Percantik Destinasi Wisata, Pemerintah Desa Kenalkan Tim Mural 100 Desa Juron - WisataHits
Jawa Tengah

Percantik Destinasi Wisata, Pemerintah Desa Kenalkan Tim Mural 100 Desa Juron

SUKOHARJO – Pemerintah Desa Juron di Kecamatan Nguter terus membina dan mempercantik destinasi wisata desa tersebut, yaitu Sendang Sumurup. Salah satunya adalah kompetisi mural nasional yang melibatkan 100 tim dari berbagai kota di Indonesia.

Kepala Desa Juron Sarbini Sigit Budiyanto mengumumkan pihaknya telah menggelar lomba mural tingkat nasional di destinasi wisata Sendang Semurup. Lomba mural bertemakan “Budaya Kuliner Jawa Tengah”.

“Tema ini digunakan mengingat Desa Juron sedang mengembangkan desa wisata kuliner dan edukasi kuliner bagi wisatawan. Aneka kuliner khas Jawa Tengah dijadikan salah satu daya tarik destinasi wisata di Desa Juron,” kata Sarbini Sigit Budiyanto, Minggu (21,8). .).

Menurut Sarbini, faktor ini mendapat dukungan dari seluruh komunitas Juron. Dimana setengah dari penduduk Juron bekerja sebagai pedagang kuliner di seluruh kota di Indonesia. Kegiatan ini digagas oleh pemerintah desa Juron bersama salah satu PTN di Solo.

“Kami menandatangani transkrip kontrak (MoA) Rabu lalu (20/7) dengan ISI Surakarta. Kegiatan lomba mural ini merupakan langkah awal terwujudnya MoA yang dilakukan oleh kedua belah pihak, khususnya sebagai upaya untuk mengembangkan strategi pengembangan pariwisata di Desa Juron agar dapat berkembang pesat,” ujarnya.

Sarbini menambahkan, kesenian rakyat seperti pertunjukan gamelan, musik campursari live dan keroncong juga akan digelar untuk menghibur para kontestan mural dan wisatawan. Juga pesta rakyat berupa Lomba Layang-Layang, Lomba Kambing Eksentrik (KKN), Lomba Angelmania, Teater Marching Remaja Putri Desa Juron dan berbagai lomba lainnya dalam euforia perayaan HUT RI ke-77.

“Diharapkan praktik kolaboratif dalam lomba lukis mural tingkat nasional ini dapat benar-benar digarap sebagai daya tarik visual branding agar kawasan wisata semakin diminati wisatawan. Lomba mural yang menarik lebih dari seratus peserta ini akan diserahkan dengan penyerahan piala oleh Gubernur Jawa Tengah yang akan diadakan pada lomba mural pada tahun-tahun berikutnya, ujarnya.

Aries BM, warga setempat dan pembimbing tunggal KKN ISI di Desa Juron, berharap kegiatan ini dapat mencerahkan citra pesona wisata budaya sekaligus menjaga kesinambungan kerjasama antara ISI Surakarta dan Desa Juron.

“Berbagai strategi pengembangan pariwisata di Desa Juron akan terus dilakukan untuk meningkatkan citra wisata budaya di desa ini,” ujarnya. (kwl/adi/bendungan)

Source: radarsolo.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button