12 masjid terbesar di Jawa Barat, yang terbaru adalah Al Jabbar - WisataHits
Jawa Barat

12 masjid terbesar di Jawa Barat, yang terbaru adalah Al Jabbar

KOMPAS.com – Provinsi Jawa Barat (Jawa Barat) memiliki sejumlah masjid besar yang mampu menampung hingga ribuan jamaah. Jumat depan (30 Desember 2022) Masjid Agung Al-Jabbar akan diresmikan, menambah daftar masjid terpenting di Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengumumkan masjid yang dibangun pada 2017 ini akan menjadi masjid terbesar di Jawa Barat.

“Saya laporkan pada 30 Desember, masjid terbesar di Jawa Barat, Masjid Raya Al Jabbar, telah diresmikan,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip Kompas.comKamis (15/12/2022).

Bangunan Masjid Al-Jabbar berdiri di atas embung atau waduk seluas 25.997 hektar di kawasan Gedebage kota Bandung. Masjid ini mampu menampung hingga 60.000 jamaah.

Baca Juga: Masjid Terbesar Di Jawa Barat Al Jabbar Segera Diresmikan, Di Mana Lokasinya?

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan 30 Desember, Ridwan Kamil: Bisa Jadi Tujuan Wisata

Selain Al Jabbar, ada beberapa masjid besar yang tersebar di berbagai kota di Jawa Barat sebagai berikut.

1. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa BaratDermaga. Shutterstock Masjid Raya Bandung, salah satu masjid terbesar di Jawa Barat

Terletak di depan Alun-alun Bandung, Masjid Raya Bandung berlokasi strategis di pusat kota. Masjid ini merupakan salah satu ikon kota Bandung sekaligus tempat wisata religi.

halaman kutipan Kota pintar Bandungsalah satu masjid terbesar di bandung, memiliki dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid dengan tinggi 81 meter, dibuka untuk umum setiap hari sabtu dan minggu.

Masjid yang memiliki arsitektur megah dan modern ini mampu menampung hingga 12.412 jamaah. Luas bangunan masjid adalah 8.575 meter persegi, dan total luas termasuk halaman masjid dan menara adalah 23.448 meter persegi, berdasarkan informasi dari World Mosque Jakarta Islamic Center.

Baca juga: Ada Kampung Maroko di Bandung, Bagaimana Hubungannya dengan Maroko?

2. Masjid Al-Ersyad, Bandung

Masjid Al Irsyad Bandung Shutterstock Masjid Al Irsyad Bandung

Masjid Al-Ersyad memiliki ciri bangunan berbentuk kubus dengan banyak lubang di setiap sisinya. Lubang di dinding masjid tersebut merupakan kalimat syahadat sebagaimana dikutip situs tersebut World Mosque Jakarta Islamic Center.

Arsitektur masjid tak berkubah ini digarap Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, yang juga memiliki arsitektur begron.

Berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat, masjid ini mampu menampung 1.500 jamaah. Luas bangunan masjid ini 1.500 meter persegi, sedangkan total luas masjid mencapai 10.000 meter persegi.

Baca Juga: 9 Wisata Murah di Bandung Selatan, Harga Tiket Di Bawah Rp 20.000

3. Masjid Al-Multazam Bandung

Masjid lain yang tak kalah unik rancangan Ridwan Kamil adalah Masjid Al-Multazam. Sama seperti Masjid Al-Irsyad, masjid ini juga berbentuk kubus tanpa kubah.

halaman kutipan Kota pintar BandungSemua dinding masjid terdapat tulisan Hamdalah.

Masjid yang menjadi destinasi wisata religi di Bandung ini mampu menampung hingga 1.100 jamaah. Lokasinya berada di Jalan Ciganitri Raya, Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Liburan Sekolah

4. Masjid Raya Trans Studio Bandung

Masjid Raya Trans Studio BandungDermaga. www.thetranshotel.com Masjid Raya Trans Studio Bandung

Masjid megah ini terletak di kompleks Trans Studio Bandung. Mengutip dari halaman Hotel transmasjid yang diresmikan pada tahun 2015 ini menawarkan ruang hingga 2.500 jamaah.

Sedangkan desain Masjid Raya Trans Studio Bandung terinspirasi dari Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Desain masjid tampak megah dengan kubah emas.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button