Hujan deras, rumah dan mobil hancur longsor di Puncak - WisataHits
Jawa Barat

Hujan deras, rumah dan mobil hancur longsor di Puncak

Bogordaily.net – Akibat hujan deras, satu rumah dan satu mobil hancur akibat longsor pada Jumat, 30 Desember 2022 di Kampung Cidokom RT 02 Rw 08 Desa Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Staf Darurat BPBD Jalaludin Kabupaten Bogor mengatakan, kejadian tersebut disebabkan hujan deras yang menyebabkan TPT (tembok penahan tanah) di kawasan itu longsor.

“Satu unit rumah terdampak longsoran serta sebagian garasi rumah warga dan 1 unit sepeda roda empat hanyut terbawa longsor,” kata Jalaludin dalam keterangannya, Jumat, 30 Desember 2022.

Jalaluddin menambahkan, rumah yang tertimpa material longsor Rosidi mengalami kerusakan ringan. Bagian rumah yang rusak adalah dapur dan kamar tidur.

“Rumah Rusidi salah satu warga mengalami kerusakan dinding dapur dan ruang tidur akibat longsor,” jelasnya.

Ia juga mengatakan kondisi rumah tersebut masih dipantau dan perlu penanganan lebih lanjut oleh pihak berwajib. Selain itu, mobil warga sekitar yang tertimpa material longsor juga dievakuasi.

“Saat ini rumah belum diperbaiki oleh pemilik rumah dan kendaraan roda empat yang terkena dampak sudah dievakuasi,” kata Jalaludin.

Plt Bupati Bogor sebelumnya, Ivan Setiawan, meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Bogor. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kami minta kepada seluruh masyarakat, khususnya Bogor yang merupakan kawasan wisata, serta di daerah pegunungan dan daerah rawan banjir lainnya untuk berhati-hati karena cuaca ekstrim tidak bisa diprediksi,” kata Ivan saat ditemui wartawan seusai akhir tahun. kegiatan, di Gedung Tegar, Iman, Cibinong, Selasa, 27 Desember 2022.

Iwan juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan selalu siaga dan berkoordinasi dengan BMKG. Dan masyarakat diminta memperhatikan berbagai peringatan cuaca dari BMKG.

“Pada dasarnya kami dari Pemprov juga sudah siap dan BKMG juga memberikan informasi harian tentang cuaca. Itu harus diingat juga, jangan dianggap enteng, kalaupun terjadi, semoga pemerintah siap,” ujarnya.

(Albin Pandata)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button