Rencana lengkap Jababeka untuk membangun "Silicon Valley" ala AS di Cikarang - WisataHits
Jawa Tengah

Rencana lengkap Jababeka untuk membangun “Silicon Valley” ala AS di Cikarang

Konsep pengembangan kawasan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat sedang dikembangkan di timur Jakarta.

Konsep pengembangan kawasan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat sedang dikembangkan di timur Jakarta.

Silicon Valley Pada tahap awal, saat ini telah mendirikan pusat inovasi di President University di Cikarang. Dia menyebut pusat inovasi sebagai fablab, atau lab fabrikasi: “Jadi kami benar-benar ingin fokus pada itu sebagai Industri 4.0, dengan fokus pada manufaktur. Kami menunjukkan banyak solusi Industri 4.0 di fablab ini. Ada juga Masyarakat 4.0. Jadi kami ingin menawarkan solusi cerdas,” jelasnya Sutedja dalam diskusi Sinergi Ngopi dengan Jababeka di President University, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (21/10/2022).

Lanjut membaca:
DetikFinance »

Kuasa Hukum: Strong Maruf melihat Ferdy Sambo menunjukkan amplop tapi tidak tahu isinya

Kuasa hukum Ma’ruf Irwan Irawan Strong mengatakan, Strong Ma’ruf tidak mengetahui isi amplop yang dibawa Ferdy ke Sambo dan ditunjukkan kepada Strong. Baca Selengkapnya >>

Presiden meminta agar draf final revisi UU Cipta Kerja segera diselesaikanPemerintah harus melibatkan masyarakat dalam penyusunan revisi UU Cipta Kerja, sebagaimana diamanatkan oleh Mahkamah Konstitusi. Polhuk AdadiKompas

Kemenparekraf mendorong desa wisata menerapkan Konsep Community Tourism BaseProgram unggulan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif memasukkan Desa Tobati sebagai 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022.

Sebagai transformasi peradaban Indonesia, Jokowi IKN menghadirkan Nusantara sebagai kota masa depanIKN merupakan bentuk perubahan peradaban Indonesia dengan menghadirkan konsep pembangunan Indonesia.

CEO Baru Liga Super Eropa: Kami tidak mati, sepak bola perlu direformasi! | Goal.com IndonesiaProyek Liga Super Eropa tidak mati, menurut CEO baru Bernd Reichart, yang menjalankan A22 Sports Management, perusahaan yang mendorong penciptaan kompetisi baru ESL Itulah yang dimaksud dengan anj. Kompetisi Eropa berada di bawah UEFA. Jika Anda menyelenggarakan kompetisi sendiri, negara klub yang terkena larangan tidak dapat berpartisipasi dalam turnamen UEFA-FIFA, bagaimana dengan itu? jangan aneh-aneh

Koalisi Indonesia Bersatu Belum Umumkan Capres Zulhas: Ini Babak TerakhirKoalisi Indonesia Bersatu tidak terburu-buru mengidentifikasi calon presiden karena awalnya fokus memikirkan dan menyusun konsep. Buat apa berkoalisi kalau bisa bubar lagi. 😂😂 Bingung, yang menjadi bingung untuk bertindak. Tunggu siapa yang kuat karena semuanya enak. Hancurkan saja koalisi klan yang lucu. bermasalah.

Incuba Fest, acara tahunan yang menjadi ruang kerja bagi band-band indie SemarangBaru berusia 2 tahun, Incuba Fest memiliki konsep unik yang berkolaborasi dengan band lokal dari Kota Semarang untuk memamerkan karya mereka.

Ilustrasi Silicon Valley (Tim Infografis oleh Mindra Purnomo/detikcom) Jakarta Konsep pengembangan kawasan seperti Silicon Valley di Amerika Serikat sedang dikembangkan di timur Jakarta TEKS NINA SUSILO Para menteri meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan usai menghadiri sidang tertutup sehubungan dengan Istana Merdeka UU Cipta Kerja, Rabu (19/10/2022) Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mengunjungi Desa Tobati, Kota Jayapura, Provinsi Papua PRESIDEN Joko Widodo mengatakan Indonesia sebagai negara besar harus berani berkembang dan memiliki agenda besar untuk kemajuan negara.

PT Jababeka Tbk menyatakan akan mengembangkan kawasan koridor Jakarta-Bandung menjadi Silicon Valley buatan Indonesia. Sutedja Sidarta Darmono, Direktur Utama Jababeka, menyatakan pihaknya akan mengembangkan kawasan Silicon Valley berbasis teknologi industri untuk meningkatkan amanah MK.0. Ketujuh kategori tersebut antara lain 1. Ia menginginkan kawasan Silicon Valley yang ia kembangkan untuk menciptakan solusi industri manufaktur di sekitar Kawasan Industri Cikarang. Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas pada Rabu (18 Oktober 2022) untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Undang-Undang Penciptaan Lapangan Kerja. Untuk tahap awal, pihaknya telah mendirikan pusat inovasi di President University di Cikarang. Kami ingin menghadirkan itu, yaitu dengan membangun ibu kota nusantara,” kata Jokowi, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (20 Oktober).

Ia menyebut pusat inovasi Fablab atau Laboratorium Fabrikasi. Editor:. Host Family, 4. SCROLL IKLAN KE CONTENT CONTENT “Jadi kami sangat ingin melakukan Industry 4.0 ini dan fokus pada manufaktur. Kami menunjukkan banyak solusi industri 4. Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (CHSE) dan 7.0 di fablab ini. Makanya kita butuh keadilan ekonomi, pembangunan berkeadilan, itulah yang ingin kita hadirkan dengan pembangunan ibu kota nusantara,” ujarnya.

