Pemuda Probolinggo ini menyisihkan 200 kontestan dan terpilih menjadi Duta Parekraf Remaja Pendidikan Jatim 2023 - WisataHits
Jawa Timur

Pemuda Probolinggo ini menyisihkan 200 kontestan dan terpilih menjadi Duta Parekraf Remaja Pendidikan Jatim 2023

Pemuda Probolinggo ini menyisihkan 200 kontestan dan terpilih menjadi Duta Parekraf Remaja Pendidikan Jatim 2023

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Proses tidak pernah mengungkapkan hasil. Inilah yang dirasakan Sugiyanto, pemuda asal Desa Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Ia terpilih sebagai Duta Remaja Pendidikan Parekraf Jatim 2023 setelah berhasil mengalahkan 200 peserta dari kota/pemerintahan lain di Jatim.

Pria yang baru saja menyandang status mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini berhasil mengharumkan nama di tanah kelahirannya. Kini ia telah diangkat menjadi Duta Pariwisata dan Industri Kreatif Jawa Timur.

iklan

Pemilihan duta pendidikan berlangsung dalam proses yang panjang. Sugiyanto juga mengikuti karantina pertama di Hotel Agogo Surabaya pada 25 Januari 2023. Dalam masa seleksi tersebut, Sugiyanto berhasil masuk ke babak penyisihan grand final yang digelar pada 26 Januari 2023 di Grand City Mall Surabaya. Hingga akhirnya, ia terpilih sebagai finalis.

Tentunya kesuksesan yang diraihnya selama ini tidak terjadi begitu saja. Jauh sebelum itu, kerja keras dilakukan di sana-sini untuk belajar. Hal itu didapat dari sejumlah organisasi yang diikutinya hingga saat ini antara lain Relawan Nusantara, Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kabupaten Probolinggo, Gerakan Yuk Ngampus (GYN) Probolinggo dan UKM Keinkaf (Kewirausahaan dan Industri Ekonomi Kreatif) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sebelum menjadi Duta Pariwisata dan Industri Kreatif Jawa Timur, ia telah menerima berbagai penghargaan. Diantaranya adalah semifinalis Duta Lingkungan Hidup Jatim 2022, semifinalis Duta Budaya Jatim 2023 dan juga lulusan terbaik SMK Mandiri Kraksaan.

“Motivasi saya mengikuti kompetisi ini adalah melihat banyaknya wisata di daerah yang sudah mulai memudar. Oleh karena itu, sebagai duta pariwisata dan industri kreatif, saya ingin merevitalisasi pariwisata dengan platform media sosial. Selain itu juga mengajak untuk lebih mencintai lingkungan,” jelas pria kelahiran Sabtu (28/01/2023) 04/09/2004 ini.

Ia pun tak habis pikir untuk terpilih sebagai Duta Besar Jawa Timur 2023, setelah sebelumnya hanya berhasil meraih satu tempat di semifinal. Namun, saat itu ia justru berhasil merebut posisi finalis dengan membawa nama baik Kabupaten Probolinggo ke dataran Jawa Timur.

“Alhamdulillah kesan saya dengan mengikuti lomba ini, saya dapat berkontribusi dan membawa nama baik Kabupaten Probolinggo ke tingkat provinsi. Tentu saja, membayangkan potensi pariwisata dan industri kreatif juga membuat orang tua saya bangga,” kata Sugiyanto.

Ia pun berharap prestasinya saat ini dapat mendorong dan memotivasi generasi muda di Kabupaten Probolinggo. Agar para pemuda setempat tetap semangat berkarya dan berkontribusi demi prestasi Bumi Rengganis ini.

“Mereka bisa membawa nama baik Kabupaten Probolinggo ke kancah nasional dan internasional. Sehingga Probolinggo nanti menjadi terkenal dengan banyaknya pemuda berprestasi yang mencintai budaya, pendidikan, pariwisata dan lingkungan,” kata Sugianto usai terpilih menjadi Duta Remaja Pendidikan Parekraf Jawa Timur tahun 2023.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button