Pemkab Lebak minta kepala desa optimalkan pariwisata untuk atasi kemiskinan - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Lebak minta kepala desa optimalkan pariwisata untuk atasi kemiskinan

KESEIMBANGAN

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak, Banten, mendesak kepala desa mengoptimalkan sektor pariwisata untuk mengatasi kemiskinan di desanya masing-masing.

“Kami yakin optimalisasi sektor pariwisata dapat meningkatkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” kata Dodi Irawan, Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lebak di Lebak, seperti dikutip Antara kemarin.

Sektor pariwisata memberikan multi effect yang cukup besar bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di desa dan dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu juga dapat menyerap tenaga kerja baru untuk mengatasi pengangguran.

Pemerintah Kabupaten Lebak fokus pada regulasi pariwisata untuk mengatasi kemiskinan: “Kami mendorong semua kepala desa untuk mengoptimalkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian,” katanya.

Menurutnya, kehadiran pariwisata tentunya akan mampu menarik para pelaku UMKM dimana para wisatawan dapat membeli makanan dan produk kerajinan untuk “kerajinan tangan” atau oleh-oleh.

Saat ini hampir 340 desa di Kabupaten Lebak memiliki potensi wisata dan nilai jual untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Potensi wisata tersebut meliputi wisata alam, wisata buatan dan wisata budaya. Bahkan, destinasi wisata yang dikelola desa kini tumbuh dan berkembang, seperti Wisata di Desa Gunungkencana, Wisata “Arung Jeram” di Desa Lebak Gedong dan Wisata “Pemandian Air Panas” di Desa Cipanas.

Juga wisata buatan antara lain wisata “Water Game” di desa Cimenteng Jaya dan wisata budaya bagi masyarakat Badui di desa Kanekes.

“Semua wisata yang dikelola desa terintegrasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin mengatakan, pemerintah daerah mendorong sektor pariwisata tumbuh dan berkembang karena kemampuannya memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dan mengatasi kemiskinan.

Saat ini, pemerintah daerah sedang fokus pada upaya peningkatan kunjungan wisatawan guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. “Dalam waktu dekat, kami akan mengadakan kegiatan tingkat nasional untuk menarik wisatawan,” kata Imam.

Sementara itu, Jaro Saija, Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, mengatakan pengunjung dari berbagai daerah di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat memadati kawasan pemukiman Badui di Kabupaten Lebak untuk mengisi liburan akhir pekan.

Kunjungan wisatawan ke pemukiman Badui menjadi ramai setelah pemerintah mengizinkan aktivitas ekonomi kembali berjalan.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke perkampungan Badui berjalan kaki hingga lima jam dari Ciboleger menuju Kampung Badui Dalam.

“Kami senang dengan jumlah pengunjung karena mendatangkan pemasukan ekonomi bagi masyarakat Badui,” ujarnya. semut

Source: www.neraca.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button