Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Indah Super Bening di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Indah Super Bening di Gunung Kidul

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Jl.Juminahan, Kayen, Sampang, Kec. Gedang Sari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Air Terjun Luweng Sampang merupakan wisata yang tidak pernah sepi. Keindahan alam yang mengelilinginya selalu memukau para wisatawan. Keindahan air terjun ini berbeda dengan destinasi lainnya karena terlihat hampir seperti ngarai. Para tamu dapat melihat bongkahan batu yang cukup besar yang seolah-olah sedang meremas sebuah kolam.

Warna aliran sungai yang masih pirus menunjukkan bahwa air terjun yang populer ini belum tercampur dengan berbagai macam polusi. Lingkungan sekitar juga terlihat bersih tanpa sampah dan dikelilingi oleh ilalang. Wisatawan tidak pernah bosan saat menikmati liburan keluarga sambil bermain air.

Anda yang ingin mengabadikan momen bisa pergi ke batu karang. Di sana Anda akan melihat latar belakang mulai dari tebing, kolam cascading, hingga pesona alam lainnya. Wisatawan juga bisa duduk di dekat batu karang yang kokoh untuk melihat air terjun.

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng SampangKredit gambar: Google Maps Meko Susanto

1. Nama air terjun

Air Terjun Luweng Sampang dikenal memiliki nama yang sangat unik. Destinasi alam ini mengambil namanya dari bahasa Jawa luweng yang berarti lubang. Keindahan air terjun ini melewati beberapa bebatuan. Kemudian aliran itu menuju ke sebuah lubang yang berbentuk seperti luweng dan memukau semua mata.

Sedangkan nama Sampang diambil dari kawasan wisata hits tersebut. Pengunjung yang sudah menginjakkan kaki di kawasan air terjun tidak bisa hanya bermain-main saja. Namun Anda juga bisa mempelajari sejarah nama destinasi yang menawan ini. Nama yang unik dan tempat yang terlihat indah pasti akan membuat setiap traveler ingin datang bersama keluarga.

2. Tebing yang indah

Daerah air terjun tampaknya memiliki beberapa tebing besar. Anda bisa melihat tebing yang cukup tinggi dengan aliran sungai yang berasal dari sumber gunung. Tebingnya juga memiliki tanaman liar yang masih hijau dan memberikan latar belakang foto air terjun yang bagus. Wisatawan yang bermain air akan senang melihat tebing-tebing yang berdiri kokoh.

3. Kejernihan air

Air Terjun Luweng Sampang dilengkapi dengan kolam di bawahnya. Air yang mengalir mengarah ke kolam dan melewati tebing. Destinasi cantik ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan aliran yang sangat bersih. Aliran air juga dipengaruhi oleh cuaca karena saat hujan air terasa deras dan musim kemarau lebih singkat.

Anda bisa bermain di kolam air terjun yang terlihat berwarna biru kehijauan. Bahkan traveler juga bisa mencari foto di bawah air terjun. Keindahan yang luar biasa selalu menawan hati, apalagi saat cuaca cerah, warna air terjunnya pasti lebih indah. Anda juga dapat menjelajahi sudut lain karena sudah ada 2 aliran.

Alamat dan rute menuju lokasi

Air Terjun Luweng Sampang AlamatKredit gambar: Google Maps Natsir Asrafi

Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Yogyakarta. Wisatawan yang menjelajahi destinasi populer ini membutuhkan waktu yang cukup lama dari Jogja. Lokasi air terjun yang berada di tengah desa juga membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu, Anda juga membutuhkan kendaraan pribadi yang dapat digunakan dengan aman saat melintasi beberapa rute.

Wisatawan dapat menemukan Jalan Mas Suharto Jambu di pusat kota Jogja. Lurus terus sampai masuk Jalan Tukangan yang tidak terlalu jauh. Setelah itu, belok saja ke arah Jalan Krasak Timur dan terus lurus hingga menemukan Jalan Munggur. Pengunjung bisa berkendara ke Jalan Laksda Adisucipto yang dekat dengan jalan berikutnya, Jalan Somopuro.

