Pemkab Seribu merekrut digital nomad yang bekerja di Untung Jawa dan Onrust - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Seribu merekrut digital nomad yang bekerja di Untung Jawa dan Onrust

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu melalui Suku Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif (Sudin Parekraf) menggandeng komunitas digital nomad yang tinggal di Pulau Untung Jawa dan Pulau Onrust melalui tur perkenalan atau tur pencarian fakta.

Kasudin Pariwisata dan Industri Kreatif Kepulauan Seribu Puji Hastuti mengatakan, pengenalan pariwisata melibatkan komunitas digital nomad untuk mempromosikan kegiatan pariwisata sekaligus berkarya di mata masyarakat di Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Penguatan Potensi Wisata Pulau Tidung, Kepulauan Seribu

Tentunya dengan kehadiran masyarakat diharapkan dapat lebih mempromosikan destinasi wisata Kepulauan Seribu yang kembali ramai dikunjungi wisatawan, kata Puji dalam keterangannya, Minggu di Jakarta.

Puji memberi tahu para peserta tur pencarian fakta diajak mengunjungi eksotik sejarah pulau Onrust dengan wisata pantai dan wisata kuliner di pulau Untung Jawa. Selama kunjungan, pekerjaan dilakukan secara digital.

Hal ini dikarenakan kedua pulau tersebut memiliki koneksi internet yang cukup untuk melakukan berbagai pekerjaan secara digital serta dukungan jaringan internet nirkabel gratis dari Pemprov DKI Jakarta yakni Jakwfi.

Sebagai informasi, JakWifi dapat digunakan dengan mencari lokasi Wi-Fi terdekat dan menghubungkan perangkat elektronik yang ada ke koneksi JakWifi yang tersedia.

Baca Juga: Sandiaga: Pariwisata Kepulauan Seribu Ciptakan 35.000 Lapangan Kerja

Pulau Onrust dan Untung Jawa juga relatif dekat dengan daratan, kurang lebih 15-20 menit (Onrust) dan 45 menit ke pulau (Untung Jawa) dengan speedboat dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara, pengunjung dapat berlabuh di pulau tersebut. Harga berkisar dari Rp 125.000 hingga Rp 150.000 per orang tergantung pada hari dalam seminggu atau akhir pekan.

Pulau Onrust memiliki wisata sejarah yang eksotis karena pernah menjadi pusat bongkar muat dan galangan kapal Belanda. Bahkan, pada tahun 1679 Perusahaan Hindia Timur Belanda (Verenigde Oostindische Compagnie/VOC) telah membangun rumah sakit khusus kusta, tempat pasien dikarantina, di pulau ini, yang sekarang menjadi museum.

Sedangkan Pulau Untung Jawa menawarkan wisata ke Pantai Arsa dimana ombaknya asyik untuk bermain banana boat (banana boat) dan Pantai Sakura dimana terdapat spot diving untuk melihat ikan Nemo.

Menikmati suasana sore hari di Pulau Untung Jawa terasa berbeda, karena ombak dan udara bersih menjadi sensasi tersendiri. Ada juga Japanese Village yang terdiri dari berbagai kios yang menawarkan berbagai menu jajanan di bawah pohon yang rimbun dan dibuka untuk warga hingga pukul 9 malam WIB.

Baca juga: Peluang “digital nomads” di Kepulauan Seribu

Wartawan: Abdu Faisal
Penerbit: Taufik Ridwan
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button