Pemerintah menyambut libur Natal dan menyiapkan alat berat di jalan nasional - WisataHits
Jawa Tengah

Pemerintah menyambut libur Natal dan menyiapkan alat berat di jalan nasional

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengerahkan rangkaian alat berat di jalan nasional untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Atmawidjaja saat menghadiri acara puncak Creative Infrastructure Financing Day (CreatIFF) 2022 pada Kamis (12/1/2022).

“Jadi semua alat berat itu, petugas pusat kami tidak bisa libur menjaga jalur-jalur vital,” jelas Endra menanggapi Kompas.com.

Persiapan ini juga dilakukan di jalan-jalan menuju destinasi wisata, seperti Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa atau Jalur Puncak.

Menurut informasi, saat ini sudah ada 2.500 kilometer jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia.

Endra melanjutkan, Saat ini Kementerian PUPR telah menyelesaikan proyek Tol Cigombong-Cibadak Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer yang dijadwalkan selesai pada Desember 2022.

Baca Juga: Bagaimana Kabar Pembangunan Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo?

Setelah Seksi 2 selesai dibangun dan dioperasikan, akan dilanjutkan Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer.

“Salah satu yang terpenting adalah Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Lalu Tol Trans Sumatera, misalnya dari Pekanbaru ke Padang, lalu Bengkulu. Lalu ada Tol Dalam Kota,” imbuhnya Endra.

Nantinya, progres penyiapan infrastruktur jalan tersebut akan dilaporkan Kementerian PUPR kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin (11/5/2022).

“Langkah persiapan sudah kami lakukan dan juga akan kami laporkan ke DPR pada tanggal 5 nanti,” pungkas Endra.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button