Perancang wisata Ridwan Tulus, pencipta wisata sehat - WisataHits
Jawa Barat

Perancang wisata Ridwan Tulus, pencipta wisata sehat

Membelah

menciak

Membelah

Membelah

Surel

Bacaan: 37

Dari: Lenggogeni

‘Unik terkesan berbeda’. Inilah karakter Ridwan Tulus, kebanggaan desainer wisata Indonesia yang sudah keliling dunia.

Dengan idenya yang “brilian”, Ridwan Tulus, direktur Sumatra and Beyond Tours, berhasil mengingatkan masyarakat yang menggunakan jasanya di Indonesia, termasuk Sumatera Barat.

“Indonesia adalah ‘surga dunia’. Kaya akan keindahan alam dan tradisi,” kata Ridwan Tulus, pendiri pariwisata hijau di Indonesia, kepada Singgalang. Sayangnya, mereka tidak tahu apa yang mereka miliki. Nah, Ridwan Tulus memanfaatkan kesempatan itu dengan keahliannya. Ia juga merancang program-program yang mereka butuhkan saat berlibur di Indonesia.

Menurutnya, wisatawan tidak membutuhkan tempat wisata seperti daerah atau negaranya. Karena apa yang mereka inginkan adalah apa yang belum pernah mereka lihat atau rasakan.

Misalnya, Ridwan Tulus mengatakan jika dirinya pernah mengajak wisatawan ke panti asuhan atau pasar. Rupanya mereka senang tinggal di panti asuhan atau berbelanja di pasar. Tak hanya itu, ia pernah membuat tamunya tinggal di pulau tak berpenghuni atau menginap di rumah penduduk dan mandi di sungai.

Hasilnya, mereka menikmati liburan dan setelah mengikuti program tersebut, mereka menjadi orang yang sehat secara mental, emosional dan spiritual.

“Intinya, semua program yang kami tawarkan menjual pengalaman hidup yang tak terlupakan,” kata Ridwan Tulus seraya menyebut konsep destinasi wisata yang sehat dengan Forest Healing and Oceanic.

“Konsep ini saya bicarakan sebelum pandemi Covid-19 ketika saya diundang untuk memberikan kuliah umum di program Magister Sekolah Tinggi Ilmu Hayati – Institut Teknologi Bandung (SITH – ITB),” kata pendiri lembaga Green Tourism tersebut.

Ridwan Tulus yang juga Presiden International Green Tour Operator mengatakan, pilihan wisatanya banyak. Hanya kemasannya saja yang berbeda dari yang lain. “Jadilah putih di bawah Laut Merah agar kita terlihat,” kata Ridwan Tulus yang selalu melibatkan masyarakat setempat dan mengajarkan bagaimana berpartisipasi dalam setiap program pariwisata di daerah Anda dan membawa manfaat langsung bagi daerah.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button