Pemkot Semarang Luncurkan Bus Listrik Semarang, Lihat Manfaatnya - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkot Semarang Luncurkan Bus Listrik Semarang, Lihat Manfaatnya

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, menghadirkan bus listrik pertama di kota Lumpia kepada tim media. (Foto. Kota Semarang)

SEMARANG (Sigi Jawa Tengah) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi secara resmi meresmikan bus listrik pertama di kota lumpia kepada awak media. Bus dari MAB atau PT. Mobil Anak Bangsa diresmikan di Balai Kota Semarang. Pria yang akrab disapa Hendi ini mengatakan, pengadaan bus listrik ini merupakan bagian dari komitmen Pemkot Semarang untuk menggalakkan perbaikan lingkungan di wilayah yang dipimpinnya.

“Ini merupakan langkah awal Kota Semarang untuk mengadopsi kendaraan energi terbarukan khususnya listrik. Mengetahui pencemaran udara sangat memprihatinkan, belakangan ini kami fokus melakukan berbagai upaya perbaikan lingkungan,” kata Hendi dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8/2022).

“Beberapa upaya telah dilakukan, seperti B. Menetapkan hari bebas kendaraan pribadi setiap hari Rabu kemudian juga mendorong armada Pemkot Semarang untuk beralih ke energi terbarukan. Semoga upaya ini bisa dimaknai oleh masyarakat untuk gotong royong,” imbuhnya.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan, bus listrik yang dipesan Pemkot Semarang setahun lalu itu disebut sebagai kendaraan wisata.

“Kami sebenarnya sudah memesan bus listrik ini setahun yang lalu dan hari ini baru dibuat 1 unit. Penunjukan itu sendiri digunakan sebagai wahana wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Wali Kota Semarang.

Soal tarif bus, Hendi mengatakan saat ini sedang disiapkan di Dishub Kota Semarang, tetapi juga akan disiapkan di Balai Kota Semarang ke depannya.

“Tidak menutup kemungkinan kita juga akan membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Balai Kota Semarang, tapi untuk sementara diisi di kantor Dishub,” pungkas Hendi.

Sementara itu, Hendi juga mengajak seluruh tim media yang hadir untuk mencoba bus listrik pertama di kota Semarang. Ia langsung menjelaskan beberapa keistimewaan bus ramah lingkungan berkapasitas 45 orang itu.

Sejumlah fitur bus yang diperlihatkan Hendi antara lain kecerdasan buatan (artificial intelligence) di dua sisi kamera untuk memantau aktivitas pengemudi. Fitur ini disematkan pada kamera yang juga berfungsi seperti kotak hitam di pesawat terbang dan juga dilengkapi dengan VMS/VLSM untuk memantau kesehatan baterai bus.

“Kamera memantau pengemudi dan sensornya berbunyi, insya Allah akan membuat situasi lebih aman saat menggunakan kendaraan ini. Dilengkapi juga dengan CCTV untuk memantau penumpang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama tidak ada tindak kriminal di dalam bus tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden dan Direktur MAB Kelik Irwantono mengatakan, Kota Semarang merupakan daerah pertama di Indonesia yang memesan bus listrik MAB.

“Suatu kehormatan bagi kami karena Pemkot Semarang telah mempercayakan kami untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan,” kata Kelik. Ia melanjutkan, penyerahan bus listrik kepada Pemkot Semarang merupakan komitmen untuk beralih ke energi hijau.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Pemkot Semarang untuk masa depan yang lebih hijau,” pungkasnya.

Kelik juga mengungkapkan secara detail bahwa bus listrik memiliki kapasitas baterai 315 kWh dengan kecepatan tertinggi 100 km/jam dan batas 150 km/jam. Selain itu, bus listrik juga memiliki performa menanjak yang bertenaga, sehingga dapat membawa wisatawan domestik dan mancanegara ke daerah atas seperti daerah Gunung Pati atau Mijen. (Musonifin)

Baca lebih banyak berita

Source: sigijateng.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button