Jawa Timur menyumbang sebagian besar desa wisata di ADWI 2022 - WisataHits
Jawa Timur

Jawa Timur menyumbang sebagian besar desa wisata di ADWI 2022

Bondowoso

Provinsi Jawa Timur memiliki empat perwakilan yang masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Keempat desa tersebut adalah Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep dan terakhir Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022 di Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso, Minggu (8/7/2022) dan menyatakan bahwa Keberadaan desa wisata diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan warganya. Hal ini sejalan dengan target pemerintah menambah 1,1 juta pekerjaan baru tahun ini dan 4,4 juta pekerjaan baru pada 2024.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Saya kira Provinsi Jawa Timur yang paling banyak mengirimkan desa wisata, dan ini (Desa Wisata Tirta Agung) merupakan desa wisata keempat. Jadi Jawa Timur menyumbang 10 persen untuk Top 50 ADWI 2022. Kami berharap ini bisa mendongkrak perekonomian dan menciptakan lapangan kerja,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif.

Menparekraf Sandiaga memastikan Kemenparekraf akan terus memberikan dukungan dan fasilitasi untuk pengembangan desa wisata selanjutnya. Ini termasuk melibatkan sektor swasta untuk memberikan dukungan, mulai dengan meningkatkan kesadaran pariwisata, meningkatkan kapasitas manusia, dan meningkatkan sarana dan prasarana, serta pemasaran.

Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif akan terus mengawal program ADWI mulai tahun 2021. Sehingga desa-desa tersebut nantinya lestari setelah diresmikan dan tidak tinggal di tengah jalan.

“Diharapkan setelah peresmian, desa wisata mampu meningkatkan jumlah kunjungan hingga 30 persen. Di Bondowoso saya sangat terkesan dengan Kala Senja, tempatnya asik banget dan jadi spot foto keren banget,” ungkapnya.

Desa Wisata Tirta Agung merupakan obyek wisata rekreasi berbasis masyarakat yang dikelola oleh BUMDES, sebuah unit usaha yang menawarkan produk wisata buatan yang saat ini beroperasi di desa di kaki Gunung Raung. Desa Wisata Tirta Agung merupakan daerah tujuan wisata yang mulai menggunakan waduk, persawahan dan mata air menjadi tempat wisata.

Beberapa pemandangan perjalanan berupa paviliun terapung, kolam renang alami, kafe saat senja, flying fox dan berbagai layanan wisata berupa penyewaan dan reservasi ruang, area acara, perkemahan, penawaran kreatif dan kuliner. Ada juga homestay bagi pengunjung.

Tonton video “Fitur pembangunan alun-alun desa wisata”.
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button