Pemerintah targetkan pembangunan pasar induk kota Batu selesai Mei 2023 - ANTARA News Mataram - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah targetkan pembangunan pasar induk kota Batu selesai Mei 2023 – ANTARA News Mataram

Pemerintah targetkan pembangunan pasar induk kota Batu selesai Mei 2023 – ANTARA News Mataram

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Pasar Induk di Kota Batu, Jawa Timur, yang saat ini sudah mencapai 84,31 persen, akan selesai pada Mei 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Minggu, mengatakan pembangunan atau rehabilitasi pasar akan dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat, menjadikannya bangunan yang aman, nyaman, bersih, dan tertata. dan lebih estetis atau kurang kumuh.

“Kami berharap infrastruktur pasar yang berkualitas dapat segera dirasakan manfaatnya, khususnya dalam menjamin distribusi sembako dan membantu relokasi sektor riil atau UMKM yang merata hingga ke pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Basuki.

Pembangunan Pasar Induk Kota Batu dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Daerah (BPPW) Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan dana dari APBN 2021-2023 sebesar Rp168 miliar. Lingkup pekerjaan meliputi pembangunan keseluruhan bangunan pasar induk dan fasilitas penunjangnya seperti tong sampah, rumah pompa dan landscape.

Muhammad Reva, Kepala BPPW Jatim, mengatakan pembangunan pasar induk Kota Batu mengacu pada Peraturan Menteri PUPR Nomor 2 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung Hijau.

“Pasar ini akan mengutamakan efisiensi listrik, air, dan pengelolaan lingkungan sehingga bangunan dianggap aman, nyaman, sehat, ramah perempuan, ramah anak, dan ramah difabel,” ujar Reva.

Pasar Induk Kota Batu berlantai tiga di atas lahan seluas 44.525 meter persegi dengan luas bangunan 14.900,62 meter persegi di lantai satu, 14.143,63 meter persegi di lantai dua, dan 6.032,86 meter persegi di lantai tiga.

Baca Juga: Puluhan Tempat Tidur Gantung di Tempat Wisata “Giong Siu” di Mataram
Baca Juga:Pemkot Mataram Akan Revitalisasi Objek Wisata Pantai Ampenan

Saat membagi bangunan, lantai pertama adalah area basah, lantai kedua adalah area kering, dan lantai ketiga adalah area makanan dan kuliner. Terdapat 1.733 kios di Pasar Induk Kota Batu dan total 1.033 kios.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button