Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional - WisataHits
Jawa Barat

Jabar Kirim 558 Pramuka Terbaik ke Jambore Nasional

PORTALJABAR, KOTA BANDUNG – Jabar mengirimkan 558 pramuka unggulan ke Jambore Nasional XI/2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2022.

Pelepasan Kontingen Pramuka Daerah Jabar dilakukan Wakil Ketua Kontingen Pramuka Daerah Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Negara, Kota Bandung, Senin (8/8/2022).

Kak Uu, kata Uu Ruzhanul di kalangan Pramuka, berharap Kwarda Pramuka Jabar bisa mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Semoga tidak hanya menjadi wakil gerakan Pramuka di Jawa Barat tetapi membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Kak Uu mengajak generasi muda Jawa Barat untuk bergabung dengan gerakan Pramuka. Menurutnya, dengan kondisi performa, pramuka mulai melatih kedisiplinan, membentuk karakter. Pramuka melatih sikap solidaritas dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa.

“Juga karakteristik dan sikap penduduk Jawa Barat, peduli, sayang, jaga,” dia berkata.

Pramuka, kata Kak Uu, tidak hanya memberikan pendidikan kontekstual di dalam kelas, tetapi juga pendidikan kontekstual di luar kelas. Jadi Pramuka sangat penting dalam membentuk watak, watak dan kepribadian generasi muda.

Pemimpin Gerakan Pramuka Jawa Barat Kwarda Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan Jambore Nasional Pramuka merupakan perkumpulan anggota Pramuka dari kelompok binaan dalam bentuk perkemahan besar. Selain pramuka dalam negeri dari luar negeri juga akan ada.

Anggota Pramuka Kontingen Jawa Barat sebanyak 558 orang terdiri dari 240 putra dan 240 istri. Ditambah empat pramuka berkebutuhan khusus, dua putra dan dua putri.

Saat ini ada 60 mentor untuk Pramuka dan empat untuk Pramuka berkebutuhan khusus. Selain pimpinan kontingen, ada 10 orang, termasuk seorang dokter kontingen.

Pada Jambore Nasional, kontingen Jawa Barat mendapat kehormatan mengisi Jambore Nasional Desa dengan Kwarda dari Jawa Tengah.

Source: jabarprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button