Besok Solo akan adakan Karnaval Pembangunan 2022, Gibran Rakabuming akan bergabung dengan tank - WisataHits
Jawa Tengah

Besok Solo akan adakan Karnaval Pembangunan 2022, Gibran Rakabuming akan bergabung dengan tank

TEMPO.CO, solo – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka Direncanakan akan mengikuti rangkaian parade karnaval perkembangan HUT RI ke-77 yang akan digelar Pemkot Solo pada Jumat, 19 Agustus 2022. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan mengikuti acara tersebut dengan mengendarai tank yang dikemudikan tim dari Pangkalan Udara (Lanud) Adi Soemarmo Solo sebagai salah satu peserta karnaval.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Kebudayaan Kota Solo, Aryo Widyandoko mengatakan, parade tersebut mengusung tema Pulihkan lebih cepat dan naik level lebih kuat Berikut adalah 88 tim peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat termasuk instansi pemerintah, swasta dan BUMD/BUMN. Pelaksanaan pawai pembangunan tahun ini cukup menarik minat masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya aplikasi yang melebihi kuota yang disiapkan panitia.

“Pendaftaran peserta karnaval kami buka secara online (online) dan ditutup pada tanggal 16 Agustus 2022. Cukup mengejutkan karena ternyata antusiasme pesertanya tinggi. yang sudah disiapkan sekitar 80 peserta,” kata Aryo saat itu. Ia menggelar konferensi pers di kantor Disbudpar Kota Solo pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Parade Karnaval Pembangunan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB dengan rute dari Lapangan Kotta Barat melalui Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo. Perpisahan peserta karnaval disetujui oleh walikota dengan diiringi tarian.

Barisan depan pawai meliputi mobil woro-voro, voorijder, armada untuk media, spanduk parade, garuda pancasila, paskibra, band kuningan, enam unit armada untuk VIP. VIP antara lain Wali Kota Solo, Wakil Wali Kota Solo. Berikutnya Ketua DPRD Solo, Kapolres Solo, Dandim 0735/Solo, Kajari Solo, Ketua PN, Danrem, Danlanud, Danggroup 2 Kopassus, Danbrigif VI, Dandenpom IV Diponegoro, Danyon Brimob dan Sekda.

Selain itu, Brigade Mekanik Raider 6 dengan dua unit Ranpur M113 A1 BE, 30 prajurit Pokdarwis, Sekretariat DPRD Kota Solo, hingga 20 orang berkostum adat nusantara dan dua kereta kuda akan melengkapi rangkaian pawai pembangunan. Ada juga peserta dari Disbudpar, sebanyak 60 orang berkostum wayang orang, 20 orang berkostum traveler dan dua gerbong. Disusul Penari Solo dengan 30 orang dengan kostum berhiaskan bunga dan sayap dan Komunitas Cinta Anak Bangsa dengan 10 orang dengan kostum tari modern.

Komunitas Gajah Krumpyung memiliki 30 orang; Bank Jabar 20 orang dengan pakaian adat nusantara; Komunitas Kebaya kami memiliki dua gerbong. Selanjutnya, SD Djama’atul Ichwan menghadirkan 21 orang dengan kostum tradisional Indonesia dan becak hias. Tak ketinggalan, Persatuan Sepeda Motor Penyandang Cacat Indonesia menghadirkan 20 unit sepeda motor penyandang disabilitas hias. Sedangkan Barong Kemaman melibatkan 20 orang; Sekda Kota Solo mempersembahkan 100 kostum boneka dan sebuah mobil hias.

Pelaksanaan karnaval di sepanjang ruas Jalan Moewardi Solo pada Jumat sore itu rencananya ditutup. Sementara itu, penutupan jalur menuju Jalan Slamet Riyadi akan bersifat fleksibel, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi saat Karnaval.

Aryo berharap Karnaval Pembangunan Parade berjalan dengan lancar. Panitia akan mempekerjakan sekitar 120 orang untuk membantu mengatur jalan selama karnaval. Meski pawai akan memiliki tim kebersihan yang akan membantu memungut sampah di sepanjang jalur yang dilaluinya, Aryo menghimbau para peserta untuk berperan aktif menjaga kebersihan hingga acara usai. “Jangan membuang sampah sembarangan, kami meminta para peserta untuk menjaga kebersihan bahkan selama acara hingga akhir acara,” ujarnya.

SEPTIA RYANTIA

Baca Juga: Taman Satwa Taru Jurug Dihidupkan Kembali Jadi Ikon Wisata Satwa dan Destinasi Edukasi di Jawa Tengah

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button