7 masakan khas kebum yang menarik untuk dicoba - WisataHits
Jawa Barat

7 masakan khas kebum yang menarik untuk dicoba

Senin, 5 Desember 2022 – 22:26 WIB

PITA – Pulau Jawa memiliki sejuta pesona yang tidak akan pernah habis dibicarakan. Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Kebumen memiliki potensi wisata alam yang kaya.

Tak hanya itu, Kebumen juga terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang sangat menggugah selera wisatawan yang datang ke sini. Kuliner khas yang berbeda ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Berikut daftar makanan khas kebumen yang menarik untuk dicoba.

1. Nasi Gel Kebumen

Sajian kuliner kebumen yang pertama ini terdiri dari nasi dan kikil atau jeroan sapi. Dipasangkan dengan sayuran nangka dan saus santan membuat nasi gel semakin enak. Sajian khas kebum ini memiliki bentuk hampir seperti bola kecil yang disajikan di atas daun pisang yang dilubangi.

Uniknya, satu lembar daun pisang Pincuk biasanya berisi tujuh sampai delapan gel beras. Sendok yang terbuat dari daun pisang yang ditekuk juga digunakan dalam menyantap sajian kuliner ini. Makanan khas kebum ini sangat cocok untuk makan siang saat perut keroncongan.

2. Soto Ayam Petanahan

Seperti namanya, hidangan khas ini berasal dari Pantai Petahan, Kebumen. Soto Ayam Petanahan merupakan kuliner yang sangat populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kebumen. Isiannya sendiri adalah ayam suwir dengan tauge.

Uniknya, sajian ini tidak menggunakan nasi dalam penyajiannya, melainkan menggunakan ketupat yang disajikan dipotong menjadi beberapa bagian. Soto Ayam Petanahan yang terkenal dengan kuahnya yang sangat kental berwarna kuning dan kaya akan bumbu. Makanan ini sangat cocok disantap saat masih hangat sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. Soto Tamanwinangun

Soto dikenal sebagai salah satu kuliner khas yang menyegarkan dan sangat digemari oleh banyak kalangan. Tak heran masakan ini bisa ditemukan di berbagai daerah, namun tentunya memiliki keistimewaan yang membuatnya menonjol, misalnya soto tamanwinangun khas kebumen.

Sajian kuliner khas kebumen ini tidak hanya disajikan dengan daging ayam saja, tetapi juga biasanya menggunakan entok atau bebek fiber sebagai tambahannya. Kuah dari Soto Tamanwinangun juga enak, karena ada perpaduan santan dan kaldu entok. Jika ingin menikmati sajian kuliner ini tidak perlu khawatir karena sangat mudah ditemukan di Kebumen.

4. Sate Ambal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button