Ada juga Masyarakat 4.0. Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, seharusnya hadir dalam kunjungan tersebut. Makanya kami ingin menawarkan solusi cerdas,” kata Sutedja dalam diskusi Ngopi Sinergi dengan Jababeka di President University, Cikarang, Jawa Barat, Jumat (21/10/2022). Lembah Silikon Jababeka akan disebut Correctio. Selain memproduksi Fablab, Jababeka juga memperkenalkan ruang kantor bernama Core yang memiliki konsep kantor kecil seperti rumah atau small office home office (SOHO). Indra dan rombongan Kemenparekraf menyimak seluruh pemaparan direktur desa wisata pada kesempatan tersebut. Untuk itu, pemindahan ibu kota bukan sekadar pindah kantor atau pindah Istana Wakil Presiden atau gedung kementerian, tetapi membangun budaya kerja baru.

Sutedja mengatakan pihaknya ingin membentuk kawasan Silicon Valley di koridor Jakarta-Bandung. Baca Juga: ‘Silicon Valley’ Jababeka Ragu Dibandingkan Algoritma Bukit "Kami berani, Jababeka pertama kali memasarkan dan mempromosikan ide Silicon Valley, sebulan lalu kami meluncurkan nama Correctio. Kalau kita bicara tentang Silicon Valley, itu jauh lebih besar dari Jababeka, ini seharusnya menghubungkan Jakarta dan Bandung di Silicon Valley Corridor Triangle,” jelas Sutedja. Berbicara sejarah, penamaan Kampung Tobati berasal dari Tabati. “Kalau ada (Amerika), ada San Francisco, Palo Alto dan San Jose. Kakau itu Jakarta, lalu Cikarang, Bekasi, Cikarang, lalu Bandung. dia menjelaskan. “Ini adalah hutan produksi yang ditebang setiap enam tahun, tujuh tahun.

Menurutnya, Jababeka sendiri telah mengembangkan kawasan mandiri di Cikarang. Di desa Tobati, ada sebuah kawasan yang bernama Lapangan Timbul Tenggelam. Mulai dari infrastruktur pendukung hingga geliat perekonomian. Untuk membantu Cikarang menjadi Silicon Valley itu sendiri, saat ini terdapat President University, pusat solusi talenta dan teknologi untuk kawasan industri. “Di Jababeka sendiri yang dulunya kota industri, sekarang lengkap dengan infrastruktur yang bagus, banyak data center yang ditambahkan, ada President University sebagai talent pool, dan banyak perusahaan baru yang masih masuk untuk membangun kota yang lebih lengkap sebagai ekosistem startup. ,” kata Sutedja Tak jauh dari Pulau Metu Debi, destinasi wisata spiritual, sejarah, dan alam. Baca juga: Dengar! RI Bangun Silicon Valley di Cikarang: Ini Rencana Formula Ciptakan Silicon Valley.” Di panggung yang sama , Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjabarkan beberapa formula kawasan yang akan menjadi Silicon Valley, yang menarik, sumber energi di IKN adalah energi terbarukan.

Ia menuntut agar istilah Silicon Valley tidak hanya sekedar sebutan, tetapi bisa menggambarkan perkembangan regional seperti Amerika Serikat. “Bicara kualitas fisik, Silicon Valley hanya bisa terjadi jika Anda tahu aturannya. Jangan senang kalau bilang cuma digembar-gemborkan,” kata Ridwan Kamil. Destinasinya berada di pesisir pantai Kota Jayapura yang terletak di sebuah teluk kecil di Teluk Yos Sudarso. Pertama, pengembangan kawasan seperti Silicon Valley harus dilakukan di kawasan yang berbentuk koridor, seperti koridor Jakarta-Bandung. Nah, kedua, daerah Silicon Valley pasti banyak universitas dan lembaga pendidikan, karena dari situlah bakat sumber daya manusia berasal dengan solusi yang ingin mereka tawarkan. Maka dari itu ia mengajak para developer yang mau membantu membangun universitas tersebut. Ada juga dua sungai yang mengalir ke Taman Wisata Alam Teluk Youtefa yaitu Sungai Acai dan Sungai Entrop dengan lebar sekitar 20 meter. “Smart living, smart city, pengabdian masyarakat melalui aplikasi, akta kelahiran, akta nikah melalui mobile, paperless.

“Jadi harus banyak universitas. Universitas asing ini banyak menawarkan saya untuk membuka cabang, terkadang saya bingung mau kemana. Jadi jika ada ruang, beri tahu saya. Jadi Bandung akan menghubungkan banyak perguruan tinggi dari Jakarta,” kata Ridwan Kamil. Pantai merupakan kawasan hak ulayat suku Tobati. Syarat selanjutnya adalah membentuk kota-kota kecil yang masyarakatnya betah disana. kota yang berfungsi sebagai tempat tinggal, tempat bekerja, dan tempat bersenang-senang, atau work-life-play, demikian Ridwan Kamil menyebutnya.” Yaitu industri teknologi bersih, farmasi terintegrasi, pertanian berkelanjutan, ekowisata dan wisata kesehatan, bahan kimia dan turunannya, serta energi rendah karbon.

“Syarat selanjutnya adalah menjadi Silicon Valley, kotanya harus bikin betah, nggak stres. Ini adalah batas timur Taman Alam Teluk Youtefa. Satu-satunya ciri kota yang membuat betah adalah orang-orang yang berjalan melewatinya,” kata Ridwan Kamil.(p/das) .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button