Daerah dengan suhu terpanas di dunia, ada yang sampai 70 derajat - WisataHits
Yogyakarta

Daerah dengan suhu terpanas di dunia, ada yang sampai 70 derajat

Harianjogja.com, JAKARTA – Memasuki musim hujan, Jakarta biasanya memiliki cuaca panas dengan suhu rata-rata di atas 30 derajat Celcius. Hanya saja saat musim hujan suhu di ibu kota relatif lebih rendah.

BACA JUGA: Keseruan Mengejar Cahaya Surga di Goa Jomblang, Gunungkidul

Namun pernahkah Anda memikirkan kota atau daerah dengan suhu tertinggi di dunia? Berikut ulasannya berdasarkan BBC.

DIDUKUNG: YouGov: Tokopedia jadi brand yang paling direkomendasikan untuk orang Indonesia

1. Gurun Lut

Daerah di Iran, juga disebut Dasht-e Lut, telah disebutkan oleh NAS dengan suhu mencapai 70 derajat Celcius di masa lalu. Kawasan ini bahkan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Pegunungan Berapi di Cina

Mirip dengan suhu di Gurun Lut, suhu di Flaming Mountains di China juga memiliki suhu hingga 70 derajat Celcius. Pegunungan yang panjangnya 60 mil ini memiliki pemandangan unik yang konon memiliki legenda yang menarik.

3. Lembah Kematian, California

Death Valley terletak di California, Amerika Serikat. Suhu di sana sangat panas, bahkan menjadi daerah dengan suhu terpanas di dunia sejak tahun 1913. Saat itu suhu mencapai 56,7 derajat Celcius.

Pada Agustus 2020, suhu 54 derajat Celcius dilaporkan di Death Valley. Itu tetap menjadi daerah terpanas di dunia.

4. Kuwait, Kuwait

Pada 2016, suhu di Kuwait mencapai 54 derajat Celcius. Suhu di Kuwait secara teratur 50 derajat Celcius ke atas. Dikhawatirkan aktivitas pengeboran minyak dan penjualan minyak yang menyebabkan perubahan iklim membuat suhu di kota ini meningkat dari tahun ke tahun.

5. Oodnadatta, Pedalaman Australia

Ketika belahan bumi lainnya menikmati musim dingin, Oodnadatta, pedalaman Australia, diketahui mengalami beberapa suhu terpanas di bumi. Pada saat yang sama, suhu di daerah ini sebenarnya 20 derajat Celcius. Pada Januari 1960, suhu di kawasan ini mencapai 50,7 derajat Celcius.

6. Dallol, Etiopia

Daerah ini merupakan daerah berpenghuni Ethiopia yang memiliki suhu 35 derajat Celcius sepanjang tahun. Dallol memiliki julukan “Gerbang ke Neraka” karena suhunya yang panas dengan pemandangan yang dianggap aneh. Bagaimana tidak, di Dallol banyak lubang hidrotermal yang bersifat asam.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button