yang ditimbulkannya.

Caranya sederhana: pertama potong bawang putih menjadi kecil-kecil. Lalu tempelkan pada bagian jerawat atau bekas lukanya. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menerapkan rangkaian tersebut dapat menyebabkan munculnya jerawat Perawatan kulit salah. Anda dapat mengetahui urutan yang benar di sini: Di ​​sini Anda akan menemukan langkah-langkah perawatan dasar dan rekomendasi produk

4. Jus lemon

Lemon mengandung asam askorbat tingkat tinggi yang efektif menghilangkan jerawat membandel. Bahan ini mengandung antioksidan kuat yang membantu mencegah rasa berat dan mempercepat proses penyembuhan.

Pertama, bersihkan seluruh area wajah. Peras satu buah lemon dan gunakan airnya sebagai masker. Diamkan selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil maksimal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat jus lemon lainnya, baca artikel “Benarkah Air Lemon Bermanfaat untuk Mengobati Penyakit Ginjal?”

5. Mentimun

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami selanjutnya adalah timun. Mengandung banyak antioksidan, vitamin dan asam amino yang dapat menghilangkan dan meredakan peradangan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengoleskan masker mentimun pada wajah selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

6. Sayang

Madu memiliki sifat antibakteri alami karena mengandung hidrogen peroksida. Kandungan tersebut dapat membantu membunuh bakteri yang berperan dalam penyebab jerawat, seperti: Propionibacterium jerawat.

Untuk menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda. Lalu oleskan madu ke seluruh wajah Anda. Diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Manfaat madu lebih lengkap dapat Anda telusuri lebih detail pada artikel : Mengenal Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan Tubuh

7. Cuka sari apel

Cuka apel mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan bola kapas dan biarkan selama 5 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Jangan biarkan terlalu lama di kulit wajah Anda. Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat menyebabkan iritasi dan merusak lapisan pelindung kulit.

menggunakan Perawatan kulit Hal yang salah menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Bagi pemilik kulit sensitif, inilah bahan perawatan kulit untuk kulit sensitif yang sebaiknya dihindari.

8. Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang mampu menghilangkan jerawat secara alami. Buah ini tidak hanya mengandung zat anti inflamasi, tapi juga efektif mengecilkan ukuran pori-pori di wajah.

Anda bisa melakukannya dengan mengoleskan potongan tomat secara merata ke seluruh wajah Anda. Kemudian biarkan selama 15,20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

9. Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Minyak kulit berlebih dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami. Pertama, tumbuk pepaya dan oleskan ke seluruh wajah Anda. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

10. Alpukat

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat dengan mengoleskan alpukat sebagai masker wajah. Mengandung vitamin E, yang mengurangi peradangan kulit.

Caranya, haluskan alpukat lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Anda bisa mencampurnya dengan madu. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

11. Jangan menyentuh jerawat

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menghindari menyentuh bagian jerawat. Sebab kebiasaan ini bisa mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

Menyentuh atau memencet luka jerawat juga dapat membuat lebih banyak bakteri masuk ke dalam lesi dan menyebabkan infeksi lebih lanjut. Hal ini dapat menyebabkan jerawat menyebar dan memburuk.

12. Tetap terhidrasi

Menjaga asupan cairan tubuh merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Sebab saat kulit kering, kulit bisa mengalami iritasi atau rusak sehingga memperparah jerawat.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat memastikan sel-sel kulit baru berkembang dengan baik selama proses penyembuhan luka.

Asupan umumnya adalah 2-3 liter per hari. Anda bisa menyesuaikannya dengan aktivitas sehari-hari.

Setelah peradangan jerawat membaik, Anda akan dihadapkan pada flek hitam yang sulit dihilangkan. Cara mengatasinya bisa Anda ketahui di sini: Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

13. Minyak pohon teh

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan minyak pohon teh. Ini adalah minyak esensial yang diekstrak dari daunnya Melaleuca alternifolia dari Australia.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh pada kulit dapat mengurangi jerawat. Efektivitasnya jauh lebih baik dibandingkan menggunakan benzoil peroksida.

Menggunakan minyak pohon teh dapat meminimalkan risiko kulit kering dan iritasi. Minyak esensial ini juga bisa menjadi pengganti antibiotik topikal dan oral yang efektif untuk mengatasi jerawat membandel.

14. Teh hijau

Teh hijau merupakan cara menghilangkan jerawat selanjutnya dengan bahan alami. Kandungan antioksidannya sangat tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan jerawat.

Studi Teh hijau dan polifenol teh lainnya: efek pada produksi sebum dan acne vulgaris, yang diterbitkan Antioksidan menemukan bahwa polifenol dalam teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Keduanya merupakan penyebab utama timbulnya jerawat.

Untuk menghilangkan jerawat, Anda bisa mengonsumsi 1.500 mg ekstrak teh hijau setiap hari. Lakukan ini setiap hari selama 4 minggu berturut-turut.

15. Kelola stres

Cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat yang terakhir adalah dengan mengatasi stres. Akademi Dermatologi Amerika mencantumkan stres sebagai kemungkinan penyebab jerawat.

Stres menyebabkan peningkatan kadar hormon androgen. Androgen merangsang folikel rambut dan kelenjar sebaceous di pori-pori, sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Kiat manajemen stres meliputi:

  • Tidur yang cukup.
  • Makan makanan sehat.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein.
  • Berlatih pernapasan dalam, yoga, atau meditasi

Rekomendasi dokter untuk mengatasi jerawat

Jika bahan alami tersebut tidak berhasil, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Di bawah ini beberapa dokter yang dapat Anda hubungi untuk meminta nasihat dalam mengobati jerawat:

Jika dokter tidak tersedia atau luring, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatur janji konsultasi di lain waktu Halodok.

Ditambah lagi, dapatkan saran kesehatan kulit yang komprehensif, mulai dari konsultasi dengan dokter kulit hingga produk kulit yang aman dan berkualitas di Halodoc. ✔️ Klik pada gambar di bawah ini.

Periksa kesehatan kulit

Referensi:

Berita Medis Hari Ini. Diakses pada tahun 2024. Lima belas pengobatan rumahan untuk jerawat.

Garis Sehat. Diakses pada tahun 2024. 13 pengobatan rumahan yang efektif untuk jerawat.

Antioksidan. Diakses pada tahun 2024. Teh hijau dan polifenol teh lainnya: efek pada produksi sebum dan jerawat vulgaris.

Batasan dalam kedokteran. Diakses tahun 2024. Efektivitas terapi jerawat non-obat baru: Gel lidah buaya dikombinasikan dengan USG dan masker lembut untuk pengobatan jerawat wajah ringan hingga parah.

Source: https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-15-cara-alami-untuk-menghilangkan-jerawat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button