Pengalaman bencana gempa, Pemda DI Yogyakarta siap membantu mengirimkan ahli analisis kebutuhan infrastruktur ke Cianjur pasca gempa - WisataHits
Yogyakarta

Pengalaman bencana gempa, Pemda DI Yogyakarta siap membantu mengirimkan ahli analisis kebutuhan infrastruktur ke Cianjur pasca gempa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengaku segera mengirimkan bantuan logistik ke Cianjur, Jawa Barat. Selain itu, Pemerintah DIY juga berupaya menyampaikan analisis kebutuhan infrastruktur pascagempa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan sudah berkomunikasi dengan Sekda Kabupaten Cianju.

Dalam komunikasi tersebut, ia menawarkan untuk membantu menyampaikan analisis infrastruktur hingga kebutuhan inventaris di luar logistik.

Baca Juga: Gempa Cianjur Cari 40 Korban, 6.000 Personel Gabungan Diturunkan

“DIY telah melihat banyak bencana selama ini. Dari kebutuhan inventaris kecuali logistik, ada kebutuhan pegawai yang tugasnya menganalisis kebutuhan infrastruktur yang ada,” ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Saat ini Pemprov DIY sedang mencari analisis infrastruktur yang siap dikirim ke Cianjur karena tidak hanya memakan satu orang.

“Kami baru saja berbicara tentang berapa banyak orang yang ada, berapa banyak yang hilang. Jadi berapa banyak orang yang membutuhkan mereka (Kabupaten Cianjur) dan kemudian menunjukkan kebutuhan tenaga ahli. Berapa orang yang tidak diberikan, nanti kami siapkan. ” dia berkata.

Selain itu, lanjut Aji, Pemkot Yogyakarta juga mengirimkan bantuan logistik untuk korban gempa Cianjur. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY saat ini sedang mempersiapkannya.

“Kami tetap akan mengirimkannya untuk dukungan logistik. Ini teman BPBD untuk sumbernya, kami akan mengirimkannya. Tapi mereka juga butuh tenaga ahli untuk menganalisa kebutuhan infrastruktur di sana,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono mengatakan telah bertemu dengan Wakil Bupati Cianjur untuk menyiapkan lokasi relokasi rumah yang roboh.

Baca Juga: Situs Gempa Cianjur Alih-alih Tontonan dan Wisata Bencana bagi Masyarakat di Luar Daerah, Mengganggu Evakuasi Korban

“Rumahnya rusak parah dan pemindahan dilakukan oleh PUPR, saya sudah bertemu dengan wakil bupati. Siapkan lahan, kita masih punya stok Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang bisa dibangun seperti Semeru,” kata Basuki. Selasa (22/11/2022).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button