Penerangan di Kota Bandung tidak merata, jelas pemerintah kota - WisataHits
Jawa Barat

Penerangan di Kota Bandung tidak merata, jelas pemerintah kota

hoperakyat.com,- Di Kota Bandung yang menjadi focal point Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, masih banyak tempat yang belum tersentuh penerangan. Padahal, Kota Bandung merupakan ibu kota provinsi Jawa Barat sekaligus penyangga DKI Jakarta.

Sejauh ini, Pemkot Bandung mengklaim, program Bandung Caang Baranang baru mencapai 73,6 persen.

Di beberapa tempat masih terdapat titik-titik yang belum tersentuh baik terang maupun gelap. Akibatnya, sering rawan kejahatan atau kenakalan.

Mengantisipasi masalah penerangan tersebut, Pemkot Bandung mencanangkan program Caang Baranang. Puluhan ribu titik akan disinari khusus di Kota Bandung.

Baca juga: Satpol PP mengamankan Nataru di kota Bandung dan melakukannya

Padahal, pada Desember lalu, Kementerian Perhubungan (Dishub) Kota Bandung baru menyelesaikan pemasangan dan perbaikan penerangan sekitar 73,6 persen. Persentase itu 70.000 poin dari target Desember 2022.

Manajer Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bandung Panji Kharismadi mengatakan, angka tersebut dihitung dari target pemasangan dan perbaikan yang mencapai 68.984 titik.

“Akhirnya kami pasang dan perbaiki lighting di 49.000 titik. Ini akan kita lanjutkan di sejumlah titik lain di Kota Bandung,” ujarnya, Senin (19/12/2022).

Menurut Panji, jumlah itu cukup untuk pengadaan barang di Bandung Caang Baranang. Jadi, lanjut Panji, tinggal pemasangan dan penggantian lampu di beberapa titik penerangan saja.

Peningkatan penerangan jalan umum di kota Bandung

Selain itu, Panji menjelaskan, pihaknya kini memasuki tahap penyelesaian penerangan jalan, termasuk mengganti jenis lampu yang lebih baik dan memenuhi kondisi saat ini.

Baca juga: Banyak objek wisata di Kabupaten Bandung yang masih belum memiliki izin

“Kami juga menggunakan lampu LED. Lampu ini dirancang untuk menggantikan lampu tradisional yang ada di beberapa tempat di Kota Bandung,” jelasnya.

Panji pun mengaku pihaknya masih menerima pengaduan dan informasi dari masyarakat terkait masalah penerangan lampu jalan. Oleh karena itu, ia mencoba menyelesaikan tujuannya dengan segera.

“Selain keluhan dari masyarakat, kami juga berupaya untuk menyelesaikan tujuan Bandung Caang Baranang. Kami akan terus berupaya mengatasi penerangan di Kota Bandung,” kata Panji kepada wartawan. (Rio/R13/HR-Online/Editor-Ecep)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button