4 Destinasi Wisata di Provinsi Lampung yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun - WisataHits
Yogyakarta

4 Destinasi Wisata di Provinsi Lampung yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

TEMPO.CO, jakarta – Liburan akhir tahun sudah dekat. Bagi Anda yang ingin mengisi liburan dengan jalan-jalan, ada banyak daerah yang menawarkan destinasi menarik, salah satunya di Provinsi Lampung.

Lampung adalah sebuah provinsi di ujung selatan pulau Sumatera. Karena letaknya yang dekat dengan Pulau Jawa, Lampung tidak lagi hanya menjadi tujuan transmigrasi, tetapi juga menjadi tujuan wisata yang populer.

Selain itu, Lampung memiliki banyak pantai yang indah karena letaknya yang berada di pesisir selatan pulau Sumatera. Berikut tempat wisata yang populer di Provinsi Lampung:

1. Curug Tujuh

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung TengahCurug Tujuh merupakan wisata alam di kawasan hutan lindung dengan tujuh anak tangga dengan tinggi total mencapai 75 meter. Terletak di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Curug Tujuh dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua dan roda empat yang dilanjutkan dengan jalan setapak.

Buat kamu yang ingin mengisi liburan Nataru dengan hal-hal menantang, Curug Tujuh salah satu rekomendasinya. Karena jalur yang anda lewati untuk menuju air terjun ini sangat licin dan anda juga memasuki hutan yang cukup lebat. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan Air Terjun Tujuh harus selalu memperhatikan keselamatan dan berhati-hati.

2. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Pantai berpasir putih dengan fasilitas olahraga air yang lengkap ini bisa menjadi destinasi pilihan saat liburan di Nataru.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten PesawaranPerpaduan antara pantai dan puncak merupakan salah satu keunikan dari Pantai Sari Ringgung. Wisata ini juga dapat diikuti oleh segala usia. Selain itu, akses jalan menuju ke sini sangat terjangkau.

Daya tarik utama Pantai Sari Ringgung adalah pasir timbul dan masjid terapung yang dapat dicapai dengan perahu. Selain itu, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dari atas Krakatau View. Untuk mencapainya tidak sulit, pengunjung hanya perlu mendaki sedikit untuk menikmati pemandangan Pantai Sari Ringgung secara utuh.

3. Air Terjun Curup Lestari

Air terjun ini berada di Kawasan Daftar 39 Dusun 4, Desa Kota Batu, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah. Disebut Curup Lestari karena masyarakat di sana masih menjaga kelestarian alam, sehingga namanya dikaitkan dengan kawasan air terjun tersebut. halaman kutipan Universitas Malahayati Bandar LampungCurup Lestari memiliki ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan.

Wisata air terjun ini belum banyak diketahui orang karena tersembunyi di tengah hutan dan juga terisolasi dari dunia luar dengan akses jalan yang tidak memadai. Karena itu, keindahannya hanya diketahui oleh penduduk setempat.

Jalanan yang terjal dan licin seolah tak ada artinya saat keindahan air terjun yang turun begitu mempesona. Udara di sana masih sangat segar untuk dinikmati. Bagi Anda yang ingin mengunjungi wisata Curup Lesatari, Anda bisa mengaksesnya dengan kendaraan roda dua.

4. Desa Kiluan

Mengutip jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Kiluan Negeri merupakan desa pesisir di pesisir Teluk Kiluan di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Teluk Kiluan mulai berkembang sebagai destinasi wisata yang dikelola masyarakat setempat sejak tahun 2005.

Pada tahun 2019, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia menetapkan perairan Teluk Kiluan dan sekitarnya sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah untuk dikelola sebagai taman wisata air. Pada tahun 2020 ditetapkan sebagai pekon atau desa wisata melalui SK Bupati Tanggamus.

Beberapa spesies mamalia laut dapat ditemukan di perairan Teluk Kiluan, antara lain lumba-lumba hidung botol, lumba-lumba berparuh panjang, dan paus pilot. Di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati wisata lumba-lumba, trekking ke Laguna Gayau, trekking ke Talang Mulian, explore Pulau Kelapa, snorkeling, wisata Pantai Cukuh Pandan, memancing dan diving.

Selain itu, pengunjung Desa Kiluan Negeri juga dapat menikmati keragaman budaya penduduk setempat yang terdiri dari berbagai suku seperti Lampung, Bali, Bugis, dan Sunda.

KAKAK INDRA PURNAMA

Baca juga: Pulau Tegal Mas, khazanah wisata Lampung

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button