Pemkab Blora merencanakan beberapa destinasi wisata di kawasan Cepu untuk mendukung pengaktifan Bandara Ngloram - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkab Blora merencanakan beberapa destinasi wisata di kawasan Cepu untuk mendukung pengaktifan Bandara Ngloram

Pemkab Blora merencanakan beberapa destinasi wisata di kawasan Cepu untuk mendukung pengaktifan Bandara Ngloram

TRIBUNJATENG.COM, BLORA – Pemkab Blora merencanakan beberapa destinasi wisata di kawasan Cepu untuk membantu aktivasi Bandara Ngloram di Kabupaten Cepu.

Dukungan tersebut antara lain Loco Tour, Kampung Samin dan sekitar Migas.

Begitu juga yang berbatasan langsung dengan bandara seperti Situs Gedong Ageng dan Situs Ngloram.

Namun, potensi tersebut belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Direktur Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Blora (Dinporabudpar) Isti Nuratri mengatakan, destinasi wisata yang diusulkan sudah direncanakan.

“Destinasi wisata di wilayah utara sebenarnya sudah direncanakan untuk mendukung bandara Ngloram seperti Loco Tour, Kampung Samin dan beberapa wisata lainnya,” kata Isti Nuratri, Kamis (2/2/2023).

Pihaknya berupaya memaksimalkan potensi wisata daerah untuk mendukung Bandara Ngloram yang kini kembali aktif.

Menurutnya, potensi sejarah di sekitar bandara bisa dimaksimalkan, meski pihaknya mengaku perlu konfirmasi dari literatur sejarah.

“Wisata di sekitar Bandara Ngloram seperti Situs Gedong Ageng Desa Jipang dan Situs Ngloram sebenarnya sudah tumbuh dari cerita masyarakat, perlu penegasan dari literatur sejarah,” jelas Isti Nuratri.

Isti Nuratri menjelaskan ada beberapa wisata yang tidak jauh dari bandara, yaitu Jipang Square yang akan berlokasi di Desa Jipang setelah diresmikan awal Januari nanti, di dekat cagar budaya Makam Gedong Ageng Jipang.

Menurut cerita rakyat, kawasan ini merupakan peninggalan Arya Panangsang yang memerintah Kerajaan Jipang pada zaman Kesultanan Demak.

Selain itu, lanjut Isti Nuratri, di Desa Ngloram juga terdapat situs Ngloram, saat ini telah dibangun kios-kios pasar di sekitar lokasi.

Namun, desa tersebut sebelumnya menginginkan warisan budaya diperhitungkan, namun hal tersebut tidak terealisasi.

Sementara itu, tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah telah menyelesaikan kajian situs Ngloram dari inventarisasi cagar budaya Pemkab Blora.

Rekomendasi takdir sudah dikirimkan ke Bupati Blora yang tinggal menunggu takdir. (Kim)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button