Wisatawan yang mulai mengunjungi kawasan desa akan disambut dengan akses jalan yang mudah. Jalan pelan-pelan, jalan aspal sudah terlihat mulus dan hampir tidak ada jalan berupa tanah. Bahkan rute menuju lokasi air terjun diketahui cukup mudah jika diakses melalui Google Maps. Jadi kamu tidak perlu takut walaupun baru pertama kali liburan ke air terjun cantik ini.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng SampangKredit gambar: Google Maps Ayu Tristianti

Air Terjun Luweng Sampang dibuka oleh pengelola setempat secara gratis. Baik pengunjung lokal maupun mancanegara tidak perlu membawa banyak bujet saat liburan. Tiket masuk membuat setiap orang selalu senang memilih destinasi alam ini sebagai tempat rekreasi. Kavling yang luas juga cocok sebagai tempat bersantai bersama sejumlah kerabat.

Saat makan siang, wisatawan biasanya juga mencari kuliner yang nikmat. Makanan utama, minuman dan makanan ringan berharga antara Rp 5.000 dan Rp 30.000. Bahkan porsi makannya sudah banyak dengan biaya yang terjangkau. Sedangkan biaya sewa pelampung atau ban saat bermain air tidak diperlukan karena belum berada di kawasan tersebut.

Pengelola juga telah menetapkan biaya parkir kendaraan. Mobil dihargai Rp 5.000 dan bus biasanya sedikit lebih mahal sekitar Rp 10.000. Namun pengendara sepeda motor hanya membutuhkan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Jika ingin naik ojek dari pusat kota menuju tempat wisata alam juga bisa karena biaya transportasinya tidak begitu mahal.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Luweng Sampang

Aktivitas Menarik Air Terjun Luweng SampangKredit gambar: Google Maps Sulistyo Endro

1. Santai

Air Terjun Luweng Sampang memiliki tebing-tebing berbatu yang menarik untuk dilihat. Wisatawan bisa bersantai sambil memandangi tebing-tebing air terjun yang menyerupai ngarai Arizona. Duduk saja di atas batu besar dan rasakan ketenangan selama Anda menginap.

2. Berburu foto keren

Pengunjung yang selalu berfoto selama liburan tidak akan kesulitan menemukan tempat-tempat indah di sini. Air terjun yang bermuara begitu jernih dan memiliki kolam berwarna biru kehijauan pasti bisa dipilih sebagai latar belakang. Tak hanya itu, di area tersebut juga terdapat batu yang cukup besar untuk dijadikan tempat peletakan.

3. Berenang di kolam alami

Kolam air terjun Luweng Sampang tidak begitu dalam dan deras. Anda bisa berenang untuk merasakan dinginnya air. Namun bagi anda yang tidak terlalu jago bermain air, maka siapkan saja pelampung atau ban. Wisatawan juga bisa mengajak teman dekat atau keluarga untuk berenang di bawah air terjun.

4. Nikmati memasak

Air terjun ini sering dijadikan destinasi kuliner. Berbagai menu yang ditawarkan selalu kental dengan bumbu khas Jogja. Pengunjung bisa menjaga perutnya sejenak setelah puas bermain air dan menikmati keindahan yang mengelilinginya. Makanan enak pasti membuat siapa saja senang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Luweng SampangKredit Gambar: Google Maps zulistya adi

Air Terjun Luweng Sampang memiliki fasilitas penunjang yang minim. Kendaraan yang terparkir seperti mobil dan motor berada di dekat pintu masuk. Namun tempat parkir mobil ini tidak memiliki lahan yang luas. Kemudian toilet umum tidak terlalu sulit ditemukan untuk setiap pengunjung, tetapi tidak terlalu sulit.

Wisatawan yang beribadah dapat mencari musholla di area desa sebelum menuju ke air terjun. Belum ada tempat duduk, tetapi wisatawan bisa bersantai di bebatuan. Kemudian objek foto yang bertema alam bisa ditemukan oleh setiap traveler. Objek mengabadikan momen ini memang menjadi incaran para pengunjung.

Kawasan air terjun juga memiliki stand makanan di kawasan wisata tersebut. Namun, warung makannya masih kecil dengan pilihan menu yang minim. Perkemahan belum ada, Anda yang ingin bermalam bisa mendirikan tenda di area rerumputan. Sedangkan loker untuk penyimpanan barang belum tersedia di area tersebut.

Anda bisa memilih Air Terjun Luweng Sampang sebagai tempat liburan Anda di Jogja. Pengunjung dapat membawa peralatan bermain air selama menginap. Keindahannya yang tak terkalahkan akan membuat pelanggan betah. Selain itu, background fotonya pun cukup bertebaran dan menarik jika difoto menggunakan kamera oleh para traveller.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button