Lahan 9 hektare di Prambanan disiapkan untuk pusat ekonomi di tol Jogja-Solo - WisataHits
Yogyakarta

Lahan 9 hektare di Prambanan disiapkan untuk pusat ekonomi di tol Jogja-Solo

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah DIY menyiapkan lahan sekitar 9 hektare untuk dijadikan pusat ekonomi sekaligus rest area di kawasan tersebut keluar tol Jogja Solo di Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Kepala Bappeda DIY Beny Suharsono mengatakan Pemda DIY telah menyiapkan lahan sekitar 9 hektare di kawasan Prambanan, Sleman. Lahan ini terletak di sebelah selatan kawasan wisata Breksi. Sebagian tanah tersebut merupakan kas desa dan sebagian lagi milik warga. Negara ini sedang dikembangkan sebagai kawasan ekonomi baru untuk menampung orang-orang yang akan masuk dan keluar daerah tersebut keluar tol di Bokoharjo.

BACA JUGA: Investasi Hijau Disiapkan di Pintu Keluar Tol Prambanan

“Saat ini kami mencoba menawarkannya kepada investor, tapi untuk bertindakbelum, keadaan tanah saat ini tanah terbuka, harus dibeli. Memang ada tanah desa dan tanah warga,” katanya baru-baru ini.

Lokasi properti tidak langsung bersebelahan dengan jalan tol, sehingga perlu dibangun jalan penghubung pintu keluar tol menuju pusat ekonomi baru. Adanya semacam rest area di luar jalan tol dimanfaatkan oleh pengguna tol untuk persinggahan singkat baik saat keluar maupun saat memasuki area tol. Ini akan menampilkan berbagai jenis produk lokal Jogja serta fasilitas yang berbeda.

“Nantinya akan menjadi semacam pusat ekonomi untuk pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, begitulah zona tenang tapi di luar tol, jadi orang yang datang ke Jogja bertemu di sini,” ujarnya.

Selain sisi timur, kata Beny, Pemda DIY juga sedang merancang titik-titik yang akan dikembangkan di kawasan Tol Jogja YIA di Wates Kulonprogo. Namun, kelanjutan rencana tersebut membutuhkan pembahasan lebih lanjut, sehingga belum ditentukan wilayah yang akan dikembangkan di jalan keluar tol tersebut. Sesuai kesepakatan dengan pemerintah pusat, tol Jogja YIA akan mendapatkan empat keluar tol.

BACA JUGA: Tanah Tol YIA Jogja Senilai Rp 3,8 Triliun, Punya Rest Area

“Sebenarnya ada poinnya keluar tol, hanya saja kita perlu bersiap untuk meraih kesempatan ini di tempat yang tepat. Saat ini dipastikan berada di kawasan Prambanan,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button